Iklan Atas Header

14 Cara Membuat Laptop Tidak Lemot Terbukti 100% Berhasil

Masyundar.com - 14 Cara Membuat Laptop Tidak Lemot Terbukti 100% Berhasil. Siapa yang tidak kenal dengan laptop? pasti bagi sobat yang sudah sekolah bahkan kuliah pasti pernah menggunakan laptop sebagai alat pendukung untuk kegiatan belajar dan bekerja. Bentuknya yang praktis dan mudah dibawa ke mana saja, tentunya perangkat elektronik ini terbilang laris di pasaran. Dengan berkembangnya teknologi yang semakin maju, dari segi bentuk, spesifikasi dan harganya juga semakin murah. Banyak sekali produsen laptop yang sudah wara wiri di Indonesia dengan brand yang sudah terkenal seperti lenovo, asus, acer, toshiba, dan masih banyak lagi.

14-cara-membuat-laptop-tidak-lemot-terbukti-100-berhasil

Keberadaan laptop di dunia serba digital ini sudah bukan menjadi hal yang mewah lagi, lebih termasuk ke kebutuhan bagi para penggunanya. Dengan adanya laptop ini tentunya memiliki peran penting dalam dunia pendidikan dan sektor bisnis, karena banyak sekali manfaatnya. Jika sobat saat ini sedang kuliah mengambil jurusan komputer misalnya sistem informasi maupun teknik informatika, pastinya akan membeli laptop dengan spesifikasi tinggi dengan RAM min 8Gb dan VGA 2 Gb, tentunya ini akan sangat mendukung menyelesaikan pekerjaan kita agar semakin mudah dan cepat selesai. Selain itu dengan laptop spesifikasi di atas akan sangat mumpuni saat saat ingin bermain game - game berat di sela kesibukan tugas sekolah maupun kuliah.


Perlu sobat ketahui, meski saat ini sobat sudah membeli laptop dengan spek tinggi dengan fitur melimpah, tetap perlu rutin melakukan perawatan agar kondisi laptop tetap prima dan bersih. Banyak sekali orang - orang diluar sana menggunakan laptop tanpa melakukan perawatan secara berkala. Akibat laptop yang jarang dirawat misalnya laptop lama loading saat dihidupkan, saat kita gunakan laptop tiba tiba lemot, kemudian laptop ngelag saat terhubung internet, ada juga laptop loading terus saat dinyalakan, dan bahkan laptop tiba - tiba blue screen. Tentunya masalah seperti ini perlu diwaspadai agar tidak terjadi pada laptop kesayangan kita, dengan cara menerapkan 14 cara membuat laptop tidak lemot terbukti berhasil yang akan saya ulas di bawah ini. 


Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan komputer atau laptop lemot. Paling dominan biasanya dipengaruhi oleh spesifikasi dari hardware pada laptop tersebut. Cara membersihkan Laptop agar tidak lemot dan juga kinerjanya tetap optimal. Simak dengan seksama di bawah ini :


1. Lakukan cleaning up laptop OS Windows 7

Bagi kamu pengguna windows tentu sangat hafal dengan istilah disc clean up. Fitur bawaan windows menghapus beberapa file sampah sisa uninstall program dan cache. 

- Buka dan menyalakan laptop, kemudian klik menu Start / Home.

- Lanjutkan pilih "All Program", di sana akan menemukan beberapa opsi.

- Tap "Accessories - System' tools" selanjutnya klik "Disk Clean Up.

- Ceklis File sampah yang ingin di bersihkan , lalu konfirmasi "Ok".

- Apabila terdapat notifikasi pop up,klik "Delete file" , dan tunggu proses membersihkan laptop dari file sistem tidak terpakai akan berjalan sampai selesai.


2. Lakukan cleaning up laptop OS Windows 8 dan 10

Ada sedikit perbedaan antara windows 7, windows 8 dan windows 10 dalam melakukan Disk Cleanup. 

- Nyalakan laptop, tunggu booting selesai hingga berada di halaman homepage komputer.

- Kemudian buka Control panel, Pilih Administrative tools.

