Iklan Atas Header

12 Tips Memilih Mobil Bekas Untuk Pemula Agar Tidak Kecewa

Daftar Isi [Tampil]

Masyundar.com -  12 Tips Memilih Mobil Bekas Untuk Pemula Agar Tidak Kecewa. Bagi sobat yang masih muda dengan umur sekitar 30an tentu rasanya ingin memiliki mobil walaupun mobil bekas. Banyak sekali pertimbangan ketika sobat memilih mobil bekas, tapi yang paling cocok adalah untuk menghemat pengeluaran. Membeli mobil bekas merupakan solusi tepat untuk kita yang memiliki pendapatan terbatas. Apalagi masa pandemi seperti sekarang, banyak sekali orang jualan mobil bekas dengan harga murah.

12-tips-memilih-mobil-bekas-untuk-pemula-agar-tidak-kecewa

Harga mobil baru makin lama makin mahal, ditambah dengan harga pajak yang tinggi membuat beberapa orang yang semula ingin beli mobil jadi merasa diberatkan. Keadaan yang memperberat ini benar-benar dirasa oleh orang yang mempunyai keadaan keuangan buruk. Karena itu, saat ini beberapa orang yang berpindah ke mobil bekas dibanding usaha beli mobil baru. Karena mobil bukan produk investasi, karena itu harga akan turun saat telah bekas gunakan. Harga yang condong lebih murah dibanding mobil baru memancing ketertarikan beberapa orang untuk mulai beli mobil bekas.


Jika sobat membeli mobil bekas sebaiknya jangan asal-asalan. Bila salah pilih, bukanlah bisa untung, justru rugi. Karena itu, penting untuk calon konsumen untuk tingkatkan wacana mengenai mobil saat sebelum memilih untuk membawa kendaraan beroda 4 ini. 


Ada baiknya dengan memahami 12 tips memilih mobil bekas untuk pemula agar tidak kecewa dibawah ini, maka sobat lebih paham saat membeli mobil bekas nanti, monggo di simak :


1. Cek Riwayat Pemakaian kendaraan

Kemungkinan sobat sudah mengetahui jika mobil yang diservis dengan teratur dan dirawat dengan rajin tentu mempunyai performa yang bagus. Cuma ada satu langkah untuk ketahuinya, yakni dengan mengecek catatan service mobil dari pemilik mobil. 


Umumnya setiap lakukan service, karena itu dari pihak bengkel akan menuliskan catatan service periodik dan elemen apa yang pernah ditukar hingga sobat dapat semakin gampang dalam memantau performa mobil bekas itu. Biasanya kendaraan yang berumur di bawah 5 tahun masih dirawat lewat bengkel sah dan mereka memberi catatan pembaruan.


2. Cari Sesuai Kebutuhan

Cari mobil bekas yang pas untuk keperluanmu dan seperti anggaran. Tidak perlu dengan sejumlah fitur tertentu di mobil yang tidak begitu diperlukan. Karena, makin banyak dan hebat feature yang dipunyai sebuah kendaraan, akan semakin mahal harga. Lihat juga masalah bagaimana tersedianya dan harga suku cadang, tersedianya bengkel sah, dan beberapa hal sebagai masalah umum dari mobil itu.


3. Cek Kelengkapan Dokumen

Hal yang jangan lewatkan ialah mengecek kelengkapan dokumen kendaraan itu, yakinkan mobil sasaran mempunyai kelengkapan beberapa surat yang benar dan baik, check nomor rangka motor, nomor mesin, cocokkan dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), dan Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB).


Yakinkan nomor rangka dan nomor mesin sesuai yang tercantum dalam STNK dan BPKB. Jika perlu, calon konsumen dapat melakukan pengujian keaslian surat itu lewat cara online buat pastikan jika beberapa surat kendaraan tidak memiliki masalah.


4. Lakukan Test Drive

Test drive benar-benar perlu sobat terapkan untuk pastikan jika mobil berada pada keadaan yang diinginkan. Ada beberapa faktor yang perlu dipantau mulai dari keadaan mesin, kaki-kaki dan bodi kendaraan. Agar mempermudah pengecekan, kerjakan test drive saat siang hari.


5. Cek Interior Body Mobil

Lakukan pengecekan ke mobil bekas yang bakal dibeli dengan cara mengecek pada interior mobil dimulai dari dasbor, kulit jok, karpet alas kaki, audio, sampai lampu kabin. Yakinkan semua hal itu telah berjalan dengan baik seperti AC yang mempunyai udara dingin, dan feature keselamatan seperti sabuk pengaman, rem tangan, sampai lampu hazard.



