Iklan Atas Header

Cara Cleaning Printer Epson L3150 Dijamin 100% Berhasil

Daftar Isi [Tampil]

Masyundar.com - Cara Cleaning Printer Epson L3150 Dijamin 100% Berhasil. Saat ini perangkat printer jenis printer ini sudah hampir dimiliki oleh banyak orang, bahkan tiap rumah, toko dan kantor pun sudah wajib perangkat elektronik seperti printer. Karena kita tahu betapa penting alat ini untuk menunjang berbagai pekerjaan yang digunakan untuk mencetak dokumen, gambar, grafik, laporan, dan masih banyak lagi. Untuk itu jangan sobat abaikan kondi printer sobat dirumah, usahakan selalu melakukan perawatan rutin agar printer bisa bekerja optimal.

cara-cleaning-printer-epson-l3150-dijamin-100-berhasil

Hal yang sering terjadi dengan printer yang bermasalah terutama dengan merk canon, epson, hp, dll akan memberikan peringatan berupa lampu berkedip atau hasil cetakan yang kurang memuaskan. Biasanya masalh yang terjadi seperti hasil cetakan putus putus, bergaris, atau bahkan tidak muncul tinta sama sekali. Ini diakibatkan karena aliran tinta yang kurang maksimal, adanya endapan tinta kering di beberapa bagian jalur tinta. Untuk itu diperlukan cara cleaning printer epson L3150 dengan benar dan tepat dengan panduan di artikel ini.


Mungkin, sobat saat ini mempunyai salah satu tipe printer yang di produksi oleh merek terkenal yaitu Epson Indonesia. Khususnya produk seri L3150 sebagai varian baru dengan banyak fitur dan keunggulan tersendiri. Sebagai salah satu barang elektronik, printer ini tentulah mempunyai perawatan rutin supaya nanti bisa beroperasi secara maksimal sepanjang waktu. sobat pun juga harus rajin isi ulang tinta Epson dan melakukan proses cleaning jika misalnya mengalami kendala.


Kendala yang dimaksud bisa seperti warna tinta pada printer Epson yang dihasilkan tidak sempurna.  Lalu jika hal ini terjadi, tahukah sobat apa yang menjadi penyebabnya? Sebenarnya bukan hanya merk Epson saja yang mengalami hal ini namun bisa dikatakan hampir semua jenis dan merk printer.


Jika misalnya warna tinta yang tidak sempurna maka biasanya disebabkan adanya tumpukan tinta yang mengering pada bagian cartridge. Inilah yang akhirnya akan menghambat keluarnya tinta ketika proses pencetakan, yang mana warna tinta akan menjadi tidak sempurna.


Cara Membersih Printer dengan Cara yang Tepat Supaya Awet

Untuk merawat printer ini maka sobat bisa membersihkan printer ini dengan berbagai cara. Misalnya jika sobat ingin menghilangkan debunya, maka cukup membeli sekaleng semprotan udara dari toko peralatan kantor atau toko barang umum. Kemudian silahkan semprot secara rutin di dalam dan sekitar printer untuk menghilangkan debu baru dan untuk mencegah adanya debu yang menumpuk.

Atau misalnya jika sobat ingin bersihkan interiornya maka bisa dengan kain yang lembut. Caranya cukup gunakan kain lembut dan alkohol atau Windex untuk membersihkan lapisan interior.

Selain itu larutan cuka dan air dengan takaran sama pun merupakan solusi pembersih lainnya. untuk menjaga keamanannya, maka jangan gunakan cairan langsung ke dalam mesin. Namun tuangkan ke kain terlebih dahulu. Disarankan untuk menggunakan kain lembut untuk membersihkan pisau karet pada kartrid tinta.


Cara Cleaning Printer Epson L3150 Tanpa Komputer

Jika ada yang bertanya bagaimana cara cleaning printer Epson L3150 manual tanpa menggunakan komputer, maka jawabnya adalah sobat dapat menjalankan cleaning pada print head dengan tombol manual yang terdapat di bodi printer. Caranya:

cara-cleaning-printer-epson-l3150-dijamin-100-berhasil

1. Pertama masukkan beberapa lembar kertas A4 ke dalam printer.

2. Kemudian tekan tombol power untuk mematikan unit printer.

3. Lalu tekan dan tahan tombol Power + Stop secara bersamaan.

4. Lepaskan kedua tombol itu ketika lampu daya berkedip.

5. Nantinya unit akan mencetak dokumen untuk Nozzle Check.

6. Jika misalnya ada garis putus pada nozzle yang masuk tahap cleaning, maka tekan dan tahan tombol stop sekitar 5 detik.

7. Nantinya unit akan melakukan cleaning komponen head dan proses pembersihan printer selesai dengan baik.


Cara Cleaning Printer Epson L3150 dengan Komputer

Bukan hanya melalui tombol, namun cara cleaning printer Epson L3150 pun bisa sobat lakukan dengan menggunakan komputer secara langsung.

1. Pertama hidupkan perangkat printer Epson L3150.

2. Lalu masukkan beberapa lembar kertas A4 ke dalam printer.

3. Tekan tombol Start pada komputer dengan OS Windows.

4. Lalu cari opsi Device and printer lalu tekan enter untuk konfirmasi.

5. Klik kanan pada icon Epson L3150 lalu klik Printing preferences.

6. Pilihlah bagian Maintenance dan klik opsi Head cleaning.

7. Klik bagian Cleaning kemudian pilih Start untuk mulai proses.

8. Lalu biarkan saja sampai printer selesai membersihkan komponen head.

9. Silahkan lakuakn klik Nozzel Check untuk melihat hasilnya.


Penutup

Sebagai pengguna printer Epson yang bijak, maka sobat harus bisa memahami seperti apa cara cleaning printer epson L3150 dengan benar sesuai prosedur. Misalnya juga bisa dengan mengikuti langkah di atas dengan benar. jangan takut untuk mencoba memperbaiki printer sendiri, tentu ini akan menjadi pengalaman yang menarik. Selamat mencoba ya..

Belum ada Komentar untuk "Cara Cleaning Printer Epson L3150 Dijamin 100% Berhasil"

Posting Komentar

Iklan Artikel Bawah Judul

Iklan Link Artikel Bawah Gambar

Iklan Artikel Bawah Backlink

Iklan Artikel Bawah Akhir Kata