Iklan Atas Header

15+ Usaha Modal 5 Jutaan yang Menguntungkan bagi Pemula

Masyundar.com -  15+ Usaha Modal 5 Jutaan yang Menguntungkan bagi Pemula. Masa pandemi covid-19 seperti ini membuat banyak orang kehilangan pekerjaannya. Demi bisa bertahan agar dapur tetap mengepul juga menutupi kebutuhan rumah tangga. Perlu di berpikir keras agar tetap ada pendapatan yang masuk, salah satunya lewat peluang bisnis. Untuk itu saya disini ingin berbagi pengalaman tentang bisnis modal 5 juta untung besar yang cocok untuk pemula sekalipun.

15+-usaha-modal-5-Jutaan-yang-menguntungkan-bagi-pemula

Bisnis usaha modal 5 jutaan ini bisa menjadi pilihan terbaik jika sobat saat ini sedang membutuhkan tambahan pemasukan. Untuk itu saya akan berbagi ide tentang usaha dengan modal 5 jutaan yang tentunya berguna bisa menciptakan peluang usaha di desa maupun di kota. Bisnis yang saya bagikan ini juga termasuk kedalam usaha modal 5 juta untuk mahasiswa juga, terutama mahasiswa yang ingin punya tambahan uang jajan.


Modal yang diperlukan untuk dapat mempunyai satu usaha tertentu benar-benar tergantung pada tipe usaha apa yang akan ditekuni. Semakin besar rasio usaha karena itu modalnya akan makin besar tetapi, kebalikannya bila sobat mengawali usaha dari rasio kecil modal yang dibutuhkan pun tidak akan membesar. Peluang usaha modal 5 juta di tahun 2021 juga bisa sobat temukan di artikel bawah ini yaa, jadi pelajari dengan baik – baik.

 

Walau tentu saja rasio usaha akan punya pengaruh ke keuntungan. Tetapi yang harus diingat adalah sekecil apa saja keuntungan yang didapat bila kita konsisten karena itu saat dikumpukan hasilnya bisa banyak juga. Ingat-ingatlah terus jika tidak ada sesuatu hal besar tiada diawali pada hal yang kecil.

 

Semua orang berharap bisa memulai  usaha yang menjanjikan dengan modal kecil entah itu di kota maupun di kampung. Jika sobat saat ini hanya memiliki modal kecil, maka usaha dengan modal 5 jutaan lebih cocok untuk sobat. Saat sudah mempunyai kemauan yang bersungguh-sungguh untuk dapat mempunyai usaha sendiri tetapi terhalang bermodalkan. Tentu saja hal itu tidak lalu jadi satu penghambat. Berikut 15 contoh usaha modal 5 jutaan yang bisa menciptakan peluang usaha di desa maupun di kota :

 

1. Usaha Minuman Kopi

Bisnis yang sedang trend akhir – akhir ini munculnya bisnis café dengan minuman andalan racikan kopi. Bukan rahasia kembali jika kopi jadi salah satunya usaha modal 5 juta yang banyak dilirik oleh banyak orang. Tipe usaha seperti ini sedang booming hingga kesempatannya tentu lumayan besar.

 

15+-usaha-modal-5-Jutaan-yang-menguntungkan-bagi-pemula

Untuk kalangan pebisnis menengah kebawah, bisa dimulai dengan membuat angkringan dengan dengan menyediakan aneka minuman terutama kopi. Ide angkringan yang umum ada di tepi jalan sesungguhnya juga bisa osbat terapkan. Dengan sasaran anak – anak muda yang hobi nongkrong juga kumpul, sangat cocok untuk menjadi target pasar angkringan kopi sobat.

- Mesin kopi: Rp 1.600.000

- Bahan baku (kopi, bubuk cokelat, gula, sirup, dll): Rp 1.300.000

- Peralatan minuman (termos, sedotan, cup, sendok, dan lain-lain) : Rp 800.000

- Banner promosi : Rp 300.000

- Teko listrik: Rp 900.000

- Modal perkiraan : Rp 4.900.000

 

2. Usaha Fotocopy dan Printer

Bila sobat ada di dekat kampus atau dekat sama lembaga perkantoran, karena itu benar-benar dianjurkan untuk coba usaha foto copy dan printer. Banyak yang menduga jika usaha ini memerlukan modal yang besar sekali dan banyak hingga beberapa jadi sangsi untuk mengawalinya.Walau sebenarnya, sobat dapat menyiasatinya dengan beli mesin printer yang sekalian ada fitur copy di dalamnya.


