Iklan Atas Header

4 Penyebab dan Cara Mengatasi Printer Yang Tidak Bisa Mencetak

Daftar Isi [Tampil]

Masyundar.com - 4 Penyebab dan Cara Mengatasi Printer Yang Tidak Bisa Mencetak. Mahasiswa, pelajar atau bahkan pegawai perusahaan membutuhkan printer untuk berbagai kebutuhan mencetak dokumen atau file. Namun terkadang printer tidak bisa mencetak semua halaman yang Anda inginkan. 

4-penyebab-dan-cara-mengatasi-printer-yang-tidak-bisa-mencetak

Oleh karenanya perlu mengetahui penyebab dan solusi mengatasi kendala tersebut. Pada artikel ini akan Penulis sampaikan dengan cukup jelas agar Anda juga tidak perlu bingung-bingung lagi. 


Penyebab Printer Tidak Bisa Mencetak Semua Halaman

Ibarat kata pepatah, mana mungkin tidak ada asap kalau tidak ada api. Demikian halnya dengan printer ready tapi tidak bisa print dokumen yang Anda inginkan pasti ada penyebabnya. 

1. Koneksi Printer Dengan Komputer Tidak Tersambung Dengan Baik

Terutama yang sering bermasalah itu pada kabel penghubungnya, bagaimana bisa ngeprint kalau kabelnya tidak tersambung dengan baik. Untuk itu pastikan kabel terhubung dengan baik agar komputer bisa memberikan perintah pada printer. 

Biasanya terdapat tanda tulisan ready di bagian bawah layar komputer. Kalaupun tidak menggunakan kabel, Anda juga harus memastikan koneksi internet berjalan dengan baik agar printer bisa mencetak semua halaman. 

2. Terdapat Kesalahan Dalam Pengaturan Printer

Misalnya, baru mencetak dokumen beberapa halaman tiba-tiba printer berhenti sendiri. Mungkin saja terdapat kesalahan dalam pengaturan printer yang berubah seketika. 

Agar berjalan kembali, pengaturan printer bisa dikembalikan ke mode default sehingga Anda tidak kebingungan lagi. 

3. Paper Jam

Printer tidak bisa mencetak semua halaman bisa disebabkan oleh adanya paper jam. Apa itu paper jam? Paper jam akan terjadi ketika benda lain tersangkut ke dalam printer sehingga printer mengalami gangguan selama proses mencetak. 

4. Kerusakan Catridge

Komponen dari printer yang paling penting adalah catridge, penggunaan printer yang intens akan menyebabkan catridge cepat rusak. Untuk itu perlu pemasangan catrdidge yang benar dan sesuai dengan petunjuk. 

Selain itu, jika dokumen yang akan diprint itu memiliki banyak halaman, sebaiknya diangsur sedikit demi sedikit. Hal ini akan berpengaruh terhadap kinerja catridge agar tidak cepat rusak. 


Cara Mengatasi Printer Tidak Bisa Mencetak Semua Halaman

Sedang buru-buru kejar deadline tugas atau pekerjaan, tiba-tiba printer hanya print 1 lembar. Bagaimana jadinya? Tidak bisa mencetak semua halaman membuat Anda panik seketika. 

Cara mengatasi kondisi tersebut sebenarnya cukup mudah, printer tidak bisa mencetak semua halaman bukanlah kendala yang sulit. 

1. Restart Laptop Atau Komputer

Ini cara pertama yang paling mudah yakni melakukan restart pada laptop atau komputer. Setelah sistem dipulihkan barulah Anda bisa mencoba kembali mencetak dokumen yang dimaksud. 

2. Restart Printer

Selain restart pada laptop atau komputer, Anda juga perlu melakukan restart pada printer. Apalagi jika cara yang pertama di atas tidak berhasil, printer Anda tidak bisa mencetak semua halaman. 

Caranya dengan matikan printer yakni tekan tombol Power, kemudian lepaskan kabel USB yang terhubung ke laptop atau komputer. 

Diamkan beberapa saat, silahkan pasang kembali kabel USB tersebut. Nyalakan kembali dengan tekan tombol Power. Coba lakukan print dokumen beberapa lembar saja untuk mengetahui kondisi printernya. 

3. Menghentikan Queue Printer

Dua cara di atas ternyata tidak mempan, printer tidak bisa mencetak semua halaman membuat Anda kebingungan. Satu lagi caranya yaitu dengan menghentikan printer queue.

Antrian dokumen yang banyak terdiri dari beberapa halaman disebut printer queue. Error printer pending menyebabkan tidak semua halaman bisa dicetak, printer queue harus dihentikan.

Caranya dengan klik kanan icon printer pada taksbar pojok kanan bawah, klik cancel printer queue. 


Jika sudah, nanti coba kembali dan perhatikan bagaimana hasilnya? Kendala printer tidak bisa mencetak semua halaman ini bukanlah masalah berarti. Anda tidak perlu membawanya ke tukang service apalagi jika printernya masih bagus. 

Belum ada Komentar untuk "4 Penyebab dan Cara Mengatasi Printer Yang Tidak Bisa Mencetak"

Posting Komentar

Iklan Artikel Bawah Judul

Iklan Link Artikel Bawah Gambar

Iklan Artikel Bawah Backlink

Iklan Artikel Bawah Akhir Kata