Iklan Atas Header

15 Cara Agar Hp Tidak Lag Saat Bermain Game Online

Daftar Isi [Tampil]

Masyundar.com - 15 Cara Agar Hp Tidak Lag Saat Bermain Game Online. Bermain game di jaman digital seperti sekarang tidak hanya melalui playstation atau komputer seperti pc maupun laptop. Cukup menggunakan Hp android dengan spek minim pun sobat sudah bisa bermain game sepuasnya. Bahkan hp android jaman sekarang rata - rata sudah memiliki spesifikasi yang mumpuni dengan dibekali prosesor dan RAM layaknya sebuah pc yang simple dibawa kemana saja.

 

cara-agar-hp-tidak-lag-saat-bermain-game

Bermain aplikasi game melalui hp android sangat digemari oleh anak - anak muda bahkan orang dewasa sekalipun. Perlu sobat ketahui, memainkan game di hp tidak kalah serunya dengan bermain di komputer. Bahkan ada juga yang rela menghabiskan banyak uang untuk membeli kuota demi bisa bermain game online melalui hp smartphone. Jika sobat sedang penat dengan tugas kuliah maupun pekerjaan kantor, tidak ada salahnya bermain game di hp android agar bisa terhibur dan menghilangkan stres.

 

Momen paling menyenangkan ketika kita berhasil memenangkan pertandingan game, tentunya merasa puas. Tapi ada kalanya kita kalah dalam bermain game yang disebabkan oleh salah satu faktornya dari segi hp android yang bermasalah. Beberapa masalah yang terjadi biasanya hp xiaomi lag saat main game, xiaomi lag main mobile legend, aplikasi game tiba - tiba error di hp android, hp android error saat bermain game dan masih banyak lagi.

 

Pastinya akan membuat kita kesal jika hp android yang dipakai sering bermasalah. Berbagai solusi pun dicari melalui forum game, internet agar masalah segera terpecahkan. Pertanyaan paling banyak yang sering saya temui di forum diantaranya cara mengatasi hp lag saat main game free fire, cara agar hp tidak lag saat bermain game, cara agar hp xiaomi tidak lag saat bermain game.

 

Untuk itu cukup menginspirasi saya dalam membuat artikel tentang 15 cara agar hp tidak lag saat bermain game online yang bisa sobat pelajari dengan mudah. Ada berbagai faktor yang bisa dioptimalkan, sehingga kinerja ponsel mampu menjadi lebih baik. Ada beberapa cara agar hp tidak lag pada saat main game, baik itu online maupun offline, simak dengan teliti di bawah ini :

 

1. Gunakan Jaringan Internet Terbaik

Dalam game online sangat bergantung terhadap jaringan internet. Kemampuan merespon perintah touch ini terhubung dengan device lain melalui jaringan. Salah satu teknik agar hp tidak lag ketika main game online yaitu memilih ,menentukan jaringan terbaik. Teknisnya,†Mengunci jaringan terbaik di perangkat ponsel, 4G atau apabila area dan ponsel sudah mendukung 5G pilih opsi tersebut.

Lock sinyal yakni menentukan perangkat hanya dalam saluran jaringan terkunci saja. Hal tersebut bisa berdampak buruk apabila area tempat tinggal berada tidak dalam jangkauan jaringan terkunci.

 

2. Hapus Junk File , Cache

Membersihkan setiap hal yang tidak dipakai pada smartphone itu sangat diperlukan. Apapun alasannya , entah sebagai upaya agar hp tidak lag, atau sekedar mengoptimalkan performa hp. Setiap merek hp mempunyai cara yang nyaris serupa untuk membersihkan file cache , atau data sampah yang tidak terpakai.

Buka setelan atau pengaturan > manager aplikasi > Pilih aplikasi yang akan dibersihkan. Kemudian pilih "Hapus Cache".