Umumnya tentu menduga harus beli mesin printer sendiri dan mesin foto copy sendiri. Disamping itu, sobat bisa juga menambahkan koleksi dengan usaha jualan alat catat yang lain yang sering dipakai.Dengan demikian, keuntungan yang didapat tentunya semakin lebih besar dibanding cuman buka usaha print copy saja. Sama seperti yang telah disebut awalnya, usaha ini semakin lebih memberikan keuntungan jika domisili di dekat lembaga pengajaran, kantor, atau instansi spesifik.


Tetapi, dengan sobat menambahi beberapa produk seperti ATK, tentu bakal ada beberapa hal yang dapat didapat. Apa lagi bila sobat mempunyai koleksi berjualan yang komplet, karena itu beberapa orang yang akan ketarik. Karena itu tak perlu sanksi coba usaha modal 5 juta satu ini.

- Mesin printer + copy : Rp 2.300.000

- Kertas: Rp 1000.000

- Peralatan ATK : Rp 500.000

- Etalase: Rp 1000.000

- Modal perkiraan : Rp 4.800.000

 

3. Jasa Cuci Motor

Musim hujan telah tiba, pastinya akan banyak orang yang membutuhkan jasa pencucian motor. Banyak orang umumnya malas untuk membersihkan sendiri kendaraan yang mereka miliki. Usaha satu ini tidak memerlukan modal yang besar serta dapat dijangkau cukup dengan uang sekitar 5 juta. Yang paling penting servis yang diberi benar-benar sangat optimal hingga beberapa konsumen setia jadi senang.

sobat kemungkinan dapat memakai ide cuci salju yang sedang ramai belakangan ini. Ide cuci dengan salju sedikit tambah mahal dibanding pencucian biasa, tapi prosesnya lebih bersih, gampang, cepat, dan ringkas.sobat bisa juga menetapkan harga yang semakin tinggi dibanding dengan pencucian biasa.

- Mesin salju: Rp 2000.000

- Sabun cuci motor : Rp 500.000

- Peralatan cuci motor (kanebo, sikat, Spray gun cuci motor, kit, dll) : Rp 300.000

- Modal perkiraan : Rp 2.800.000

 

4. Usaha Roti Bakar dan Martabak

Jajanan yang selalu laris manis di tiap pinggir jalanan, tentu tidak asing lagi bagi kita dengan makanan yang lezat ini. Dimulai dari kelompok remaja, anak sekolahan, sampai mahasiswa rata – rata sangat suka dengan roti bakar dan martabak aneka toping. Roti bakar dan martabak umumnya dibungkus dalam bermacam rasa yang demikian beragam.

 

Usaha ini pun tidak memerlukan modal yang besar. sobat perlu mempersiapkan dana kurang lebih 5 juta dan usaha ini akan berkembang. Untuk belajar membuat roti bakar maupun martabak aneka toping, sobat bisa cek di youtube, disana banyak sekali video tutorial cara membuat roti bakar dan martabak aneka toping. Untuk mencari konsumen, sobat bisa mematok dengan harga diskon dahulu, agar bisnis makanan sobat cepat berkembang.

- Gerobak : Rp 1.500.000

- Kompor gas: Rp 400.000

- Peralatan memasak (spatula, piring, parutan keju, talenan, wajan, pisau, dll): Rp 1.200.000

- Meja dan bangku: Rp 300.000

- Bahan baku : Rp 1.300.000

- Gas : Rp 200.000

- Modal perkiraan : Rp 4.900.000

 

5. Usaha Keripik Singkong

Usaha camilan ringan sejauh ini masih banyak disukai oleh banyak kalangan dari anak – anak hingga dewasa . Faktanya dengan munculnya bermacam tipe camilan dengan macam yang paling bermacam.Kesempatan ini, sobat dapat membuat keripik singkong yang renyah tapi mempunyai cita-rasa khas serta unik. Keripik singkong ialah tipe makanan yang banyak disukai oleh remaja atau orangtua sebab rasa-rasanya benar-benar nikmat.

