Iklan Atas Header

6 Cara Menghentikan Printer Yang Terus Mencetak Terbukti Berhasil

Daftar Isi [Tampil]

Masyundar.com - 6 Cara Menghentikan Printer Yang Terus Mencetak Terbukti Berhasil. Melakukan pekerjaan kantor maupun tugas kuliah tentunya membutuhkan banyak peralatan salah satunya printer. Pastinya printer ini selalu menjadi barang wajib yang harus kita miliki baik dirumah maupun di tempat kerja. Dalam menggunakan alat ini pun kita perlu hati - hati dan jangan terlalu sering untuk mencetak banyak dokumen. Perlu dilakukan manajemen perawatan yang baik agar printer kita tetap awet dan memiliki kualitas bagus saat digunakan.

6-cara-menghentikan-printer-yang-terus-mencetak-terbukti-berhasil

Saat bekerja kita biasanya menggunakan microsoft office seperti excel dan word, yang sudah menjadi alat wajib setiap hari. Sebelum nantinya Anda melakukan pencetakan atau print dokumen Microsoft Word maka disarankan untuk melakukan Print Preview terlebih dahulu untuk memastikan jika dokumen itu sudah sesuai dan akan dicetak sesuai dengan keinginan kita. 


Akan tetapi jika misalnya pada saat proses pencetakan sedang berlangsung, Anda baru menyadari bahwa ada sesuatu dan lain hal yang belum kita tambahkan atau justru belum kita hapus atau kurangi, maka Anda harus membatalkan proses pencetakan dokumen. Cara menghentikan printer yang terus mencetak pada printer Epson, Canon, Hp di windows 10, 8, 7 bisa sobat cek dibawah ini.


Cara Menghentikan Printer yang Terus Mencetak Yang Salah

Dalam situasi seperti ini Anda cukup tekan saja tombol escape (ESC) atau klik tanda x yang ada pada progress yang muncul di bagian status bar jendela Microsoft Word. Namun, bagaimana jika misalnya saat Anda sudah selesai dengan dokumen tersebut, namun printer masih terus mencetak? Lalu seperti apa cara menghentikan printer yang terus mencetak yang tepat? Simak caranya dibawah ini.


Apapun yang menjadi alasannya baik itu karena salah file sehingga mengharuskan Anda untuk membatalkan mencetak. Berikut ini beberapa cara menghentikan printer yang terus mencetak yang salah dalam menghentikan proses print yaitu:

- Pertama yaitu dengan mencabut kabel power printer secara langsung

- Menekan tombol power saat printer masih dalam proses cetak

- Menarik kertas dengan paksa pada saat sudah memasuki daerah cetak print

- Menekan tombol tambahan pada indikator printer untuk mengeluarkan kertas yang sedang dalam proses print

Cara diatas tentunya tidak boleh kita lakukan karena bisa merusak printer yang sudah kita beli, untuk itu sebaiknya sobat ikuti solusi yang benar dibawah ini.


Cara Menghentikan Printer yang Terus Mencetak Yang Benar

Beberapa cara yang salah agar bisa menghentikan atau membatalkan proses print di atas biasanya dilakukan oleh orang awam atau yang memang tidak begitu mengerti mengenai printer. Untuk itu berikut cara menghentikan printer yang terus mencetak yang benar pasti berhasil yaitu:

1. Cara pertama yang bisa Anda lakukan jika ingin menghentikan proses pengiriman data dari word (apabila data dari Microsoft Word) yaitu dengan cara menekan tombol (x) pada bagian kanan bawah. 

2. Untuk membatalkan proses cetak yaitu dengan melakukan Cancel, Pada kotak dialog printer (di Pemberitahuan Proses Cetak ) .

3. Apabila misalnya tidak terdapat icon seperti di atas maka Anda  bisa mencarinya secara manual dengan cara :

4. Untuk Windows 7: silakan klik Start button > lalu klik Control Panel > kemudian double click printers 

5. Untuk Windows 8: silakan klik start button > lalu klik Printers and Faxes > lalu nanti double click pada printer yang digunakan untuk mencetak 

6. Untuk Windows 10: pertama klik start button > lalu klik Devices and Printers > pada dialog Devices and Printers selanjutnya silahkan klik kanan pada printer yang anda gunakan lalu klik item See what’s printing.

Setelah kotak printing terbuka maka Anda bisa menghentikan semua proses print yang berjalan dengan memberikan perintah cancel pada antrian yang ingin Anda hentikan


Penyebab Utama Printer Terus Mencetak

Printer spooling merupakan sebuah istilah pada sistem komputer yang adalah sebuah perintah untuk melakukan pencetakan. Arti lainnya, spooling bisa adalah antrean file yang ingin dicetak. Hal ini bahkan kerap terjadi ketika akan mencetak sebuah dokumen. 

Jika seperti ini tentulah akan sangat merugikan karena bisa menghamburkan kertas, tinta, dan akan membuang waktu jika sedang terburu-buru. Dan berikut yang menjadi penyebab Utama ya.

1. Tidak Ada Jeda saat Mencetak Dokumen

Mesin printer juga sebuah mesin elektronik biasa. Jika kamu mencetak banyak dokumen tanpa memberikan jeda untuk printer istirahat, maka spooling bisa terjadi.

2. Printer digunakan secara bersamaan

Hal ini sebenarnya biasa terjadi di perusahaan maupun itu di tempat usaha percetakan. Jika Anda mempunyai banyak komputer dan semuanya dihubungkan pada satu printer saja, tentulah spooling akan apabila semua komputer melakukan perintah secara bersamaan.


Akhir Kata

Cara menghentikan printer yang terus mencetak, pun nyatanya bukan hal yang sulit untuk bisa coba. Ketika Anda mencoba langkah di atas, maka bisa dipastikan jika printer Anda akan berhenti untuk mencetak sesuai dengan keinginan Anda.

Belum ada Komentar untuk "6 Cara Menghentikan Printer Yang Terus Mencetak Terbukti Berhasil"

Posting Komentar

Iklan Artikel Bawah Judul

Iklan Link Artikel Bawah Gambar

Iklan Artikel Bawah Backlink

Iklan Artikel Bawah Akhir Kata