Iklan Atas Header

Bantuan 1jt Untuk Pelajar dan Mahasiswa 2020, Login pip Kemendikbud go.id

Masyundar.com - Bantuan 1jt Untuk Pelajar dan Mahasiswa 2020, Login pip kemendikbud go.id. Lewat program PIP, pemerintah membantu pelajar dan mahasiswa diberi bantuan tunai, agar para pelajar maupun mahasiswa tetap semangat belajar di sekolah maupun di kampus. Program Indonesia Pintar (PIP) ditata dalam Permendikbud Nomor 19 Tahun 2016 mengenai Program Indonesia Pintar. Program PIP disalurkan melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) kemudian dapat dicairkan dalam bentuk uang tunai. Bantuan pemerintah untuk pelajar tentunya akan sangat bermanfaat sekali di masa pandemi virus sekarang ini.

 

bantuan-1jt-untuk-pelajar-dan-mahasiswa-2020-login-pip-kemendikbud-go.id-1

Pip kemendikbud.go.id lewat Kartu Indonesia Pandai (KIP) ialah pemberian kontribusi tunai pengajaran ke anak umur sekolah (umur 6 - 21 tahun) yang dari keluarga miskin, rawan miskin yang diprioritaskan kepada pemilik Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), peserta Program Keluarga Keinginan (PKH), yatim piatu, penyandang disabilitas, korban musibah alam/bencana. Cara cek pip yang sudah cair di artikel ini tentunya akan banyak membantu para anak didik bangsa agar tetap optimis belajar disekolah.

 

Bantuan 1jt untuk pelajar dan mahasiswa ini semoga bisa tersalurkan dengan tepat, karena akan sangat berarti bagi adik - adik kita yang sedang menuntut ilmu dari sekolah hingga sekolah. Disini saya juga membahas cara cek siswa penerima pip 2020, agar sobat bisa mengetahui informasi bantuan ini dengan jelas. Bantuan pelajar mahasiswa kemendikbud dalam proses penyalurannya sudah diawasi oleh lembaga pendidikan, BPK dan BPKP.

  

Berapa Besaran Bantuan PIP per Jenjang Pendidikan ?

Berikut besaran bantuan yang disesuaikan dengan tingkatan pendidikan yang sedang ditempuh peserta didik dikutip tribunpontianak.co.id dari Kemendikbud, diantaranya : 

1. SD/SDLB/Paket A


Semester gasal : Kelas 1 mendapat bantuan sebesar Rp 225 ribu. Kelas 2-6 mendapat bantuan Rp 450 ribu.

Semester genap : Kelas 1-5 mendapat Rp 450 ribu. Kelas 6 mendapat bantuan Rp 225 ribu.

2. SMPLB/Paket B


Semester gasal : Kelas 7 mendapat bantuan sebesar Rp 750 ribu. Kelas 8-9 mendapat bantuan sebesar Rp 375 ribu.

Semester genap : Kelas 9 mendapat bantuan sebesar Rp 375 ribu. Kelas 7-8 mendapat bantuan Rp 750 ribu.

3. SMA/SMALB/Paket C


Semester gasal : Kelas 10 mendapat bantuan sebesar Rp 500 ribu. Kelas 11-12 mendapat bantuan sebesar Rp 1 juta.

Semester genap : Kelas 12 mendapat bantuan sebesar Rp 500 ribu. Kelas 10-11 mendapat bantuan uang sebesar Rp 1 juta. 

Semester genap : Kelas 12 mendapat bantuan sebesar Rp 500 ribu. Kelas 10-11 mendapat bantuan uang sebesar Rp 1 juta. 

4. SMK


Semester gasal : Kelas 10 mendapat bantuan sebesar Rp500 ribu. Kelas 11-13 mendapat bantuan sebesar Rp 1 juta. Semester genap : Kelas 12 mendapat bantuan sebesar Rp 500 ribu. Kelas 10-11 mendapat bantuan uang sebesar Rp 1 juta.

