Iklan Atas Header

Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi di HP Android

Masyundar.com - Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi di HP Android. Terkadang sobat sering mengalami masalah pada hp sobat saat asik bermain hp, entah itu ngegame, nonton video, dengerin lagu, ig-nan dan lainnya. Pernah juga ga, pas mau instal aplikasi di hp android tapi malah muncul peringatan tidak ada ruang penyimpanan alias penuh. Dan yang paling ngeselin, ketika sobat udah hapus semua aplikasi yang ukurannya gede, trus dicoba lagi, masih saja muncul ruang penyimpanan penuh. Tapi tenang disini saya akan mencoba membahas cara membersihkan memori internal  hp vivo, oppo, xiaomi, dan hp android lainnya tanpa menghapus aplikasi.

 

cara-mengosongkan-ruang-penyimpanan-tanpa-menghapus-aplikasi-di-hp-android


Memiliki ponsel dengan mekanisme operasi android benar-benar sangat membahagiakan, bagaimana tidak sebagian besar tipe program bisa dengan gampang sobat unduh dan sobat pasang dengan gratis dari google playstore, tetapi kadang di saat mengambil (unduh) program dari google playstore untuk terpasang pada piranti android tidak selama-lamanya berjalan lancar, ada-ada saja persoalan yang tampil, beberapa masalah atau permasalahan yang kerap dirasakan oleh sebagian besar pemakai android salah satunya muncul pesan ruangan penimpanan habis pada piranti atau penyimpanan yang ada tidak mencukupi.

 

Memori internal merupakan memori bawaan yang telah ada dalam ponsel android, ketika sobat beli ponsel android itu pertama kalinya. Ukuran memori internal  ini tidak bisa diganti, ditambahkan atau dilepaskan karena sudah terpasang dari pabrikan. Jika tidak ada memori eksternal yang dipasang dalam ponsel android yang sobat punyai, maka  memori internal   inilah yang akan pakai oleh ponsel android. Memori internal akan bekerja pada saat sobat melakukan proses penyimpanan file, photo atau dokumen yang lain, karena itu mekanisme operasi android, akan menyimpan file-file itu dalam penyimpanan memori internal.

 

Cara Menghilangkan Tulisan Ruang Penyimpanan Hampir Habis di HP Android

Untuk menangani ruang penyimpanan atau memori internal  pada hp android yang penuh atau kurang, sobat perlu lakukan beberapa hal seperti di bawah ini :

 

1. Hapus Cache Aplikasi

Cache merupakan tempat untuk penyimpanan data sementara yang terletak pada memori internal hp android. Pada dasarnya aplikasi yang akan di instal akan tersimpan memori internal bersama cache data aplikasi. Cache data ini akan digunakan oleh aplikasi tersebut untuk menyimpan data penting yang akan berguna jika aplikasi ini di buka lagi di kemudian hari.

Cache data pada aplikasi ini hanya bersifat sementara yang memiliki waktu kadaluarsa  dan akan terhapus secara otomatis. Setiap aplikasi memiliki cache data, dan jika data yang tersimpan di cache data sudah banyak tentunya akan membuat memori internal hp android sobat menjadi penuh. Akibatnya ketika hp sobat digunakan akan terasa lambat saat dioperasikan, maka sebaiknya melakukan penghapusan cache memori di setiap aplikasi pada waktu tertentu. Untuk menghapus cache memori internal bisa dilakukan secara manual. Langkah menghapus cache data memori internal sebagai berikut :

1. Melalui hp android, buka pengaturan

2. Pilih pengaturan lanjut

3. Pilih pengelola aplikasi

4. Disini sobat akan melihat daftar aplikasi yang sudah di instal, kemudian pilih salah satu aplikasi

5. Pilih cache data, kemudian pilih bersihkan cache

Biasanya file paling besar sebagai penyumbang paling gede yang membuat memori internal  sobat kepenuhan, ialah file cache dari program messenger, atau program chatting sobat seperti WhatsApp atau Telegram. Kemungkinan karena program itu, melakukan penyimpanan cache untuk tiap gambar dan video yang sobat baca di program itu.

 

2. Memindahkan Aplikasi ke Memori Eksternal

Bila sobat berkeberatan untuk meniadakan program yang telah dipasang awalnya pada piranti sobat untuk kosongkan memori, karena itu salah satunya jalan keluar yang dapat dilakukan ialah mengarahkan program ke Sdcard memori eksternal pada piranti android sobat.

