Iklan Atas Header

Doa Mandi Wajib Pria dan Tata Caranya Terlengkap 2021

Daftar Isi [Tampil]

Masyundar.com - Doa Mandi Wajib Pria dan Tata Caranya Terlengkap 2021. Pada bulan ramadhan yang penuh berkah ini, umat muslim seluruh dunia sedang berlomba - lomba untuk mencari pahala sebanyak - banyaknya. Arena kita tahun pahala di bulan ramadhan ini, setiap amalan wajib dilipat gandakan sampai 70 kali dan begitu pulang jika kita melakukan dosa.  Tentunya jangan sampai kita melewatkan kesempatan baik ii, untuk menambah pahala sebanyak mungkin untuk tabungan di akhirat nanti.  Salah satu syarat untuk menunaikan ibadah wajib yang sah dengan mensucikan diri dari hadas kecil dan hadas besar.

doa-mandi-wajib-pria-dan-tata-caranya-lengkap-2021

Setiap umat muslim tentu sudah paham 2 jenis hadas yaitu hadas kecil dan besar. Hadas kecil disebabkan oleh bersentuhnya kulit antara pria dengan wanita yang bukan muhrimnya, kemudian seperti kencing, bab, dan kentut juga termasuk hadas kecil. Untuk membersihkan atau mensucikan diri dari hadas kecil ini bisa dengan cara berwudhu atau tayamum. 


Sedangkan yang termasuk hadas besar bagi pria dan wanita disebabkan diantaranya :

1. Melakukan hubungan suami istri, walaupun tidak mengeluarkan air mani.

2. Keluarnya air mani dari alat kelamin pria maupun wanita yang disebabkan oleh mimpi basah, atau keluarnya air mani dengan cara memainkan kemaluan atau masturbasi secara sengaja, juga di keluarnya air mani yang disebabkan dari penglihatan dan pikiran.

3. Wanita yang sudah berhenti darah nifasnya atau selesai masa haid.


Bagi mereka yang sedang dalam hadas kecil maupun besar diharamkan untuk membaca Al-Quran, menyentuh mushaf Al-Quran, masuk Masjid, dan juga melakukan Thawaf mengelilingi Ka'bah. Untuk itu melalui artikel ini akan saya jelaskan mengenai doa mandi wajib pria dan tata caranya lengkap 2021 agar sobat bisa lebih paham.


Mandi besar atau mandi junub merupakan salah satu kewajiban seorang muslim untuk membersihkan diri dari hadas besar. Dengan terbebas dari hadas besar setelah mandi junub ini, maka seorang muslim atau muslimah sudah sah jika ingin melakukah berbagai kegiatan ibadah. Berikut panduan tata cara mandi wajib laki-laki yang benar dan sah yang bisa sobat pelajari dengan baik. 


Niat Mandi Wajib Pria dan Tata Caranya Terlengkap

Aturan tata cara mandi wajib laki-laki dan perempuan yang benar dan sah ini sebenarnya hampir sama. Perbedaanya pada rambut perempuan boleh menggulung rambutnya. Terdapat rujukan hadist dari Ummu Salamah tentang diijinkannya menggulung rambut bagi wanita saat mandi wajib. Beliau bertanya  "Wahai Rasulullah, aku seorang perempuan yang gelungan rambutnya besar. Apakah aku harus membuka gelungan rambutku ketika mandi junub?” 


Maka Nabi SAW menjawab: “Jangan (kamu buka). Cukuplah kamu menyela-nyelai kepalamu dengan air tiga kali, kemudian guyur kepala dan badanmu dengan air, sehingga kamu suci,” (HR. Muslim). Berikut tata caranya, simak baik - baik ya :


1. Doa Niat Mandi Wajib

Terdapat beberapa bacaan niat mandi junub sesuai dengan tujuan melakukannya, di antaranya:


a. Niat dan Doa Secara Umum

Niat dan doa ini dapat dilakukan oleh laki-laki dan perempuan yang dapat menghilangkan hadas besar. Berikut niat dan doa secara umum:

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَكْبَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

"Nawaitul ghusla liraf 'il hadatsil akbari fardhal lillaahi ta'aala."

Artinya: Aku berniat mandi besar untuk menghilangkan hadas besar fardu karena Allah ta'ala.


b. Niat dan Doa Setelah Haid

Haid atau menstruasi ini terjadi pada seorang wanita yang telah dewasa. Pada wanita dewasa, hal ini normal terjadi setiap bulannya hingga sampai tua atau menopause. Selama haid, wanita dilarang melaksanakan sholat dan puasa. Mandi wajib dapat dilakukan ketika masa haid sudah selesai, tentunya agar kembali suci dan bisa melakukan kegiatan ibadah.

Berikut niat dan doa setelah haid:

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ حَدَثِ الْحَيْضِ ِللهِ تَعَالَى

"Nawaitul ghusla liraf'i hadatsil haidil lillahi Ta'aala."

Artinya: Aku niat mandi wajib untuk mensucikan hadas besar dari haid karena Allah Ta'ala.


c. Niat dan Doa Setelah Nifas

Nifas merupakan keluarnya darah dari rahim wanita setelah melahirkan. Darah nifas pada wanita akan keluar kurang lebih sekitar 40 hari. Selama masa nifas ini, seorang wanita dilarang untuk melakukan kegiatan ibadah seperti sholat dan puasa.

Berikut niat dan doa setelah nifas:

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ حَدَثِ النِّفَاسِ ِللهِ تَعَالَى

"Nawaitul ghusla liraf'i hadatsin nifaasi lillahi Ta'aala."

Artinya: Aku niat mandi wajib untuk mensucikan hadas besar dari nifas karena Allah Ta'ala.


2. Mencuci Kedua Tangan

Membasuh telapak tangan atau mencuci tangan kanan dan kiri sebanyak 3 kali agar bersih juga bebas dari najis.


3. Membersihkan Area Tubuh

Mencuci pada bagian tubuh yang kotor seperti kemaluan, dubur, ketiak, pusar hingga sela - sela jari kaki dengan sabun menggunakan tangan kiri sampai bersih.


4. Berwudhu

Kemudian lanjutkan dengan cara berwudhu seperti biasa saat akan menjalan ibadah sholat.


5. Mengguyur Kepala 

Mengguyur kulit kepala hingga sela - sela rambut secara merata sampai 3 kali menggunakan kedua tangan sampai terbasahi oleh air.


6. Menyiram Tubuh 

Menyiram dengan air dari bagian tubuh dari ujung kepala hingga sampai ujung kaki. Dimulai dari badan sebelah kanan sampai bagian kiri dengan 3 kali siraman.


Penutup

Demikianlah materi tentang doa mandi wajib pria dan tata caranya lengkap 2021 yang bisa sobat lakukan dirumah. Jika sobat melakukannya dengan benar maka akan berhasil membersihkan diri dari hadas besar. Kemudian kegiatan ibadah yang kita lakukan juga akan sah dan menjadi pahala yang akan diterima oleh Allah SWT.

Belum ada Komentar untuk "Doa Mandi Wajib Pria dan Tata Caranya Terlengkap 2021"

Posting Komentar

Iklan Artikel Bawah Judul

Iklan Link Artikel Bawah Gambar

Iklan Artikel Bawah Backlink

Iklan Artikel Bawah Akhir Kata