 

Walau di pasar telah banyak yang membuat keripik singkong, usaha modal 5 juta ini tetap trend sepanjang sobat dapat membuat suatu hal yang lain.Kreasi dapat ditingkatkan melalui macam rasa atau paketannya hingga konsumen berasa berminat untuk menikmatinya.sobat bisa belajar melalui internet seperti grup facebook tentang memasak dan juga video tutorial cara membuat keripik singkong aneka rasa. sobat juga bisa memasarkan via online melalui sosmed dan website.

- Bahan baku singkong dan bumbu : Rp 1.400.000

- Mesin perajang singkong: Rp 300.000

- Alat press: Rp 300.000

- Gas : Rp 200.000

- Kompor gas : Rp 400.000

- Peralatan memasak (spatula, wajan, pisau, dll): Rp 200.000

- Modal perkiraan: Rp 2.800.000

 

6. Jual Pulsa Internet

Jika sobat saat ini sedang ingin memulai bisnis yang mudah dan cepat di kampung maupun dikota, bisa mencoba buka konter pulsa dan kuota internet. Kehadiran konter di wilayah kampung tentu saja tidak banyak, walau sebenarnya jika dibutuhkan banyak orang.Untuk lokasi jualan, agar lebih hemat, sobat bisa membuka bisnis ini di rumah saja, dengan memasang banner untuk memudahkan pembeli mencari konter sobat.

 

Agar barang jualan sobat lengkap dan banyak pilihan, sobat bisa menyediakan voucher, data paketan, isi token listrik, dan bermacam service digital yang lain. Dengan banyaknya layanan yang ada di konter sobat, tentunya akan banyak pembeli yang datang untuk membeli produk maupun jasa yang sobat jual. Jangan lupa untuk selalu ramah dengan konsumen agar mereka ketagihan untuk membeli pulsa maupun voucher internet. Untuk pertama kali membuka usaha ini, sebaiknya beri harga diskon kepada pembeli agar mereka tidak beralih ke konter yang lain.

- Etalase : Rp 1.500.000

- Kartu perdana dan voucher : Rp 2.500.000

- Pemotong kartu: Rp 45.000

- Stand banner : Rp 150.000

- Saldo pulsa: Rp 800.000

- Modal perkiraan : Rp 4.495,000

 

7. Kursus Online

Inspirasi bisnis kursus online di masa pandemi virus corona saat ini sedang menjadi trend didalam masyarakat. Buat sobat yang punya keahlian bisa membuka kursus seputar kuliner, menjahit, kerajinan, dll bisa membuat kursus online di rumah. Bisnis kursus online seperti ini bisa dijalankan oleh ibu rumah tangga maupun karyawan swasta yang ingin memiliki tambahan penghasilan.  Juga bisa dilakukan oleh mahasiswa terutama jurusan komputer yang tentunya memiliki keahlian di bidangnya, seperti desain grafis, desain 3D, pemrograman, dll.

 

15+-usaha-modal-5-Jutaan-yang-menguntungkan-bagi-pemula

Caranya sobat tinggal membuat materi belajar melalui fasilitas video dan e-book. Tetapi optimalkan pemberian materinya berbentuk video,kemudian sobat upload secara online ke website utama dengan dilengkapi fitur member. Buat video kursus secara bertahap mulai dari pengenalan, materi, studi kasus, dll. Pada website sobat terdapat video tutorial dan forum member untuk aktivitas diskusi bersama. Tentunya bisnis pelatihan secara online seperti ini sangat disarankan akan mengurangi kontak langsung antar member, jadi lebih aman dan terhindar dari virus pandemi covid-19.

- Hosting : Rp 950.000

- Domain : Rp 150.000

- Laptop : Rp 3.500.000

- Kamera hp

- Software adobe photoshop, camtasia, dll

- Modal perkiraan : Rp 4600.000

 

8. Warung Sembako

Usaha modal 5 juta selanjutnya adalah buka usaha warung sembako yang hingga saat ini ada banyak dan tidak ada matinya. Bisnis warung sembako di masa pandemi seperti sekarang tentunya sangat laris. Rata - rata di masa pandemi virus covid-19, masyarakat lebih memilih hidup berhemat. Untuk memenuhi kebutuhan pokok cukup membeli di warung sembako, agar tidak banyak menghabiskan uang.Untuk lokasi, jika sobat punya rumah dekat jalan besar, bisa dimanfaatkan untuk jualan bisnis sembako yang selalu laris ini.