6. Cari showroom yang terpercaya

Sempatkan diri sobat untuk berkunjung ke beberapa  dealer mobil bekas. Hal tersebut benar-benar berguna untuk cari perbedaan harga dan peluang memperoleh produk yang lebih bagus. Tentukan showroom yang besar, umumnya unit mobil bekasnya semakin banyak, hingga customer dapat pilih tipe mobil yang diinginkan. Konsumen juga harus sering untuk menanyakan, makin banyak bertanya maka tahu keadaan mobil yang bakal dibeli.


7. Jangan terjebak harga murah

Beli mobil bekas dengan sasaran pada harga yang miring pastilah menarik. Seharusnya sobat dalam beli mobil bekas tidak boleh terjerat pada harga yang miring dari penjual. Sebaiknya berhati-hati dan lakukan peninjauan secara dalam bersama-sama dengan montir bengkel dalam memantau mobil bekas yang ingin dibeli..


Jika harga mobil yang telah dijual terlampau murah dari pasaran, bisa saja mobil itu bekas pernah mengalami kecelakaan berat atau bahkan juga bekas kebanjiran, atau bahkan juga ada pula pemberian harga miring ini sebagai usaha untuk memancing customer supaya tiba ke showroom dan tawarkan mobil yang lain.


8. Harus teliti dan tidak terburu - buru

Sesudah percaya dengan tipe mobil, harga dan sistem pembayaran, sobat tak perlu tergesa-gesa saat bertransaksi untuk bikin persetujuan dengan cepat. Tetaplah tenang seperti orang yang terlatih jual beli mobil karena konsumen pemula condong tidak sabar untuk langsung bawa pulang kendaraan itu.


Dengan sikap tenang dan tidak terburu-buru membuat tenaga penjual usaha memberikan keyakinan sobat dengan tawarkan bermacam promosi berbentuk diskon sampai tambahan aksesori dengan keinginan sobat agar tidak berpindah ke dialer lain.


9. Cek konsumsi bahan bakar

Bahan bakar menjadi hal yang pokok ketika sobat sudah mempunyai kendaraan. Kita tahu jika harga bahan bakar makin lama makin naik, ditambah lagi macetnya jalan belakangan ini, tentu saja pemakaian bahan bakar juga makin boros. Sebaiknya konsumsi bahan bakar pada mobil bekas ini juga perlu dipertimbangkan agar kedepan nanti tidak ada pemborosan bahan bakar.


10. Cek kondisi mesin

Sesudah lakukan pengecekan pada body dan interior, hal yang tidak boleh lewatkan ialah melakukan peninjauan pada keadaan mesin mobil bekas, membuka kap mesin mobil dan menghidupkan mobil yang bakal dibeli, lihat semua elemen mobil dan suara mesin, bila ada elemen yang bergetar tidak seharusnya, maka memunculkan suara lain saat mobil dihidupkan. Cek kembali secara detail, apakah ada kebocoran oli pada blok mesin atau elemen yang lain. Kemudian lakukan test drive bila showroom atau penjual minta sobat untuk mencoba mobil itu.


11. Pajak kendaraan masih hidup

Mobil bekas yang pajaknya telat dibayarkan pasti dipasarkan murah. Tetapi, sudah pasti sobat harus siap-siap untuk bayar pajak sekalian dendanya di suatu saat nanti. Bila sobat memang tidak mau membayar beban pajak ini, maka sebaiknya membeli mobil bekas yang pajak kendaraannya masih hidup.


12. Cek kenyamanan dan keamanannya

Sebaiknya pastikan kendaraan tidak cuma hanya membuat perlindungan diri dari hujan dan panas matahari. Kendaraan yang ingin sobat beli sebaiknya bisa dibuktikan keamanan dan kenyamanannya. Sebagai contoh, mobil harus dapat menampung banyaknya penumpang dan barang bawaan yang umum dibawa. Beberapa ciri-ciri khusus dari kendaraan mpv yang sering menjadi mobil keluarga diantaranya seperti bisa menampung banyak penumpang, ukuran kabin luas, nyaman dan aman.


Akhir kata

Itulah tadi beberapa ulasan dengan materi tentang tips memilih mobil bekas untuk pemula agar tidak kecewa. Semoga untuk sobat yang ingin membeli mobil bekas tahun ini bisa terwujud dan tidak mengecewakan. Semoga bermanfaat yaa.

Belum ada Komentar untuk "12 Tips Memilih Mobil Bekas Untuk Pemula Agar Tidak Kecewa"

Posting Komentar

Iklan Artikel Bawah Judul

Iklan Link Artikel Bawah Gambar

Iklan Artikel Bawah Backlink

Iklan Artikel Bawah Akhir Kata