 

3. Matikan Fitur Latar Belakang

Terkadang kita saat membuka beberapa aplikasi di hp android lupa untuk menutupnya. Padahal sebenernya aplikasi ini masih berjalan di latar belakang, dengan cara cek melalui menu garis 3 di sebelah kiri. ketika sobat klik menu ini maka akan muncul banyak aplikasi yang sudah terbuka sebelumnya, nah sebaiknya biasakan rutin untuk menutup aplikasi yang berjalan pada fitur latar belakang. Fitur ini cukup menguras memori RAM dan daya baterai hp kita tentunya.

  

4. Hapus Aplikasi Tidak Terpakai

Cara ketiga agar hp lancar untuk main game anti lag† adalah dengan memberikan prioritas terhadap aplikasi game. Yakni baik secara penggunaan data internet , maupun kinerja chipset dan komponen lain lebih terarah hanya dalam satu objek.

Ruang simpan longgar , pembagian pemakaian internet dari† aplikasi lain lebih sedikit,memungkinkan potensi hp lah lebih sedikit.

 

5. Hapus Data Tidak Terpakai

Semakin banyak data tersimpan dalam memori hp, maka hal tersebut akan memakan free space. Dan seterusnya hingga internal storage penuh. Hal tersebut bukan hal baik menyangkut performa hp, pada prinsipnya file yang tersimpan didalamnya merupakan beban. Sehingga semakin sedikit file tersimpan dan ruang kosong memori lebih banyak, hal ini akan semakin baik untuk ponsel. 

Dan sebaliknya , jika ruang simpan full berpotensi ponsel sering lag, terlebih jika sedang mengoperasikan aplikasi berat seperti game.

 

6. Matikan Mode Hemat Daya

Sebenarnya mode hemat daya baterai ini sangat bermanfaat ketika hp android kita sedang sibuk beraktivitas hingga tidak sempat untuk ngecas hp. Tapi ternyata disisi lain mode hemat daya ini bisa membatasi kinerja processor dan memory hp dengan lebih mengutamakan daya baterai lebih awet.

Efeknya ketika kita bermain game online yang membutuhkan performa tinggi akan menjadi kurang maksimal. Untuk itu sebelum bermain game, ganti dulu mode hp sobat dengan mode high performance, agar kinerja Soc (chipset prosesor) pada hp android bisa bekerja dengan lancar dan maksimal.

 

7. Pentingnya Update Aplikasi Game

Tidak karena faktor internal saja , penyebab hp lag saat main game juga bisa disebabkan karena aplikasi itu sendiri. Malas melakukan update dapat berakibat buruk, diantaranya efek lag. Update aplikasi tidak melulu tentang penambangan fitur didalamnya, namun biasanya pihak developer juga memperbaiki bugs atau kesalahan menyesuaikan dengan sistem operasi terbaru Maupun masalah lain.

 

8. Gunakan Aplikasi Game Booster

Bagi sobat yang pecinta gaming lewat hp android, bisa di coba nih menggunakan aplikasi yang bisa meningkatkan performa kecepatan dan kualitas grafis. Aplikasi ini biasanya tersedia untuk mendukung kinerja gaming maksimal. Apabila hp android sobat memiliki spek kentang dan juga terasa berat untuk bermain game online, waktunya sobat untuk instal game booster anti ngelag ini. Contoh apk game booster ini seperti gaming mode booster, swift booster, dr booster, game booster dan masih banyak lagi di play store.

 

9. Matikan Atau Tutup Aplikasi Lain

Dengan menutup aplikasi lain maka ponsel akan lebih fokus terhadap game saja. Artinya, semakin banyak aplikasi terbuka maka kegiatan multitasking chipset dan RAM menjadi lebih banyak. Sama halnya dengan tugas manusia, jika hanya difokuskan ke satu titik saja menjadi lebih terarah.