 

Sasaran customer sobat cukup tetangga di seputaran komplek rumah. Walau cakupannya kecil, warung sembako modal 5 juta yang akan sobat jalankan sedikit demi sedikit akan memberikan banyak keuntungan.Isi warung sobat dengan beli sembilan bahan dasar pokok dan beberapa barang lain yang umum dicari oleh pembeli. Upayakan beberapa barang di toko sobat sudah lengkap supaya warung cepat ramai oleh pembeli.

 

Disamping itu, sobat perlu memperhatikan harga barang yang sobat jual. Janganlah sampai konsumen jadi malas kembali pada warung sobat serta lebih pilih warung lain karena sobat menempatkan harga yang tinggi. Intinya selalu pantau harga dengan toko sebelah, agar barang sobat tidak kemahalan, selain itu selalu layani dengan ramah dan cepat untuk calon pembeli sobat.

- Sembako (beras,minyak, bumbu, sayuran, dll) : Rp 2.500.000

- Timbangan : Rp 350.000

- Etalase : Rp 1.4300.000

- Minuman sachet : Rp 100.000

- Meja dan kursi : Rp 600.000

- Modal perkiraan : Rp 4.900.000

 

9. Cuci Motor

Banyak orang umumnya merasa malas untuk membersihkan sendiri kendaraan yang dipunyai. Keadaan seperti ini dapat digunakan untuk membuat peluang bisnis baru jasa cuci motor. Usaha satu ini tidak memerlukan modal yang besar serta dapat dijangkau cukup dengan uang sekitar 5 juta. Yang paling penting servis yang diberi benar-benar sangat optimal hingga beberapa konsumen setia jadi senang.

 

Sobat kemungkinan dapat memakai ide bersihkan salju yang sedang trend belakangan ini. Ide bersihkan salju sedikit tambah mahal dibanding pencucian biasa, tapi prosesnya lebih gampang, cepat, dan ringkas. sobat bisa juga menetapkan harga yang semakin tinggi dibanding dengan pencucian biasa. Nanti, keuntungan yang sobat dapatkan dari usaha modal 5 juta ini akan semakin besar.

- Mesin salju: Rp 1.800.000

- Sabun cuci : Rp 200.000

- Peralatan cuci : Rp 300.000

- Modal perkiraan: Rp 2.300.000

 

10. Budidaya Ikan Lele

Bisnis budidaya lele sampai sekarang masih banyak diminati oleh masyarakat yang hobi ternak ikan. Kita ketahui ikan lele adalah tipe ikan air tawar yang gampang untuk di budidayakan di dalam rumah untuk pemula. Beternak ikan lele ini memiliki keuntungan dengan perkembangan yang cepat dibandingkan tipe ikan air tawar yang lain. Bila sobat saat ini sedang cari kesempatan usaha yang mempunyai potensi memberikan keuntungan, maka dapat mencoba dengan budidaya ikan lele di kolam terpal.

 

15+-usaha-modal-5-Jutaan-yang-menguntungkan-bagi-pemula

Jika sobat membutuhkan kolam terpal berkualitas, bisa mengunjungi website berikut www. yuliststore.com. Bermodalkan kolam terpal kotak dan tempat kosong disekitar rumah sobat, telah cukup buat membentuk bisnis kecil budidaya ikan lele bagus untuk konsumsi sendiri di jual ke pasaran. Bisnis budidaya ikan lele dari sekarang sampai nanti termasuk usaha ternak yang menjanjikan di masa depan, jadi memiliki prospek yang bagus.

 

Musim panen ikan lele umumnya dikerjakan sekitar 3 sampai 5 bulan selanjutnya sejak bibit ikan ditebarkan air kolam terpal dengan warna kemerahan. Menguras air kolam lebih dulu untuk memudahkan penangkapan ikan. Sahabat dapat memakai sarung tangan atau serokan besar untuk tangkap hasil panen selanjutnya disetorkan ke pasaran. Sampai saat ini konsumsi ikan lele masih sangat tinggi, sehingga sangat cocok untuk dijadikan peluang bisnis untuk sobat yang hobi suka dengan ikan.