- Selanjutnya , pilih opsi "Disk Cleanup" dengan cara klik 2X.

- Ceklis jenis file sampah yang akan kamu hapus, atau di bersihkan .

- Tahap berikutnya mulai penghapusan  bersihkan file sistem dengan klik "Ok".

- Klik juga "Cleanup System file" , supaya file tidak terpakai dalam direktori C:/ Bisa di bersihkan.


3. Lakukan scanning semua drive pada laptop

Faktor kedua yang bisa menghambat performa laptop menjadi lemot yakni terkena virus, bahkan terkadang tanpa disadari hal tersebut sering terjadi. Cara ketiga dalam membersihkan laptop agar tidak lelet yakni melalui scan virus memakai aplikasi pembasmi yang handal. Jenisnya banyak, seperti Avira, Smadav , Kaspersky dan lain sebagainya. Gunakan salah satu saja, kamu bisa menggunakan salah satu saja. Scan total laptop , directory C:/ dan D:/.

14-cara-membuat-laptop-tidak-lemot-terbukti-100-berhasil

4. Menghapus data yang tidak penting pada harddisk

Pengguna komputer ,laptop banyak sekali lupa terkait dengan penyimpanan. Salah satu tips agar laptop tidak lemot adalah dengan manage Storage. Ada batasan yang ideal free space , yakni paling simpel tidak membiarkan memori internal (harddisk) dalam Data C , Data D penuh. Berikut caranya :

- Menghapus File gambar , video, dokumen,berkas yang tidak terpakai.

- Hapus file sampah dalam Recycle Bin

- Uninstall aplikasi tidak terpakai dan tidak install aplikasi berat melebihi spek laptop.

- Memanfaatkan Hardisk External , Flashdisk, Google Drive sebagai media penyimpanan untuk mengurangi beban laptop.

- Setidaknya lakukan kontrol penyimpanan , membersihkan hardisk laptop agar tidak lelet.


5. Mengatur settingan tampilan dan animasi pada laptop

Meningkatkan laptop agar tidak lelet selain dari menghapus / mengatur dari sisi Storage juga tidak kalah pentingnya setting Grafis dan animasi.Caranya, Masuk ke Control panel kemudian klik System and Security -> System -> Advanced System Settings". Kemudian masuk tab "Performance" lalu tentukan opsi yang akan di nonaktifkan.


6. Melakukan upgrade kapasitas memory RAM

Selain dari cara dan tips agar laptop tidak lambat diatas , masih ada lagi trik meningkatkan kinerja komputer. Menambah RAM , dengan melakukan upgrade kapasitas RAM 2 kali lipatnya akan meningkatkan kecepatan saat laptop digunakan untuk mengerjakan tugas dan game yang berat. 


7. Mengganti hardisk dengan menggunakan SSD

Jaman sekarang hardisk sudah di anggap ketinggalan jaman, karena ada teknologi baru yang lebih cepat dan stabil yaitu SSD. Dengan menggunakan perangkat hardware SSD pada laptop sobat, maka proses kinerja laptop akan lebih cepat. Tipe SSD juga banyak, sebaiknya bawa dulu laptop sobat ke service laptop untuk menentukan SSD yang tepat. Tapi harga SSD ini tergolong mahal, karena masih sangat terbatas dalam penggunaan.


8. Membersihkan cache, registry dan file sampah dengan ccleaner

cara membuat laptop tidak lemot selanjutnya dengan cara melakukan clear cache dan memori hardisk pada pc atau laptop. Software yang paling ampuh untuk membersihkan cache, cookie browser dan sampah hardisk yaitu ccleaner. Caranya instal tools ccleaner seperti biasa, kemudian jalankan, setelah terbuka klik tombol run. Proses scanning cache, registry dan file sampah yang terdeteksi akan langsung dihapus oleh aplikasi ini. Selain itu sobat juga bisa menggunakan disk cleanup untuk membersihkan temporary file pada tiap drive hardisk. 