 

10. Aktifkan Fitur Mode Game

Di beberapa perangkat smartphone telah di bekali dengan mode main game. Yakni menekan terjadi lag ketika ponsel di gunakan untuk main game. Sistem membantu manage supaya hp lebih optimal pada saat di gunakan dalam main game online ,offline. Ya sayangnya fitur ini tidak dimiliki oleh semua merek perangkat.†

 

11. Mengistirahatkan Hp Android Sementara

Komponen yang ada di dalam smartphone terdiri dari berbagai macam , mulai dari dioda , chip IC , baterai dan lain sebagainya. Secara teknis biasanya memiliki waktu pakai ideal, artinya apabila temperatur perangkat sudah over bisa menimbulkan lag. Tips hp agar tidak lag saat main game berikutnya adalah paling mudah. Yakni cukup matikan dan istirahatkan sejenak sekitar 10-20 menit. 

Membiarkan tanpa teraliri arus listrik (menyala), namun bukan berarti tidak boleh sambil charge. Kamu bisa memanfaatkan mengistirahatkan smartphone sambil pengisian daya. Toh arus hanya sampai baterai saja ko, karena telah ada IC yang mengatur untuk distribusi daya ke komponen lain.

 

12. Lakukan Scanning Dengan Anti Virus

Terkadang kita tidak tahu jika di hp android yang kita pakai terdapat virus yang cukup mengganggu sistem. Bahkan jika tidak segera dihilangkan akan berakibat hp menjadi lemot dan juga membuat sistem operasi mengalami error. Sobat bisa mendownload di playstore untuk memilih apk anti virus yang cocok dan ringan. Hp android yang bebas dari virus tentunya bisa bekerja maksimal untuk berbagai aktivitas.

 

13. Menggunakan Khusus HP Gaming

Pilihan selanjutnya agar smartphone tidak lag untuk main game yakni memakai ponsel khusus gaming. Pada umumnya aplikasi game memiliki spesifikasi standar minimum ponsel ,mulai dari RAM yang dibutuhkan, Jenis chipset dan lain sebagainya. Penggunaan ponsel standar memasang aplikasi† berat tidak dapat dihindari ,memungkinkan lag,lelet, lemot atau istilah lainya.

 

14. Reset Ulang OS HP Android

Ini pilihan buruk untuk diambil. Pasalnya dengan mereset ulang ,semua data file, aplikasi akan terhapus secara permanen. Untuk itu , lakukan full backup terlebih dulu sebelumnya. Mengapa perlu mereset ulang ? Ada beberapa alasan ,† apabila semua langkah diatas telah dilakukan namun masih lag untuk main game bisa disebabkan karena OS crash, virus , malware atau faktor lain yang menyebabkan sistem tidak bisa bekerja sempurna.

Dengan factory reset hp akan di kembalikan ke setelan pabrik. Segala ancaman ,gangguan sistem yang menghambat performa akan hilang. Berikutnya , silahkan install ulang aplikasi game kamu. Jika masih sering lag, berarti smartphone tersebut sudah tidak mumpuni untuk jenis game tersebut.

 

15. Gunakan Memory Card Tambahan

Jika memory internal sobat tidak cukup untuk menyimpan data maupun aplikasi maka bisa dipindahkan ke memori eksternal berupa kartu SD. Dengan adanya perangkat kartu SD ini bisa membantu ruang penyimpanan hp android sobat menjadi lebih besar. Dampaknya hp android sobat tidak mudah trouble dan lebih stabil untuk melakukan pekerjaan berat seperti main game.

  

Penutup

Demikianlah beberapa solusi tentang 15 Cara agar hp tidak lag saat bermain game online terutama untuk sobat yang hobi main game free fire, pubg, mobile legend, dan lain sebagainya. Pasti kesal rasanya jika kita disibukan dengan hp android yang bermasalah. Semoga dengan menerapkan salah satu poin di atas bisa memberikan solusi terbaik bagi para pecinta game hp android. Sekian dan terima kasih. 

Belum ada Komentar untuk "15 Cara Agar Hp Tidak Lag Saat Bermain Game Online"

Posting Komentar

Iklan Artikel Bawah Judul

Iklan Link Artikel Bawah Gambar

Iklan Artikel Bawah Backlink

Iklan Artikel Bawah Akhir Kata