- Kolam terpal kotak ukuran 2x1x80cm @Rp 200.000 jumlah 3 biji : Rp 600.000

- Pakan ikan lele @10.000/ kg jumlah 300 kg : Rp 3000.000

- Bibit ikan lele @100 jumlah 900 ekor : Rp90.000

- Modal perkiraan : Rp 3.690.000

 

11. Usaha Masker Kain

Untuk mengawali satu usaha pasti ada jalinan bermodalkan, anda dapat memakai modal hasil dari tabungan yang anda taruh atau juga bisa ajukan kredit utang bank. Apa lagi saat ini ajukan utang persyaratannya gampang, bahkan juga dapat pinjam tak perlu memberi agunan. Salah satu bisnis yang juga cukup menarik ialah bisnis konveksi atau menjahit.

 

Untuk memulai peluang usaha menjahit ini modal awalnya tidak besar, cuman bermodalkan Rp 5 juta saja bisa jalan. Kebutuhan masker yang sangat mendesak di musim pandemi virus corona sangat meningkat tajam. Sobat bisa memanfaat momen ini untuk memproduksi masker kain dalam jumlah banyak. Jangan lupa untuk promosi ke media sosial, dan ke toko - toko pinggir jalan agar pesanan masker kain terus bertambah.

- Mesin jahit : Rp 3.500.000

- Benang dan jarum : Rp 100.000

- Kain katun : Rp 800.000

- Peralatan Jahit (resleting,meteran pakaian, penggaris ,dll) : Rp 300.000

- Modal perkiraan : Rp 4.600.000

 

12. Jasa Penulis Artikel

Peluang bisnis di dunia online juga tidak kalah menarik dan menguntungkan.Rata - rata para blogger dan situs - situs besar membutuhkan penulis untuk mengisi konten di dalam websitenya. Keterampilan menulis sobat tidak percuma sebab per artikelnya akan memperoleh imbalan sesuai persetujuan. Pasti usaha ini akan memberikan keuntungan sebab tidak membutuhkan modal yang besar.

 

Bagi sobat yang sekarang masih menjadi mahasiswa, atau karyawan swasta akan sangat cocok untuk mengambil peluang bisnis ini. Untuk sobat yang menyukai menulis, seharusnya membuka jasa penulis artikel seperti ini. Untuk pemasaran bisa melalui grup facebook, instagram dan lain sebagainya. Pada intinya peluang bisnis ini cukup menjanjikan terutama di masa pandemi seperti sekarang.

- Notebook : Rp 3.500.000

- Kuota internet : Rp 100.000

- Modal perkiraan : Rp 3.600.000

 

13. Usaha Reparasi Tas

Keahlian menjahit merupakan salah satunya keterampilan yang paling diperlukan di dunia usaha. Sebab banyak usaha khususnya di bagian busana yang memerlukan keterampilan itu. Tetapi untuk sobat yang cenderung pilih jalankan bisnis, dengan keterampilan menjahit ini sobat dapat coba beberapa sektor bisnis seperti usaha penjahitan pakaian atau beberapa barang yang lain.Sobat dapat jalankan bermacam usaha servis atau pembaruan barang busana seperti celana, sepatu dan tas.

 

Pada harga tas baru yang tinggi sekali, karena itu beberapa dari beberapa pecinta tas yang cenderung pilih memperbaiki tas mereka. Dan hal itu adalah kesempatan tertentu untuk beberapa aktor reparasi tas ini. Untuk meniti usaha reparasi tas dapat dikerjakan bermodalkan yang tidak besar, sejumlah Rp 5 juta. Bermodalkan itu, dapat dipakai untuk beli bermacam kepentingan usaha sama seperti yang mesin jahit dan bermacam bahan baku jahit yang lain seperti benang, resleting dan sebagainya.

 

Disaksikan dari kerusakannya, sesungguhnya kerusakan tas yang direparasi tidak begitu susah untuk diperbarui misalnya kerusakan pada resleting, atau sisi kulit tas yang sobek, cantolan tali hancur dan lain-lain. Yang berasal dari banyak hal seperti meredam beban yang begitu berat atau tergesa-gesa dalam buka resleting.