9. Melakukan upgrade komponen prosessor pada laptop

Processor laptop sobat termasuk dalam kelas menengah ke bawah seperti tipe atom, celeron, pentium tentunya ini merupakan model prosesor lama. Apabila memumngkinkan, sobat bisa mengganti dengan prosessor generasi terbaru, misalnya dualcore, quadcore, maupun core i3 sampai diatasnya. Jika processor berhasil terpasang di laptop sobat, maka kinerja laptop jelas lebih kencang ketika dihidupkan.


10. Hilangkan aplikasi yang berjalan pada proses startup

Banyak beberapa program windows yang otomatis berjalan saat laptop dihidupkan. Tentunya proses windows masuk ke desktop terasa sangat lambat, karena beban aplikasi yang ikut berjalan. Solusinya silahkan buka task manager, kemudian setting disable untuk beberapa aplikasi tidak penting yang berjalan di startup. Terakhir silahkan di restart kembali, maka ini cukup efektif mempercepat startup windows sampai masuk ke desktop.


11. Lakukan check disk pada drive c secara berkala

Apabila pada sistem windows sobat ada masalah error, terasa lambat saat di pakai untuk bekerja. Coba lakukan check disk pada sistem c, dengan cara klik kanan pada drive c. Lalu klik properties, kemudian pilih tab tools, lanjut pada kolom error checking silahkan klik tombol "check now". Lanjut windows akan meminta restart, maka silahkan sobat restart dahulu. Ini berguna bagi sobat yang mengalami windows blue screen, windows hang, dan juga terasa lemot.

14-cara-membuat-laptop-tidak-lemot-terbukti-100-berhasil

12. Lakukan disk defragmenter pada hardisk secara berkala

Dengan melakukan proses defragment data pada sistem c atau drive c secara rutin tiap sebulan sekali. Maka file - file yang terdapat pada sistem c akan tertata dengan rapi, efeknya proses sistem operasi akan berjalan lebih cepat. Berbeda dengan laptop yang jarang dilakukan defragment, jelas filenya berantakan yang berakibat performa laptop menjadi lambat. Jalankan tools defragment pada malam hari agar tidak mengganggu aktivitas sobat, karena prosesnya yang cukup lama hingga berjam - jam.


13. Membersihkan fan dan keyboard dari debu pada laptop

Cara membersihkan laptop agar tidak lemot bisa sobat lakukan menggunakan kuas maupun kompresor angin kecil. Cukup dengan kuas, silahkan bersihkan bagian sela - sela keyboard agar suhu panas dan udara keluar dengan lancar. Kemudian bongkar pada casing belakang laptop, lalu bersihkan juga debu pada fan processor yang sudah menumpuk. Sirkulasi udara panas yang tidak lancar bisa mengakibatkan laptop cepat panas, terasa lambat bahkan ngehang. Terapkan cara secara rutin agar laptop sobat tetap sehat dan selalu siap tempur dengan berbagai pekerjaan.


14. Lakukan instal ulang total OS windows

Setelah kita berjuang dengan mencoba beberapa poin di atas, tapi masih saja gagal meningkatkan kecepatan laptop. Solusinya terakhir dengan melakukan instal ulang windows 7 atau windows 10 secara clean instal. Dengan instal ulang windows, sangat dipastikan membuat laptop sobat menjadi lancar kembali.


Akhir Kata

Ketika kita mampu membeli laptop dengan harga yang mahal jangan lupa untuk bersyukur, karena diluar sana masih banyak orang tidak bisa membeli laptop harga jutaan. Kuncinya jangan malas melakukan perawatan berkala melalui 14 cara membuat laptop tidak lemot terbukti berhasil yang sudah saya jelaskan secara lengkap diatas. Saya kira apabila semua hal diatas sudah dilakukan, maka tidak ada lagi alasan laptop lemot bahkan lemot ketika sobat gunakan. Semoga bermanfaat ya. 

Belum ada Komentar untuk "14 Cara Membuat Laptop Tidak Lemot Terbukti 100% Berhasil"

Posting Komentar

Iklan Artikel Bawah Judul

Iklan Link Artikel Bawah Gambar

Iklan Artikel Bawah Backlink

Iklan Artikel Bawah Akhir Kata