Iklan Atas Header

Cara Pendaftaran Online BPUM UMKM 2021 Total Rp 1,2 Juta dan Persyaratannya

Masyundar.com - Cara Pendaftaran Online BPUM UMKM 2021 Rp 1,2 Juta dan Persyaratannya. Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) telah membuka pengajuan atau pendafaran program Bantuan Presiden (Banpres) Produktif untuk usaha mikro atau BPUM. Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM Eddy Satriya menjelaskan, program BPUM akan diberikan kepada 12,8 juta pelaku usaha mikro yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Total anggaran yang disiapkan pemerintah sebesar Rp 15,36 triliun.

cara-pendaftaran-online-bpum-umkm-2021-total-rp-1-2-juta-dan-persyaratannya

Bantuan BLT UMKM diberikan kepada seluruh pelaku Usaha Mikro terdampak. Baik kepada yang sudah menerima tahun lalu, maupun belum menerima yang sudah diusulkan ataupun yang lagi diproses,” kata Eddy dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (6/4/2021). Eddy mengatakan, penyaluran BPUM bagi pelaku Usaha Mikro akan dilakukan secara dua tahap sampai dengan kuartal ke-3 tahun 2021. Pada tahap pertama, pemerintah telah menyediakan anggaran sebesar Rp 11,76 triliun untuk 9,8 juta pelaku usaha mikro. 


Sedangkan anggaran tahap kedua sebesar Rp 3,6 triliun untuk 3 juta pelaku usaha mikro. “Untuk tahun ini, masing-masing pelaku Usaha Mikro memperoleh Rp 1,2 juta. Bagi yang sudah menerima tahun lalu memang tidak semua yang dapat tahun ini, karena kami melakukan evaluasi terhadap penerima yang tahun lalu ada kekurangan, salah satunya salah sasaran sehingga itu dibersihkan datanya,” ungkap Eddy.


Syarat Pendaftaran BPUM UMKM Tahun 2021

Adapun berikut syarat bagi pelaku usaha mikro untuk bisa mendapatkan BPUM: 

1. Belum pernah atau telah menerima dana BPUM tahun anggaran sebelumnya 

2. Tidak sedang menerima Kredit Usaha Rakyat (KUR) 

3. Warga Negara Indonesia (WNI) 

4. Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik 

5. bukan Aparatur Sipil Negara, anggota Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, pegawai BUMN, atau pegawai BUMD. 

6. Memiliki usaha mikro yang dibuktikan dengan surat usulan calon penerima BPUM dari pengusul BPUM.


Perlu diketahui, dana Banpres Produktif adalah hibah, bukan pinjaman ataupun kredit. Penerima bantuan tidak dipungut biaya apapun dalam penyaluran bantuan ini. Nantinya, mereka yang menjadi calon penerima akan mendapat pesan singkat dari bank penyalur. Penerima diminta segera datang ke bank untuk melakukan proses pencairan. Sebab, bila tidak melakukan proses verifikasi atau pencairan dana, maka bantuan tersebut akan ditarik atau dikembalikan ke pemerintah.


Cara Pendaftaran Online BPUM UMKM Tahun 2021

Beberapa pemerintah daerah sudah memberlakukan pendaftaran online BPUM UMKM tahun 2021, alias pengajuan berkas bisa dilakukan secara online (daftar online BPUM). Misalkan di tempat saya melalui LINK PENDAFTARAN http://bit.ly/bpum2021_kulonprogo untuk mengakses pendaftaran online BPUM UMKM tahun 2021 di wilayah Kabupaten Kulon Progo. 


Silahkan anda mengakses website koperasi di pemerintah daerah kota anda. Disana nanti akan menemukan laman pengumuman pendaftaran online BPUM tahun 2021. Maka anda bisa langsung mendaftarkan diri secara online dengan mudah.


Sementara beberapa daerah yang lain masih mengharuskan pelaku usaha untuk datang langsung guna menyerahkan berkas.  Selanjutnya dinas tersebut akan menyampaikan ke dinas di tingkat provinsi lalu dilanjutkan ke Kemenkop dan UKM Deputi Bidang Usaha Mikro. 


Cara Pengambilan Bantuan BLT UMKM di Bank

Nasabah yang menerima bantuan presiden (banpres) datang ke kantor BRI dengan membawa dokumen berupa buku tabungan, kartu ATM, dan identitas diri. Apabila kelengkapan dokumen belum dipenuhi maka saldo Banpres akan ditahan terlebih dahulu. Penahanan saldo tersebut tidak akan mempengaruhi rekening tabungan nasabah secara keseluruhan. Adapun penerima bantuan sebelumnya akan diberitahu oleh pihak bank melalui notifikasi SMS bahwa mereka mendapatkan bantuan.


Sumber : https://money.kompas.com/read/2021/04/09/095241426/cara-daftar-bpum-2021-rp-12-juta-dan-persyaratannya?page=all

Belum ada Komentar untuk "Cara Pendaftaran Online BPUM UMKM 2021 Total Rp 1,2 Juta dan Persyaratannya"

Posting Komentar

Iklan Artikel Bawah Judul

Iklan Link Artikel Bawah Gambar

Iklan Artikel Bawah Backlink

Iklan Artikel Bawah Akhir Kata