Iklan Atas Header

Download Resetter Epson L121 Gratis + Cara Reset 100% Berhasil

Daftar Isi [Tampil]

Masyundar.com - Download Resetter Epson L121 Gratis + Cara Reset 100% Berhasil. Saat saat ini perkembangan printer yang ada di Indonesia memang terus mengalami lonjakan yang semakin pesat. Perkembangan printer bisa kita lihat dari tersedianya berbagai jenis hingga dengan beberapa fungsinya. Apalagi untuk jenis printer di zaman seperti sekarang sudah multifungsi, sehingga dapat digunakan untuk fotocopy sekaligus scanner.

download-resetter-printer-epson-l121-cara-reset-100-berhasil

Meskipun bisa digunakan dalam berbagai macam hal, mengenai resolusi resolusi juga tidak perlu diragukan lagi. Printer pada saat ini sudah memiliki resolusi yang cukup sangat tinggi sehingga hasilnya sangat berkualitas. Untuk itu tidak ada salahnya sobat membeli printer merk Epson L121 yang tentunya sangat handal dengan kualitas cetakan yang mumpuni. Melalui artikel ini sedikit akan saya jelaskan mengenai link download resetter Epson L121 gratis full version beserta cara reset 100% berhasil.


Penjelasan Printer Epson

Printer adalah sebuah alat yang fungsinya untuk menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa gambar/grafik  atau teks, di atas kertas. Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu penggeli (picker) berfungsi sebagai alat mengambil kertas dari baki (tray). Baki adalah tempat untuk menaruh kertas. Tinta atau tinta bubuk (toner) merupakan alat pencetak yang sesungguhnya, karena tinta atau tinta bubuk digunakan untuk mencetak atau menulis pada kertas.

Perbedaan tinta dan tinta bubuk pada sebuah printer terletak pada perbedaan sistem, tinta bubuk atau laser butuh pemanasan, sementara untuk tinta atau sembur tinta tidak membutuhkan pemanasan, hanya perlu dilakukan pembersihan pada hulu pencetak (print-head) tersebut.

Fungsi dari printer adalah untuk mencetak dokumen atau file dari komputer ke media kertas atau lainnya. Dalam sebuah printer terdapat istilah dpi yang menunjukkan besar atau kecilnya resolusi sebuah perangkat printer. Satuan dpi singkatan dari dot per inch. Maksud dari dpi ini untuk menunjukkan jumlah titik yang ada seluas 1 inch. Semakin besar dpi pada sebuah printer, maka semakin bagus pula kualitas cetakan yang dihasilkan.


Penyebab Printer Epson L121 Error

Jika saat sobat sedang kebingungan mengenai printer Epson L121 yang sedang rusak, maka berikut sedikit saya jelaskan hal hal yang sering terjadi error pada printer EPson L121. Sedikitnya ada 5 hal menjadi penyebab utama printer Epson L121 Error, diantaranya dibawah ini :

1. Printer is Out of Paper

Penyebab printer Error ini mudah diatasi dan hal ini biasanya terjadi karena kertas pada printer sudah habis, atau bisa juga karena kertas masih ada namun error message ini muncul, Anda bisa mencoba mengeluarkan atau mencabut semua sisa kertas kosong dari printer kemudian memasukkannya kembali, karena kemungkinan error message ini muncul karena posisi kertas tidak masuk dengan betul. Hal seperti ini ditandai dengan peringatan lampu indikator orange. Anda cukup melakukan apa yang sudah dijelaskan diatas.


2. Paper Jam

Hampir sama dengan Printer is Out of Paper yakni masalah kertas, tetapi error message ini muncul diakibatkan kertas yang masuk tersangkut (jammed atau stuck), tandanya adalah lampu power dan resume berkedip bersamaan Epson L121. Berikut ini adalah cara mengatasi printer Epson lampu berkedip bersamaan  dengan beberapa cara dibawah ini, diantaranya:

Keluarkan terlebih dahulu semua kertas kosong dari printer, termasuk juga kertas yang tersangkut pada printer, usahakan untuk tidak menariknya terlalu keras karena bisa mengakibatkan kerusakan pada komponen-komponen printer, lalu masukkan lagi kertas kosong dan lakukan restart printer.

Jika error message masih saja muncul, periksalah takut ada benda asing yang masuk ke roller kertas yang mengakibatkan kertas macet.

Jika cara diatas tidak berhasil untuk mengatasi masalah ini, itu artinya kemungkinan terjadi kerusakan pada sensor kertas  atau roller kertas yang terletak diatas roller kertas.


3. Ink Cartridge cannot be recognized

Error message ini muncul karena adanya masalah pada Cartridge, biasanya board pengenal Cartridge yang rusak, basah, atau bahkan kotor, untuk mengatasinya Anda cukup  mencabut Cartridge dengan benar, lalu bersihkan elemen tembaga (berwarna kuning emas) di bagian belakang dengan menggunakan tisu kering, kemudian memasangnya kembali.