- Mesin jahit : Rp 2500.000

- Peralatan jahit (gunting, pisau, palu, obeng, lem, dll) : Rp 400.000

- Bahan dasar (benang nylon, resleting, busa, velcro) : 700.000

- Bodal perkiraan : Rp 3.600.000

 

14. Bisnis Bibit Tanaman Buah

Kita tahu bahwa Indonesia merupakan negara beriklim tropis menjadikan tanahnya subur yang sangat cocok untuk ditanami berbagai tanaman buah dan pepohonan. Bibit tanaman buah terus diperlukan dalam penuhi keperluan baik itu dari kelompok petani buah sampai orang umum yang ingin mencoba menanam tanaman buah. Terutama bibit tanaman buah favorit seperti kelengkeng, durian, apel, dan lain sebagainya.

 

15+-usaha-modal-5-Jutaan-yang-menguntungkan-bagi-pemula

Untuk sobat yang hobi bercocok tanam akan sangat cocok untuk berbisnis tanaman buah seperti pohon durian, pepaya,, mangga, pisang, dll. sobat bisa juga bekerja bersama dengan petani tanaman buah untuk membeli secara grosir agar mendapatkan bibit tanaman dengan harga yang murah. Pada musim hujan seperti sekarang tentunya akan sangat laris jika sobat mengambil peluang bisnis bibit tanaman buah ini. Sobat bisa menjual bibit tanaman buah ini di pasar lokal, atau bisa juga dengan cara keliling di sekitar desa sobat.

- Bibit tanaman buah : Rp 4000.000

- Keranjang motor : Rp 400.000

- Bensin : Rp 100.000

- Modal perkiraan : RP 4.500.000

 

15. Bisnis Pisang Aroma

Pisang aroma tipe cemilan yang banyak dicintai warga dan telah terkenal sekali di masyarakat. Pisang aroma ini cemilan yang dibikin dari pisang dengan balutan kulit lumpia yang gurih ditambahkan isian coklat atau keju. Rasa pisang yang manis dan renyah membuat semua masyarakat menyukai jajanan pisang aroma. 


Dengan adanya banyak pencinta pisang aroma ini membuat usaha pisang aroma benar-benar memberikan keuntungan jika digerakkan. Kesempatan usaha pisang aroma ini masih terbuka untuk siapa saja yang ingin coba menjalankan bisnis pisang aroma. Apalagi di musim hujan seperti sekarang, kalo makan yang anget – anget itu terasa nikmat jika pas musim hujan.

 

Bila ingin usaha pisang aroma berjalan baik, perlu membuat kreativitas baru untuk memancing ketertarikan warga dalam coba pisang aroma. Buka usaha cemilan ini tidak memerlukan modal besar sebab bahan dan perlengkapan yang diperlukan dapat didapat dalam harga terjangkau. Bila berminat untuk memulai usaha pisang aroma karena itu baca selanjutnya artikel ini.

 

Supaya usaha pisang aroma dapat berjalan secara lancar karena itu untuk proses marketing bisa dikerjakan dengan membuat banner dan memberikan nama unik hingga gampang diketahui warga. Bikinlah banner dengan tulisan yang rapi, dengan dibarengi gambar pisang aroma yang nikmat.

- Gerobak : 1.700.000

- Bahan dasar (pisang, bumbu, minyak, dll) : Rp 600.000

- Peralatan memasak (wajan, sutil, meja, kursi, dll) : Rp 1.100.000

- Alat promosi : Rp 400.000

- Modal perkiraan : Rp 3.800.000

 

Akhir Kata

Itulah tadi artikel tentang usaha modal 5 jutaan yang menguntungkan bagi pemula. Dengan gambaran artikel diatas, semoga sobat tidak perlu merasa ragu untuk bisa membuka usaha dengan modal kecil. Meski modal yang dikeluarkan relatif kecil namun jangan remehkan keuntungan yang tentunya melimpah. Poin terpenting dalam melakukan bisnis modal 5 juta untung besar harus dengan kerja keras serta pantang menyerah dan jangan lupa berdoa maka kesuksesan akan bisa menghampiri sobat. Selamat mencoba, semoga artikel ini dapat bermanfaat ya.

Iklan Artikel Bawah Judul

Iklan Link Artikel Bawah Gambar

Iklan Artikel Bawah Backlink

Iklan Artikel Bawah Akhir Kata