Iklan Atas Header

Cara Membuat Blog Gratis dan Menghasilkan Uang Untuk Pemula

Masyundar.com - Cara Membuat Blog Gratis dan Menghasilkan Uang Untuk Pemula. Blogger merupakan platform dari google untuk membuat blog pribadi maupun bisnis. Jika saat ini sobat suka menulis sesuatu yang bermanfaat, maka tidak ada salahnya membuat blog pribadi. Tentunya di setiap artikel yang kita buat akan sangat bermanfaat bagi kita dan orang lain. Selain itu jika sobat punya hobi seperti ternak burung, ternak ayam, budidaya lele dan sebagainya, tidak ada salahnya untuk membuat blog pribadi seputar hobi yang sobat tekuni sekarang.

cara-membuat-blog-gratis-dan-menghasilkan-uang-untuk-pemula

Banyak sekali manfaat dari membangun aset digital berupa blogger ini. Tapi rata - rata yang orang inginkan adalah blog yang bisa menghasilkan uang banyak. Bisa saja sih jika sobat ingin mendapatkan uang dari blogger. Dan kabar baiknya dari blogger ini bisa kita jadikan sebagai aset digital di hari tua, bahkan bisa diturunkan ke anak cucu kita lho. Jadi dari blog yang sudah di monetize ini, maka sobat bisa gajian tiap bulan dari google adsense.


Selain dari iklan google adsense, sobat juga bisa mendatangkan uang dari blogger yang sobat miliki saat ini. DIantaranya membuka jasa konten placement atau nitip backlink di blog sobat. Sobat juga bisa review produk orang lain dalam bentuk konten artikel. Jika sobat punya bisnis, maka sobat juga bisa promosi di blog sendiri dengan bebas dan masih banyak lagi manfaat dari blogger ini. Untuk itu saya akan membantu sobat tentang cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang sebagai aset digital untuk masa depan. 


Perlu diketahui, bagi sobat yang masih pemula yang sama sekali belum mengenal blog, maka perbaiki dulu mindset tentang investasi aset digital ini. Mindsetnya adalah kita membuat blog sebagai aset bukan bisnis jual beli yang bisa cepat mendapatkan uang. Nah dari sini kita paham bahwa, membangun aset itu butuh waktu, butuh biaya, butuh usaha, butuh pemikiran dan pengorbanan lainnya.


Saya akan memberikan sedikit trik mengenai cara membuat blog yang menghasilkan uang untuk pemula. Menjadi seorang blogger harus punya komitmen tinggi diantaranya tekun, konsisten , sabar dan pantang menyerah dalam membangun sebuah blog. Perlu sobat ketahui juga, bahwa artikel adalah nyawa dari sebuah blog dengan banyak visitor yang melimpah. Jika sobat rajin menulis artikel saya bisa menjamin sobat akan berhasil menjadi publisher google dari Indonesia.


Cara Membuat Blog Gratis dan Menghasilkan Uang Untuk Pemula

Proses pembuatan blog melalui blogger bisa dilakukan lewat komputer maupun HP android. Jika sobat ingin membuat blog lewat laptop tinggal mengakses Blogger.com di browser. Sedangkan cara membuat blog di hp dan menghasilkan uang ini juga cukup mudah, dengan mengunjungi situs blogger melalui browser HP android. Ok, langsung saja cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang untuk pemula saya mulai sekarang, pelajari pelan - pelan di bawah ini ya :


1. Membuat Blog di Blogger.com

Membangun blog tidak semudah yang dibayangkan, juga tidak sesulit yang dipikirkan. Semua butuh proses untuk menjadi pemain blogger yang menghasilkan uang. Kadang banyak orang yang tergiur dengan penghasilan pemain blogger ang mencapai puluhan juta.

cara-membuat-blog-gratis-dan-menghasilkan-uang-untuk-pemula

Tapi mereka tidak melihat betapa perjuangan yang begitu berat untuk mendapatkan banyak visitor. Tentunya membutuhkan proses yang lama, bahkan bertahun - tahun, hingga akhirnya bisa menghasilkan uang. Berikut cara membuat blog menggunakan platform Blogger.com :


- Silahkan buka Blogger 

- Kemudian login dengan akun gmail sobat, kemudian klik "next"

- Lanjut masukan nama blog yang ingin sobat buat, lalu klik "berikutnya"

- Masukkan URL blog sobat, usahakan URL blog sesuai niche sobat, misalnya tentang teknologi, pendidikan, tutorial, dan lain sebagainya, selanjutnya klik “berikutnya”

- Masukkan nama tampilan sobat di blog, usahakan menggunakan nama asli, agar terbaca sebagai penulis artikel, kemudian klik “selesai”

- Selesai sudah cara membuat blog menggunakan platform Blogger.com. 


