Iklan Atas Header

10 Contoh Aplikasi Cloud Computing Paling Populer 2021

Daftar Isi [Tampil]

Masyundar.com - 10 Contoh Aplikasi Cloud Computing Paling Populer 2021. Peluang bisnis penyimpanan data berbasis awan (cloud computing) di jaman sekarang terus mengalami peningkatan. Banyak sekali perusahaan - perusahaan yang mencoba menjalankan peluang bisnis penyimpanan awan ini. Tentunya yang sering kita gunakan sampai sekarang misalnya google drive, yang merupakan layanan gratis dari google. Mereka tahu bahwa setiap orang membutuhkan penyimpanan data online yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja.

10-contoh-aplikasi-cloud-computing-paling-populer-2021

Aplikasi cloud computing (komputasi awan) merupakan penyimpanan data, server, database, jaringan, dan perangkat lunak melalui layanan internet. Dengan adanya  aplikasi cloud computing ini akan sangat membantu kita dalam mengakses penyimpanan data sistem online. Cukup menggunakan hp android maupun laptop yang sudah terhubung ke internet, maka kita sudah bisa membuka data yang tersimpan di penyimpanan online.


Banyak sekali kelebihan aplikasi berbasis cloud yang kita kenal ini, diantaranya sebagai tempat untuk backup data penting kita selain di hardisk maupun flashdisk. Selain aplikasi cloud computing berguna untuk streaming audio dan video film. Terutama bagi sobat yang hobi nonton film lewat smart TV. Dengan smart TV, sobat bisa nonton film sepuasnya dengan menghubungkan data - data film yang sudah sobat simpan di penyimpanan berbasis cloud.


Sedikit saya jelaskan cara kerja cloud computing seperti halnya komputer server di tiap perusahaan saat ini. Bedanya sistem cloud computing ini memiliki data center di luar yang terkoneksi oleh internet untuk dapat mengaksesnya. Di dalam data center ini terdapat platform untuk menampung layanan virtual yang siap digunakan. Melalui layanan virtual yang tersedia, sobat bisa mengakses apa saja pada aplikasi cloud computing langganan sobat.


Berikut beberapa contoh aplikasi cloud computing dari gratis hingga berbayar yang bisa sobat coba. Banyak sekali pilihan aplikasi cloud computing yang bisa sobat manfaatkan, simak baik - baik dibawah ini ya :


1. Media Sosial

Salah satu aplikasi cloud computing yang sering kita gunakan seperti media sosial. Hampir tiap hari kita mengupload gambar bahkan video di facebook, instagram, twitter, pinterest dan lain sebagainya. Ini menjadi salah satu sistem komputasi berbasis awan, karena data yang sudah kita upload ini tersimpan di penyimpanan awan.


2. Google Drive

Aplikasi cloud computing selanjutnya yaitu google drive yang merupakan bagian dari g-suite dari perusahaan raksasa google.

Pada aplikasi berbasis cloud ini, kita bisa menyimpan apa saja sob.Dengan kapasitas ruang penyimpanan gratis sebesar 15Gb sudah cukup untuk menyimpan data kita, entah itu file word, excel, gambar, lagu, dan lain sebagainya. 


Jika kapasitas gratis sudah penuh, maka sobat bisa menaikan ruang penyimpanan menjadi 200Gb dengan membayar dengan jumlah tertentu per tahunnya. Kita bisa upload dan download file kapan saja selama masih tersambung ke internet.


3. Dropbox

Sama haknya dengan google drive, fungsi dari dropbox ini juga menyimpan data - data penting kita via online. Kapasitas gratis yang bisa kita akses sebesar 10Gb yang bisa ita gunakan secara bebas. Sobat juga bisa upgrade space cloud computing ini jika memang membutuhkan.


4. GitHub

Jka sobat saat ini adalah seorang developer entah itu programing website, android, java, dan lain sebagainya pasti udah pernah menyimpan source code di github. Aplikasi github telah banyak digunakan oleh para programmer untuk menyimpan atau repository source code penting mereka. 


5. Mega Cloud

Aplikasi ini tidak berbeda jauh dengan dropbox dengan memiliki fungsi sebagai penyimpanan berbasis cloud. Di sini sobat akan mendapatkan free space sebersar 50Gb untuk menyimpan file - file penting sobat jika tidak memiliki flashdisk. Fitur yang dimiliki juga cukup lengkap, ada link untuk berbagi juga dengan disertai kunci untuk membuka link tersebut.


6. Adobe Creative Cloud

Aplikasi cloud computing yang tidak kalah penting juga seperti adobe creative cloud. Ketika sobat menggunakan beberapa software dari adobe misalnya adobe photoshop. Ada fitur penyimpanan font, brush, dan lain sebagai melalui cloud computing. Tentunya ini sangat membantu kita saat instal adobe di laptop yang lain.


Jika adobe photoshop sudah terinstal maka fitur - fitur yang sudah tersimpan online akan otomatis terinstal di adobe photoshop yang baru tadi. Sehingga akan lebih menghemat waktu kita dalam bekerja, karena tidak perlu setting beberapa fitur adobe photoshop secara manual.


7. Office 365

Aplikasi Office 365 merupakan produk layanan versi cloud computing  dari Microsoft. Tujuan dibuatnya office 365 ini untuk mempermudah penggunanya saat bekerja entah itu di kantor maupun di rumah. Pada aplikasi office 365 terdapat beberapa fitur menarik seperti onedrive, outlook, dan tentu saja office word, excel, power point yang bisa sobat simpan datanya di onedrive. 


8. Amazon Web Services

Amazon Web Services (AWS) merupakan perusahaan penyuplai service cloud yang aman, AWS menawarkan tenaga komputasi, ruangan penyimpanan database berbasis “content delivery network" dan fungsionalitas yang lain yang menolong banyak usaha untuk berkembang dan jalankan program secara baik. Dengan berbagai fitur yang tersedia diharapkan bisa membantu orang - orang yang membutuhkan penyimpanan online.


9. Alibaba Cloud

Alibaba Cloud sebagai pelopor komputasi awan dengan teknologi inovatif, untuk semuanya bidang usaha, terhitung pada bidang e-commerce, financial technology (fintech), dan industri media di Indonesia. Visi alibaba cloud adalah menggerakkan dan menolong usaha di Indonesia supaya terus berkembang dengan memanfaatkan sumber daya usaha dan teknologi digital terkini.


10. Indonesian Cloud

Salah satu penyedia service komputasi awan paling paling dipercaya, handal dan aman. Dengan mengaplikasikan teknologi terbaik yang disertifikasi secara mandiri, memilih beberapa orang terbaik, dan menyebarkan basis cloud di pusat data keamanan paling tinggi di Indonesia. Fitur yang disediakan oleh Indonesia Cloud ini juga lumayan banyak, sobat bisa cek sendiri melalui websitenya.


Penutup

Itulah tadi beberapa contoh aplikasi cloud computing paling populer 2021. Sampai saat ini kira - kira sobat sudah pakai yang mana aja? pastinya praktis dan gampang bukan cara menggunakannya. Semoga artikel di batas bisa memberikan informasi yang sobat dibutuhkan sampai saat ini. Semoga bermanfaat ya.

Belum ada Komentar untuk "10 Contoh Aplikasi Cloud Computing Paling Populer 2021"

Posting Komentar

Iklan Artikel Bawah Judul

Iklan Link Artikel Bawah Gambar

Iklan Artikel Bawah Backlink

Iklan Artikel Bawah Akhir Kata