Iklan Atas Header

Cara Cleaning Printer Epson L310 Windows 10 Pasti Berhasil

Daftar Isi [Tampil]

Masyundar.com - Cara Cleaning Printer Epson L310 Windows 10 Pasti Berhasil. Melakukan perawatan printer Epson L310 sangat penting untuk sobat ketahui terutama para pengguna printer tersebut. Adapun cleaning printer untuk perangkat printer Epson yaitu membersihkan head dari keberadaan kotoran menempel di bagian bawah panel catridge tinta. Apabila head ini dalam keadaan kotor otomatis menyebabkan kerusakan ataupun error pada printer itu sendiri. Terdapat banyak akibat kalau head tersebut dalam kondisi kotor, untuk itu juga sudah saya siapkan cara membersihkan head printer Epson l310 dengan mudah di bawah ini.

cara-cleaning-printer-epson-l310-windows-10-pasti-berhasil

Akibat itu antara lain hasil print pada kertas menjadi terputus-putus, pewarnaan yang tak sesuai bahkan menyebabkan hasil print jadi kotor dan bergaris. Selain mengatasi error pada printer, manfaat dari cara cleaning printer Epson L310 di windows 10 yaitu guna membersihkan nozzle ketika tinta keluar dari bagian catridge ke head printer. Fungsi lainnya yakni maintenance printer agar tinta tak akan mengendap tepat di bagian head perangkatnya.


Cara Membersihkan Head Printer Epson L310 Dengan Mudah

Sebelum memutuskan untuk melakukan cara cleaning printer Epson L310 menggunakan menggunakan driver printer di windows 10, maka sobat dapat melakukan tahap awal yaitu cara membersihkan head printer Epson l310 itu sendiri agar hasil print lebih optimal digunakan, melalui langkah berikut :

Pertama lepaskan kabel daya dari colokan daya utama, lanjutkan dengan membuka casing perangkat printer hingga memperlihatkan rol.

- Selanjutnya ambil kertas yang mungkin saja masih terdapat tray input.

- Lalu gunakanlah satu tangan guna mengambil kain basah yang ada di roller. Kemudian pakai tangan yang lain untuk memutar roller secara fisik terhadap kainnya. Lakukan langkah tersebut berulang sampai yakin kalau roller sudah dalam keadaan bersih.

- Letakkanlah kembali lembaran kertas tepat di atas tray input dan pasang lagi casing printer.


Cara Head Cleaning Printer Epson L310 Windows 10 

Sebagai informasi, cara cleaning printer Epson L310 atau tepatnya cara head cleaning perangkat printer tersebut sangatlah mudah. Bahkan caranya sendiri sama saja untuk seluruh model printer khususnya L series. Caranya sendiri yaitu:

cara-cleaning-printer-epson-l310-windows-10-pasti-berhasil

1. Tepat di menu search box komputer, tulislah printer dan akan muncul pilihan bertuliskan Printers & scanners.

2. Nantinya tampil list printer yang telah terinstal pada windows dan carilah Epson L310 lalu tekan Manage.

3. Selanjutnya pilih tepat di bagian yang bertuliskan printing Preferences.

4. Akan tampil jendela baru, pilihlah pada tab yang bertuliskan Maintenance dan tentukan pilihan ke Head cleaning.

5. Berikutnya printer melakukan tahap head cleaning dan tunggu sampai proses ini berhasil. Ciri dari tahap cleaning selesai yakni printer tak lagi mengeluarkan suara serta indikator berhenti berkedip.

6. Sesudah tahap pembersihan pada head printer selesai, nantinya tampil instruksi guna mengecek hasil print, tekan tepat di opsi Print Nozzle Check Pattern.

7. Cek hasil cetakan, kalau hasilnya normal tepat di garis yang sudah dihasilkan akan muncul garis berwarna hitam. Ini menandakan tahap cleaning telah berhasil.

Langkah terakhir, sobat bisa melakukan cetak beberapa kertas dokumen untuk mengetes hasil cetak yang keluar.


Cara Cleaning Printer Epson L310 Manual Tanpa Komputer

Untuk melakukan cleaning printer Epson secara manual, bisa spobat lakukan dengan mudah dan dalam kondisi mendesak bahkan tanpa laptop maupun pc sekalipun. Tak hanya langkah sebelumnya, sobat juga dapat menerapkan cara cleaning printer Epson L310 tanpa komputer alias manual dengan tahapan sebagai berikut:

- Pertama kondisikan perangkat printer dalam keadaan menyala dengan tsobat lampu indikator pada power menyala atau standby.

- Berikutnya tekanlah tombol resume kurang lebih lima detik.

- Nantinya lampu daya bagian tinta berkedip dan memperlihatkan kalau tahap pembersihan perangkat printer tengah berlangsung. Tunggu hingga prosesnya berhasil dengan tanda lampu daya pada tinta sudah berhenti kedip.


Akhir Kata

Seperti itulah cara cleaning printer Epson L310 menggunakan windows 10 maupun dengan tanpa pc atau komputer di rumah yang mudah dan simple untuk orang awam sekalipun. Jika saat ini sobat mengalami kerusakan printer dirumah dalam kondisi darurat, maka bisa mengambil langkah tepat dengan mencobat  cara diatas. Saya pastikan printer Epson L310 milik sobat bisa kembali normal. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk sobat semua, terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Cleaning Printer Epson L310 Windows 10 Pasti Berhasil"

Posting Komentar

Iklan Artikel Bawah Judul

Iklan Link Artikel Bawah Gambar

Iklan Artikel Bawah Backlink

Iklan Artikel Bawah Akhir Kata