Iklan Atas Header

7+ Cara Memperbaiki Baterai HP yang Sudah Ngedrop Dengan Mudah

Masyundar.com -  7+ Cara Memperbaiki Baterai HP yang Sudah Ngedrop Dengan Mudah. Di jaman digital seperti sekarang, hp android sudah bukan barang mewah lagi. Hampir semua orang bisa memilikinya, dari anak - anak hingga orang dewasa. Memang dari ponsel pintar ini memiliki banyak fungsi, selain untuk komunikasi, bisa juga untuk main game, hingga bisa juga untuk kegiatan bisnis seperti mengirim email. Intinya hp android sudah hampir bisa menggantikan laptop maupun PC. Untuk itu saya mencoba menulis artikel cara memperbaiki baterai hp yang cepat habis atau drop agar bisa membantu sobat setia.

7-cara-memperbaiki-baterai-hp-yang-sudah-ngedrop-dengan-mudah

Akhir - akhir ini banyak yang mengeluhkan kenapa hp cepat panas dan boros baterai? tentunya masalh boros baterai ini banyak sekali penyebabnya. Memang  perangkat elektronik seperti hp android ini jika dipakai dalam waktu yang lama, maka performa seperti os, aplikasi dan juga hardware seperti baterai tanam akan turun. Untuk solusi tentang cara memperbaiki baterai HP yang bocor, bisa sobat temukan di sini.  Padahal kita tahu perangkat hp android sangat penting di kehidupan sehari - hari kita.Tapi rata - rata orang sudah paham jika masalah pada hp android ini lebih mudah drop.


Banyak sekali kasus mengenai baterai hp yang cepat habis, misalnya ketika hp android sedang kita pakai, selang beberapa menit tiba - tiba kehabisan daya alis drop.  Karena yang memang kita sudah tahu kalau umur baterai hp android sudah lama, maka akan terjadi penurunan kapasitas daya baterai.  Bisa jadi penyebab baterai cepat habis ini dipengaruhi oleh kualitas baterai atau mungkin ada kerusakan sistem pada hp android.  Disini akan saya coba jelaskan sedikit mengenai cara mengatasi baterai hp yang tidak bisa penuh. Silahkan simak dibawah ini ya :


1. Melakukan Kalibrasi Tanpa Aplikasi

Apakah sobat sudah ngerti kalibrasi? saya sedikit jelaskan, kalibrasi merupakan settingan ulang antara widget dengan kapasitas baterai HP yang sebenarnya. Artinya dengan melakukan teknik ini, maka data widget yang tampil di HP akan sesuai dengan kapasitas baterai aslinya. Syarat dari teknik kalibrasi baterai ini yaitu kondisi baterai tidak kembung atau kembung karena beresiko merusak casing HP. Langsung saja cara melakukan kalibrasi secara manual, simak di bawah ini :

- Pakai HP hingga baterai habis sampai 0%

- Lakukan pengisian dengan HP posisi mati hingga pengisian penuh 100%

- Pakai HP hingga baterai sampai 5 %

- Lakukan pengisian dengan HP posisi hidup hingga pengisian penuh 100%

- Pakai HP hingga baterai habis sampai 0%

- Lakukan pengisian dengan HP posisi mati hingga pengisian penuh 100%

- Silahkan hidupkan kembali HP sobat, dan gunakan seperti biasa


2. Melakukan Kalibrasi HP dengan Aplikasi Easy Battery Calibrator (Non Root)

Cara kalibrasi menggunakan aplikasi android, maka sobat bisa mendownload gratis aplikasi Easy Battery Calibrator di play store. Selanjutnya ikuti caranya berikut ini :

- Gunakan Hp dengan baterai sampai tinggal 5 %

- Install aplikasi Battery Calibration terlebih dahulu.

- Setelah itu, lakukan pengisian HP sampai baterai terisi 100%.