2. Memilih Template Blog yang Menarik

Banyak sekali pilihan template blog yang gratis sampai berbayar. Sobat harus bisa memilih template yang cocok dan menarik dengan pertimbangan seperti tampilan sudah SEO Friendly atau ramah bagi pengunjung blog, responsive baik desktop maupun versi mobile, kecepatan akses blog, fitur yang mendukung SEO, dan masih banyak lagi. 


Saya akan memberikan sedikit bocoran untuk template yang sering digunakan oleh blogger pemula. Satu lagi, template ini saya rekomendasikan untuk sobat, karena memang sudah teruji bisa memaksimalkan blog sobat. Sobat bisa menggunakan beberapa referensi template berikut ini :  


Template Gratis :

- Textrim, Iglo, Fiksioner


Template Berbayar :

- Igniplex, LinkMagz, vioMagz, EvoMagz


Sebenarnya masih banyak lagi template gratis yang bisa sobat temukan di pencarian google. Banyak pemain blogger yang sukses menggunakan template yang saya sebutkan di atas. Silahkan gunakan template ini dengan cara berikut :


- Masuk ke Dashboard Blogger sobat

- Kemudian klik menu "tema", lanjut klik "pulihkan"

- Silahkan upload template yang sudah sobat download tadi

- Kemudian klik "upload", maka template sudah berubah


3. Membuat Halaman About, Contact, Privacy Policy, Disclaimer

perlu sobat ketahui, halaman statis seperti about, contact, dll ini penting untuk kita buat. Melalui halaman statis ini para pengunjung bisa mengetahui identitas blog kita seperti pemilik, alamat kantor, dan motivasi pemilik blogger. Selain itu dari halaman statis sobat juga bisa memposting penawaran kerjasama atau affiliate dengan pengguna blog, review produk, maupun jualan produk, dan masih banyak lagi. Berikut cara membuat halaman statis di bawah ini :


- Silahkan membuka dashboard Blogger

- Selanjutnya pilih menu "halaman"

- Lanjut klik "tambah halaman baru" 

- Kemudian masukan judul dengan "about me" misalnya

- Pada bagian isi, silahkan jelaskan mengenai blog sobat

- Selanjutnya sobat klik "publish"

Lakukan hal yang sama dengan menu yang lain seperti contact, privacy policy, disclaimer dengan cara seperti di atas.


4. Mendaftarkan Blog ke Google Search Console

Google Search Console (GSC) merupakan situs web dari google yang berguna untuk mendaftarkan situs sobat ke SERP google. Mungkin sudah milyaran blog di internet yang sudah terdaftar di GSC. Jika blog sobat sudah terdaftar di GSC, maka robot GSC akan menelusuri blog dan artikel sobat. Hasil akhirnya blog dan artikel sobat akan terindex di pencarian google atau SERP google. Dengan begini, blog sobat di pastikan akan banjir trafik organik dari google.


- Silahkan buka Google Search Console 

- Selanjutnya klik “mulai/star”

- Kemudian masukkan URL blog sobat pada kolom domain lalu klik “terus”

- Setelah itu lakukan verifikasi blog menggunakan HTML Tag

- Jika sudah, maka sobat akan diarahkan ke dashboard GSC


5. Cara Riset Keyword yang Tepat

- Google Trends

Layanan gratis dari google yang sangat baik untuk riset keyword yaitu google trend. Pada situs ini, sobat bisa menentukan keyword yang sedang ramai berdasarkan waktu dengan kurun 1 jam sampai 5 tahun terakhir. Sobat juga bisa menentukan wilayah sasaran yang ingin sobat riset menggunakan keyword tertentu. Misalnya sobat memasukan keyword "kue kering idul fitri" dengan waktu 1 bulan, maka hasilnya bisa dilihat seperti kata kunci dan wilayah yang ramai melalui grafik dan volume keyword.

cara-membuat-blog-gratis-dan-menghasilkan-uang-untuk-pemula

- Google Related Search

Ketika sobat mencari sesuatu dengan kata kunci tertentu, maka akan muncul kata kunci relevan secara otomatis di kolom pencarian google. Ini yang disebut sebagai google related search. Melalui fitur ini maka sobat bisa mengambil salah satu kata kunci yang relevan untuk dijadikan judul artikel. Ini cukup ampuh digunakan, karena melalui sumber SERP google secara langsung.