 

 

Cara Cek PIP yang Sudah Cair Untuk Pelajar

bantuan-1jt-untuk-pelajar-dan-mahasiswa-2020-login-pip-kemendikbud-go.id-1

1. Masuk ke laman pip.kemdikbud.go.id

 2. Klik 'Cek Penerima PIP'

3. Masukkan NISN Tanggal Lahir dan Nama Ibu Kandung siswa, untuk orang tua siswa bisa meminta ke siswa berapa NISN dari anaknya.

4. Setelah memasukkan data tersebut, kemudian klik 'Cek Data' 

5. Maka akan muncul nama anak, nama sekolah, tempat tinggal dan bank penyalur


Baca Juga : Klik dtks.kemensos.go.id Daftar Online Registrasi, Cek Penerima BLT KPM PKH Rp 3,5 Juta


Cara Cek Bantuan Pemerintah Untuk Mahasiswa

Selain bantuan pemerintah untuk pelajar, program PIP ini juga menyasar ke mahasiswa yang masih aktif. Untuk sobat yang sekarang ini telah masuk perguruan tinggi untuk melanjutkan jenjang bangku kuliah, maka sobat dapat melakukan cek bantuan pemerintah untuk mahasiswa melalui alamat website kip-kuliah.kemdikbud.go.id. Jika sudah mebuka situs kip-kuliah.kemdikbud.go.id login, maka sobat silakan mengikuti beberapa point syarat untuk mendapatkan bantuan pip mahasiswa dengan jumlah uang tunai 1 juta.

  

Mekanisme Penyaluran PIP

1. Pemastian data peserta didik terdaftar sebagai penerima PIP


2. Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) melakukan proses penyaluran dana kepada masing-masing siswa penerima.


3. Seleksi Bank Penyalur melalui prosedur pemilihan penyedia jasa oleh Puslapdik


4. Penerbitan Surat Penunjukkan Penyedia Barang/Jasa (SPPBJ). Bank penyalur antara lain BRI untuk SD dan SMP, serta BNI untuk SMA dan SMK.


5. Puslapdik dan Bank Penyalur yang ditunjuk melakukan Perjanjian Kerjasama (PKS)


6. Pembukaan rekening penyalur PIP atas nama Puslapdik


 

Cara Mencairkan Dana Bantuan PIP

Bagi yang akan mencairkan dana bantuan PIP, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat pandemi Covid-19 diantaranya :

1. Aktivasi rekening


Hal ini dilakukan oleh Kepala Sekolah yang diberikan kuasa oleh siswa penerima PIP sesuai Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 8 Tahun 2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Program Indonesia Pintar 

2. Pelaksanaan terjadwal


Kedatangan Kepala Satuan Pendidikan ke Bank penyalur dibatasi dan dijadwal

3. Penyerahan dokumen


Dokumen persyaratan dari orang tua atau siswa kepada kepala satuan pendidikan dilakukan secara tidak langsung. Penyerahan dokumen dari/kepada sekolah kepada petugas bank juga dilakukan secara tidak langsung. Siswa yang sedang mengikuti pembelajaran dari rumah tidak perlu pergi ke bank penyalur.

 

Akhir Kata

Mari kita berharap mudah-mudahan bantuan pelajar mahasiswa kemendikbud ini dapat tersalurkan secara jelas dan benar, supaya para  pelajar dan mahasiswa yang betul-betul memerlukan biaya dapat memperoleh bantuan program PIP dari Kemendikbud ini. Semoga artikel tentang Bantuan 1jt Untuk Pelajar dan Mahasiswa 2020, Login pip Kemendikbud go.id bisa bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.


Sumber : 

1. https://pontianak.tribunnews.com/2020/12/17/cara-daftar-bantuan-tunai-1-juta-untuk-pelajar-cek-dapat-pip-login-httpspipkemdikbudgoid?page=4

2. https://www.tasadmin.id/2020/06/cara-cek-pip-melalui-aplikasi-sipintar.html

Iklan Artikel Bawah Judul

Iklan Link Artikel Bawah Gambar

Iklan Artikel Bawah Backlink

Iklan Artikel Bawah Akhir Kata