- Jika sudah penuh, buka aplikasi Easy Battery Calibrator kemudian klik tombol Calibrate, 

- Kemudian lepaskan charger dari HP sobat, lalu gunakan seperti biasa


3. Melakukan Kalibrasi HP dengan Aplikasi (Root)

Caranya mirip dengan langkah ke 2, bedanya kalibrasi HP yang sudah di root terlebih dahulu. Teknik root HP merupakan proses dimana pengguna mendapatkan kendali penuh pada HP android yang dimilikinya. Cara root HP bisa melalui aplikasi android yang didownload gratis di playstore.

Berikut cara mengkalibrasi HP yang sudah di root :

- Setelah Hp di root dengan baterai tinggal 5%, silahkan download dan instal Advance Battery Calibrator

- Kemudian lakukan pengisian HP dalam posisi hidup sampai penuh 100%

- Setelah itu buka Advance Battery Calibrator kemudian tekan tombol calibrate

- Setelah itu lepas charger dari HP, maka HP sudah bisa digunakan seperti biasa


4. Recovery HP dengan Mode CWM / TWRP

Sobat bisa melakukan teknik ini melalui mode recovery CWM/ TWRP. Tapi kondisi HP juga dalam posisi root dengan recovery yang sudah terinstal. Langsung saja caranya seperti berikut:

- Matikan HP sobat terlebih dahulu

- Lalu masuk ke dalam mode recovery dengan cara tekan tombol power dan volume atas dan volume bawah secara bersamaan secara terus menerus

- Jika sudah masuk menu recovery, pilih menu Advanced, kemudian pilih menu Hapus Statistik Baterai atau Wipe Battery Stats

- Selanjutnya tinggal menunggu sampai prosesnya selesai

- Setelah itu matikan HP kembali Hp sobat

- Selanjutnya lakukan pengisian HP sampai penuh 100% 

- Jika sudah nyalakan kembali, lalu gunakan HP sampai baterainya habis 0%

- Kemudian lakukan pengisian lagi sampai penuh 100%

- Selesai, HP sobat sudah bisa digunakan kembali


5. Menghapus Aplikasi Penyedot Daya Besar

Terkadang kita memang ngawur kalau instal aplikasi di HP, sampai - sampai aplikasi menumpuk ga jelas. Akibatnya selain HP kita menjadi lelet, juga membuat baterai kita lama - alam ngedrop. Karena dengan banyaknya aplikasi yang berjalan bersamaan membuat daya baterai yang dikeluarkan lebih boros. Silahkan hapus aplikasi yang tidak penting jika memang tidak digunakan, agar umur baterai HP sobat lebih awet dan tidak mengalami soak atau drop.


6. Mengatur Kecerahan Layar

Cara selanjutnya dengan mengurangi kecerahan layar pada HP sobat. Jika kita mensetting kecerahan layar dengan tinggi bisa berakibat pada pemborosan daya baterai, maka lakukan setting otomatis kecerahan pada layar Hp sobat.


7. Aktifkan Mode Power Saving

Mode power saving atau hemat daya pada setiap ponsel atau HP sudah pasti ada. Sebaiknya sobat setting mode ini agar penggunaan daya baterai HP lebih efektif dan maksimal kinerjanya.


Penutup

Sebenarnya masih banyak cara memperbaiki baterai hp yang sudah ngedrop dengan mudah yang belum saya rangkum. Tapi dari beberapa pilihan yang saya bagikan melalui materi ini, banyak juga yang sukses mengatasi baterai hp drop salah satunya lewat mengkalibrasi manual baterai HP. 


Tapi jika dengan mencoba beberapa pilihan cara memperbaiki baterai hp yang drop diatas masih gagal, mungkin baterai sobat sudah rusak , sehingga perlu ganti baterai yang baru. Semoga melalui sedikit artikel ini bisa memberikan solusi bagi obat yang sedang kesulitan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Belum ada Komentar untuk " 7+ Cara Memperbaiki Baterai HP yang Sudah Ngedrop Dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Artikel Bawah Judul

Iklan Link Artikel Bawah Gambar

Iklan Artikel Bawah Backlink

Iklan Artikel Bawah Akhir Kata