4. Posisi Cartridge tidak tepat

Error message ini muncul karena cartridge mengalami masalah, hal ini biasanya disebabkan oleh posisi cartridge yang telah dipasang tidak tepat, Anda dapat mengatasinya dengan mencabut cartridge, lalu lakukan pemasangan kembali pada posisi yang benar.


5. Lampu tinta dan kertas berkedip 

Hal yang perlu anda coba terlebih dahulu untuk cara mengatasi printer Epson L121 lampu tinta dan kertas berkedip  adalah dengan membersihkan sensor encodernya ini, mungkin debu atau tinta menutupi sensor ini dan membuat error. Anda dapat membersihkan gilingan yang berwarna putih dengan tisu yang bersih. Setelah itu silahkan Anda lakukan test apakah lampu tinta dan kertas sudah tidak berkedip lagi. Jika iya maka printer Anda sudah dapat digunakan kembali.

Akan tetapi, jika masalahnya belum bisa teratasi bisa saja sensornya sudah rusak silahkan Anda coba untuk menggantinya dengan yang baru. Jika Anda sudah menggantinya dengan yang baru namun masih saja blinking mungkin masalahnya terletak pada bagian mekanik yang lainnya. Tetapi, masalah ini biasanya dapat selesai jika sudah dilakukan perbaikan pada sensor encodernya.


Cara Reset Printer Epson L121 Manual Tanpa Komputer

Hal ini bisa Anda lakukan sebagai cara mengatasi printer Epson L121 lampu tinta dan kertas berkedip bergantian atau printer Epson kelap kelip bergantian. Maka yang perlu Anda lakukan dengan cara reset printer Epson L121 secara manual tanpa komputer dalam kondisi mendesak, simak dibawah ini:

1. Terlebih dahulu Anda bisa mencabut kabel power printer jika terjadi masalah Epson L121 lampu menyala bergantian. Lalu, diamkan selama 5 menit. Jika sudah 5 menit, Anda dapat memasangnya kembali kabel tersebut.

2. Selanjutnya, Anda dapat menyalakan printer dengan menekan tombol 'Power', kemudian tekan tombol 'Resume'.

3. Pencet lagi tombol 'Power' dan 'Resume' secara bersamaan, tahan selama 5 detik. Jika sudah, lepaskan tombol tersebut. 

4. Lalu, tekan tombol Power dan Resume secara bersamaan lagi, tahan selama 3 detik. Tunggu beberapa saat sampai proses reset selesai. Dengan cara seperti itu, pengaturan pada printer akan seperti kembali seperti semula.

5. Itulah beberapa cara yang perlu dilakukan jika printer Epson L121 lampu tinta dan kertas berkedip bergantian.


Cara Reset Printer Epson L121 Dengan Resetter

Untuk melakukan cara reset printer Epson L121 terbukti berhasil menggunakan resetter, hal yang perlu Anda lakukan adalah download resetter Epson L121 gratis terbaru terlebih dahulu:

download-resetter-printer-epson-l121-cara-reset-100-berhasil

1. Pertama silahkan unduh melalui link Download Resetter Printer Epson L121 Full Version Terbaru.

2. Jika semua proses download selesai, bisa langsung melakukan ekstrak file terlebih dahulu.

3. Silahkan klik dua kali pada Epson Adjustment Program. Selanjutnya pilih Select.

4. Pilih Epson L121 di bagian kolom Model nama.

5. Klik pada tulisan OK dan langsung bisa melanjutkan untuk memilih Particular adjustment mode.

6. Berikan klik lagi pada Waste ink pad counter dan tanda ceklis pada Main pad counter dan Platen pad counter.

7. Klik install dan tunggu sampai dengan proses selesai. Jika semua proses sudah selesai Anda dapat menyalakan kembali printer dan sudah bisa dipergunakan secara normal.


Download Resetter Epson L121 Full Version Gratis

Berikut link download resetter Epson L121 full version gratis yang bisa sobat unduh dengan bebas, untuk digunakan memperbaiki printer Epson yang sedang rusak dirumah.

DOWNLOAD

Penutup

Memang setiap barang elektronik yang kita beli selalu membutuhkan perawatan, selain itu faktor pemakain juga perlu kita perhatikan. Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan mengenai link download resetter Epson L121 gratis lengkap dengan tutorial cara reset printer Epson L121 lampu berkedip bergantian dijamin berhasil. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Download Resetter Epson L121 Gratis + Cara Reset 100% Berhasil"

Posting Komentar

Iklan Artikel Bawah Judul

Iklan Link Artikel Bawah Gambar

Iklan Artikel Bawah Backlink

Iklan Artikel Bawah Akhir Kata