Iklan Atas Header

Klik dtks.kemensos.go.id Daftar Online Registrasi, Cek Penerima BLT KPM PKH Rp 3,5 Juta

Masyundar.com - Klik dtks.kemensos.go.id Daftar Online Registrasi, Cek Penerima BLT KPM PKH Rp 3,5 Juta. Kementerian Sosial (Kemensos) melangsungkan pemberian Kontribusi Sosial Tunai (BST) dalam program Keluarga yang menerima Keluarga Penerima Manfaat Keluarga Harapan (KPM-PKH) 2020. Bantuan sosial ini diberi Kemensos ke 10.000 KPM PKH Graduasi yang mempunyai rintisan usaha yang terimbas wabah COVID-19 hingga maksudnya untuk mengurangi beban warga. Pada intinya nanti, dana bantuan sosial tunai untuk modal usaha ini akan ditangani oleh pihak kementerian sosial sendiri.

Klik dtks.kemensos.go.id Daftar Online Registrasi, Cek Penerima BLT KPM PKH Rp 3,5 Juta

Oleh karenanya, kontribusi program kewiraswastaan Kementerian Sosial mengarah target yang lebih detail. Yaitu beberapa KPM-PKH Graduasi yang mempunyai rintisan usaha,kata Menteri Sosial Juliari P. Batubara diambil situs Kemensos. Setiap orang akan mendapat bantuan Rp500 ribu, KPM-PKH Graduasi yang sudah terseleksi akan pendampingan dan bantuan sosial tunai untuk modal usaha sampai sebesar Rp3,5 juta per KPM untuk lebih meningkatkan bisnisnya lebih maju. Hingga keseluruhan anggaran yang telah disiapkan mencapai Rp5 miliar sebagai Bantuan Sosial Insentif Modal Usaha (BSIMU).


Kontribusi ini akan sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang telah terdaftar di program KPM PKH Graduasi di tengah sulitnya ekonomi di masa pandemi. "Rintisan usaha yang diatur KPM PKH Graduasi ini adalah usaha ultra mikro," kata Mensos. KPM PKH Graduasi diartikan ialah mereka yang dalam kelompok miskin dan rawan miskin tetapi graduasi sebab beberapa komponennya tidak penuhi. Mensos mengatakan, tidak seluruhnya warga dengan penghasilan rendah dapat memperoleh kontribusi usaha dari Kementerian Sosial. "Jadi kami tidak mencari data baru.


Kami konsentrasi pada penguatan program KPM PKH Graduasi yang mempunyai rintisan usaha mikro," tutur Mensos. Program kewiraswastaan sosial ini dalam penerapan ada pengiringan dari Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK). Untuk pendamping nanti diberi training hingga mempunyai kapabilitas agar bisa arahkan KPM PKH Graduasi ke arah tingkat yang lebih sejahtera. Yang menerima kontribusi ini adalah warga yang masuk ke Data Terintegrasi Kesejahteraan Sosial (DTKS). Kontribusi ini juga langsung bisa didapat tak perlu lakukan registrasi spesial, dengan persyaratan pendaftar harus tercatat di DTKS.


BLT Modal Usaha Rp3,5 Juta dari Kemensos ini bisa didapatkan tanpa harus mendaftar sebab para penerima adalah yang datanya telah masuk dalam dtks.kemensos.go.id. Berarti tidak ada data baru melainkan ini diambil dari data keluarga penerima manfaat yang sudah di graduasi oleh Kemensos. Setidaknya ada 6 jenis usaha yang wajib Anda tahu yang akan mendapatkan dana bantuan BLT Modal Usaha Rp3,5 Juta ini.†


Baca Juga : Bantuan 1jt Untuk Pelajar dan Mahasiswa 2020, Login pip Kemendikbud go.id


Jenis usaha program KPM PKH Graduasi :

1. Usaha kelontong.

2. Usaha Kuliner.

3.Pedagang.

4. Penjahit.

5. Pertanian.

6. Peternakan.


Syarat BLT Modal Usaha Rp3,5 Juta Kemensos :

1. Warga miskin/ rentan miskin.

2. Anggota KPM PKH yang sudah di graduasi.

3. Memiliki Usaha Mikro.


Cara Cek Peserta DTKS

Klik dtks.kemensos.go.id Daftar Online Registrasi, Cek Penerima BLT KPM PKH Rp 3,5 Juta

1. Masuk ke laman https://dtks.kemensos.go.id/, setelah masuk ke halaman utama pilih ID kepesertaan yang diinginkan. ID kepesertaan bisa menggunakan ID NIK, ID DTKS, atau nomor PBI JK/KIS.

2. Setelah memilih ID, Anda bisa langsung memasukkan Nomor Kepesertaan.

3. Masukkan nama yang sesuai dengan ID yang telah Anda pilih.

4. Selanjutnya, masukkan empat huruf kode Captcha yang tertera di dalam kotak kode.

5. Terakhir klik kotak kode untuk mendapatkan kode baru.

6. Anda dapat melihat apakah Anda termasuk ke dalam daftar beserta DTKS.***

Baca Juga : Berikut 6 Bantuan Sosial (Bansos) di Tahun 2021 yang Wajib Anda Tahu, Siapkan Syaratnya Dari Sekarang

Fungsi dari pendampingan tersebut yakni untuk mendampingi para KPM PKH graduasi untuk meningkatkan kesejahteraan dan mandiri secara ekonomi. Dalam pelaksanaannya nanti, program ini akan ditangani langsung oleh tenaga kerja Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK). Hal tersebut dapat† dipastikan akan ada seleksi untuk mengetahui apakah calon penerima layak menerima bantuan ini atau tidak. Selain akan diberi pendampingan, KPM PKH graduasi akan diberikan uang Modal Usaha senilai Rp3,5 juta untuk meningkatkan usahanya. Uangnya akan ditransfer oleh bank himbara bank BNI.

Baca Juga : NIK KTP Tidak Terdaftar di eform.bri.co.id? Begini Caranya Agar Dana BLT UMKM  Pasti Cair

Akhir Kata

Bila sobat memiliki hak memperoleh BLT Modal Usaha Rp 3,5 Juta dari kemensos ini, proses pencairan dana bantuan untuk modal usaha nanti langsung akan ditemani oleh pendamping KPM-PKH yang sudah dilatih sebelumnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat semua.


Jika sobat ingin mendapatkan info bantuan sosial terbaru, silahkan gabung ke grup facebook INFO BLT, PKH, BST, KIP, BANSOS, BANPRES TERUPDATE INDONESIA agar sobat tidak ketinggalan tentang berita bantuan sosial tunai dari pemerintah yang akan di perpanjang sampai 2021 mendatang.


Sumber :

1. https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-011142818/siapkan-ktp-cek-penerima-bantuan-modal-usaha-umkm-rp35-juta-kemensos-di-dtkskemensosgoid

2. https://fixindonesia.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-361140966/ada-blt-modal-usaha-rp35-juta-dari-kemensos-bisa-cair-tanpa-daftar-segera-cek-di-link-berikut?page=3

3. https://tirto.id/login-dtkskemensosgoid-untuk-cek-daftar-bst-kpm-kph-rp35-juta-f8qv

Belum ada Komentar untuk "Klik dtks.kemensos.go.id Daftar Online Registrasi, Cek Penerima BLT KPM PKH Rp 3,5 Juta"

Posting Komentar

Iklan Artikel Bawah Judul

Iklan Link Artikel Bawah Gambar

Iklan Artikel Bawah Backlink

Iklan Artikel Bawah Akhir Kata