6. Cara Membuat Artikel yang Tepat

Setelah sobat sudah mengatur semua tampilan blog, maka langkah selanjutnya membuat artikel blog yang baik dan benar.Dalam membuat artikel merupakan proses yang paling penting dalam dunia blogger. Berikut cara membuat artikel yang tepat :


- Silahkan sobat buka dashboard Blogger

- Dilanjutkan klik “postingan baru” pada pojok kiri atas

- Kemudian masukan judul dan isi artikel

- Masukan juga gambar artikel disertai nama judul dan alt gambar

- Lanjut setting gambar ukuran full size

- Selanjutnya tambahkan label sesuai niche artikel

- Pilih waktu publish dengan setting otomatis

- Pada URL permalink, silahkan pilih permalink otomatis

- Masukkan deskripsi artikel dengan maksimal 150 kata

- Cek kembali judul dan kata artikel, jika sudah benar klik "publish"


7. Submit Artikel di Google Search Console

Agar artikel sobat bisa terindeks di google, maka perlu melakukan submit artikel dulu di GSC. Jika sudah terindeks, maka artikel sobat akan ramai visitor. Berikut cara submit artikel di GSC :


- Copy permalink URL artikel sobat

- Buka dashboard Google Search Console

- Pada kolom search, paste URL artikel sobat tadi

- Kemudian tekan "enter" pada keyboard

- Lanjut tunggu sampai proses crawling google selesai

- Jika sudah, silahkan klik “minta pengindeksan”

- Selanjutnya sobat tinggal menunggu artikel di SERP google


9. Mendaftarkan Blog ke Google Adsense

Mendaftarkan blog ke pihak google adsense tentunya tidak terlalu sulit. Tapi yang sulit itu menyiapkan blog sobat agar layak dan lolos pada saat daftar di google adsense. Setidaknya blog sobat sudah berumur 6 bulan lebih dan memiliki artikel yang banyak. Cara mendaftarkan blog ke google adsense, begini langkahnya :


- Silahkan sobat akses Google Adsense 

- Selanjutnya klik mulai 

- Kemudian masukkan URL blog dan email sobat

- Selanjutnya klik "ya" untuk syarat dan ketentuan

- Lanjut masukan data pribadi sobat, lanjut klik kirim

- Ambil dan salin kode google adsense

- Buka dashboard blog, lanjut masuk ke kode HTML

- Paste kode google adsense tepat dibawah kode <head>

- Yang terakhir save template

- Kembali ke dashboard Google Adsense, kemudian klik "done"

Sampai disini sobat sudah berhasil mendaftarkan blog ke google adsense. Selanjutnya sobat tinggal menunggu jawaban email dari pihak google adsense dengan rentang waktu 1 - 2 minggu.


Ingin Mendapatkan Penghasilan dari Blog, Tapi Sibuk Bekerja 

Bagi sobat yang mungkin tidak ada waktu untuk mengelola blog, maka ada kabar baik yang bisa sobat coba. Saya telah menyediakan produk dan jasa seperti jual blog siap pakai, jasa backlink, jasa privat blog untuk pemula. Selengkapnya bisa sobat baca di bawah ini :


1. Jual Blog Siap Pakai Untuk Pemula

Saya menyediakan blog siap pakai untuk sobat yang membutuhkan blog dengan cepat. Mulai dari setting template premium sampai bonus artikel yang sudah terindex di Google Search Console. Sobat juga akan saya bimbing jika memang masih pemula dalam mengelola blog.


2. Jasa Backlink Dengan Biaya Murah

Saya juga menerima jasa content placement atau memasang backlink di blog saya. Karena kita tahu banyak sekali manfaat dari content placement ini. Salah satunya blog sobat akan menerima banyak trafik setelah memasang backlink di blog saya. Backlink ini juga berlaku seumur hidup, artinya link yang mengarah ke blog sobat akan terus ada di blog saya.


3. Jasa Privat Blogger Untuk Pemula Biaya Murah

Untuk saat ini buat sobat yang memang masih pemula apalagi belum mengenal blog sama sekali. Bisa langsung ikut privat blog pemula dengan biaya murah dibimbing langsung oleh saya. Setiap ilmu yang ingin kita peroleh, pasti membutuhkan mentor yang berpengalaman, maka untuk menghemat waktu trial & error, sebaiknya sobat mengikuti privat blogger untuk pemula ini.

cara-membuat-blog-gratis-dan-menghasilkan-uang-untuk-pemula

Akhir kata

Memang setiap kita membangun sebuah pintu rejeki yang baru itu membutuhkan banyak pengorbanan, diantaranya waktu, biaya, tenaga dan pikiran. Tapi percayalah, setiap apa yang sudah kita lakukan, apa yang kita pelajari, pasti semua ada manfaatnya. Jangan pantang menyerah untuk menjadi seorang blogger sejati. Semoga artikel mengenai cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang untuk pemula ini bisa memberikan pencerahan ilmu untuk sobat semua. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Blog Gratis dan Menghasilkan Uang Untuk Pemula"

Posting Komentar

Iklan Artikel Bawah Judul

Iklan Link Artikel Bawah Gambar

Iklan Artikel Bawah Backlink

Iklan Artikel Bawah Akhir Kata