Iklan Atas Header

Cara Mengatasi Printer Epson L3110 Tidak Keluar Tinta Hitam Dan Warna 100% Ampuh

Daftar Isi [Tampil]

Masyundar.com - Cara Mengatasi Printer Epson L3110 Tidak Keluar Tinta Hitam Dan Warna 100% Ampuh. Printer merupakan sebuah alat elektronik yang berfungsi untuk mencetak sebuah foto dan dokumen berupa artikel, proposal, dan berbagai jenis dokumen yang lain sebagainya. Hal itu membuat printer menghasilkan sebuah salinan berbentuk cetak atau hardcopy (fisik) pada suatu dokumen. 

cara-mengatasi-printer-epson-l3110-tidak-keluar-tinta-hitam-dan-warna-100-ampuh

Tentu alat elektronik tersebut sudah sangat umum bagi kalangan masalah di Indonesia, terutama bagi kalangan perusahaan, perkantoran, instansi pemerintah, sekolah, kampus ataupun yang lainnya. Banyaknya peminat dari printer tersebut tentu ada yang paham terkait dengan teknologi bukan? Namun ada juga beberapa yang tidak paham mengenai teknologi tersebut.


Hal ini ketika printer mengalami error mungkin bagi sebagian orang yang tidak paham terkait teknologi akan merasa kebingungan. Terkadang beberapa printer mengalami error pada saat melakukan print, mungkin saja alat printer nya yang macet, printer tidak dapat mengeluarkan tinta atau hal yang lainnya. Hal tersebut bisa saja terjadi pada printer EPSON L3110, untuk itu akan saya jelaskan cara mengatasi printer epson L3110 tidak keluar tinta hitam dan warna dengan mudah dan pastinya berhasil.


Penyebab Printer Epson L3110 Tidak Dapat Mengeluarkan Tinta

Ada banyak faktor atau penyebab yang bisa membuat printer kita rusak diantaranya tidak bisa mengeluarkan tinta, berikut simak dibawah ini :

1. Kotornya print head 

Print head sendiri merupakan kepala cartridge EPSON L3110 yang berfungsi untuk mendistribusikan tinta ke kertas atau media pencetakan lainnya. Biasanya masalah print head disebabkan karena kotornya print head itu sendiri  akibat sisa-sisa tinta saat printer menempel ketika melakukan aktivitas print. Sisa tinta memang rawan mengering dan menyebabkan terjadinya sumbatan pada print head. 

2. Bermasalahnya selang tinta 

Biasanya masalah ini sering diakibatkan dari selang tinta yang selangnya terputus atau kemasukan air. Jika terdapat udara diantara tinta tentu hal ini mengakibatkan tinta tidak dapat mengalir dengan baik. Hal tersebut membuat supply tinta menuju cartridge menjadi terhambat.


Cara Mengatasi Printer Epson L3110 Tidak Dapat Mengeluarkan Tinta Warna Maupun Hitam

 Silahkan sobat cek beberapa penjelasan dibawah ini agar sobat bisa menangani sendiri jika printer epson ini terjadi masalah troble salh satunya tinta tidak keluar, simak dibawah ini :

1. Periksalah selang tinta 

Printer EPSON L3110 mempunyai kemampuan dalam mengeluarkan angin pada selang. Caranya menekan tombol tinta pada sebuah printer selama kurang lebih 3 detik, maka angin akan terbuang melalui jalur cartridge. Jika hal itu tidak berhasil bisa menggunakan cara manual. Dengan langkah – langkah sebagai berikut : 

- Bukalah cover printer. 

- Jika melihat penutup cartridge berwarna putih, bukalah tutup tersebut menggunakan obeng plus.

- Mengangkat cartridge tujuannya untuk dapat melihat kondisi tinta, biasanya akan terlihat kosong.

- Setelah itu lakukan penyedotan pada sebuah cartridge dengan menggunakan spuit.

- Tarik tinta tersebut sampai cartridge benar-benar terisi penuh.

- Pasang seperti semua cartridge tersebut.


2. Membersihkan Print Head

Cara menangani Printer EPSON L3110 yang tidak bisa keluar tinta adalah dengan membersihkan print head. Dalam membersihkan print head dapat memanfaatkan fitur untuk membersihkan print head. Berikut ini langkah-langkah cara menanganinya dengan menggunakan Windows 10 : 

Bukalah control panel >> hardware and sound >> device and printers.

Lalu, pilih seri Printer EPSON L3110 yang telah tercantum pada sistem. 

- Kemudian klik kanan, dan pilih printer properties.

- Pada jendela properties, lalu klik preferences >> maintenance.

- Di jendela maintenance akan tampil banyak pilihan, pilih head cleaning dan kemudian klik.

- Setelah klik start untuk menjalankan proses cleaning.

- Saat sedang diproses, akan terdengar putaran pada sebuah printer itu menandakan proses cleaning berlangsung.

- Pada akhir proses, akan keluar perintah finish dan print nozzle check pattern itu menandakan proses telah selesai.

- Kemudian klik finish bertujuan melihat hasil cetakan tersebut.


Akhir Kata

Berikut penjelasan mengenai printer L3110 yang telah dijelaskan pada penjelasan cara mengatasi printer epson l3110 tidak keluar tinta hitam dan warna diatas untuk bisa kita coba dirumah dengan gampang. Semoga penjelasan diatas bermanfaat bagi sobat. 

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Printer Epson L3110 Tidak Keluar Tinta Hitam Dan Warna 100% Ampuh"

Posting Komentar

Iklan Artikel Bawah Judul

Iklan Link Artikel Bawah Gambar

Iklan Artikel Bawah Backlink

Iklan Artikel Bawah Akhir Kata