 

Memang program yang diinstall dari google playstore akan disimpan di piranti memori internal sehingga makin banyak program yang diinstall memori internal akan penuh, tetapi sobat tidak boleh cemas sebab beberapa program rupanya dapat dipindah ke memori eksternal Sdcard hingga dapat kurangi beberapa kemampuan dari memori internal untuk tersisa cukup ruangan.

Beberapa langkah untuk mengarahkan program ke memori eksternal sebagai berikut ini:

1. Membuka pengaturan

2. Tentukan menu Apps atau pengelolaan program

3. Sobat akan menyaksikan daftar program yang terinstal pada ponsel android sobat, selanjutnya, tentukan program yang sobat ingin alihkan, lalu tap untuk ke arah halaman info program.

4. Silahkan pencet Tombol Move to Sd Card, untuk mengalihkan program itu ke Memori Eksternal Sd Card.

5. Menghapus File, Lagu, video dan foto yang Sudah Tidak di perlukan


Langkah selanjutnya untuk kosongkan memori internal  pada hp sobat dengan meniadakan data photo video yang ada pada hp android sobat. Menghapus data – data yang sudah tidak diperlukan secara berkala di hp android ini perlu dilakukan. Agar kondisi ruang kosong pada penyimpanan internal tetap tersedia.

 

Bisa juga  mengalihkannya ke piranti sdcard memori internal hp android sobat, dengan demikian ruangan penyimpanan internal hp android sobat akan kosong semakin banyak. Hapus atau pindahkan ke pc data music, video, photo dan file yang lain yang tersimpan di piranti penyimpanan sobat ke PC atau netbook.

 

3. Menghapus Pesan SMS, WA yang Sudah Lama

Meskipun langkah ini tidak demikian punya pengaruh pada ruangan penyimpan, minimal cara ini dapat sedikit menolong mengurangi beban performa memori internal  ponsel handphone sobat. Langkah menangani ruangan penyimpanan dengan meniadakan pesan sms yang sudah menumpuk lama. Silakan hapus semua "Pesan SMS" yang ada pada hp android. Membersihkan "Inbox" atau "Pesan" yang ada pada program BBM, WA, LINE, Facebook dan yang lain.

 

4. Memindahkan Lokasi Penyimpanan Hasil Foto Kamera

Hasil photo yang dibuat dari sekali jepret kamera hp android dapat mencapai 5 MB, jika didiamkan ini terus akan berakibat memori internal  ponsel sobat akan cepat penuh. Untuk menangani permasalahan ini cukup melakukan perubahan pada pengaturan kamera seperti di bawah ini :

1. Membuka dahulu program kamera handphone sobat.

2. Mencari tombol pengaturan  lalu tap tombol ini.

3. Selanjutnya mencari menu Posisi Penyimpanan kemudian pilih sdcard.

 

5. Menghapus File Offline Youtube

Untuk pemakai program pemutar video youtube, kemungkinan sobat telah menggunakan dengan fitur saksikan offline video youtube, atau download lebih dulu video yang sobat ingin saksikan, hingga dapat sobat saksikan walaupun tanpa memakai paket internet waktu itu juga. Fitur ini pasti membuat memori internal  sobat berisi oleh beberapa video off line ini hingga cepat penuh. Dengan melakukan pembersihan video offline yang tidak sobat butuhkan kembali waktu itu , akan memberi ruang tambahan kembali untuk memori internal  sobat.

 

6. Mematikan Auto Download pada Aplikasi Whatsapp

Untuk yang memakai whatsApp ini menjadi jalan keluar menangani ruangan penyimpanan penuh. Sebab makin bertambahnya rekanan cukup banyak juga sobat memiliki grup whatsApp. Jika sobat aktifkan auto unduh, karena itu tiap ada media yang terkirim ke sobat akan otomatis disimpan di memori internal . Berikut yang membuat memori penyimpanan kalian cepat penuh. Ruangan penyimpanan penuh umumnya akan mengusik performa hp android itu. Umumnya beberapa program dan file tidak dapat dibuka.


Akhir kata

Demikian artikel diatas tentang cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi pada hp android kesayangan sobat. Semoga artikel ini membantu sobat yang sering mengeluh memori internal penuh, mungkin salah satu solusinya ada di artikel di atas. Selamat mencoba.

Iklan Artikel Bawah Judul

Iklan Link Artikel Bawah Gambar

Iklan Artikel Bawah Backlink

Iklan Artikel Bawah Akhir Kata