Cara Memperbaiki Google Chrome yang Tidak Bisa Browsing di Laptop atau PC Lengkap 2020

Masyundar.com -  Cara Memperbaiki Google Chrome yang Tidak Bisa Browsing di Laptop atau PC Lengkap 2020. Pengguna internet di Indonesia rata - rata menggunakan browser seperti google chrome, mozilla firefox, opera, dll untuk mencari kebutuhan tentang data di internet. Begitu juga dengan sobat mungkin saat ini sedang melakukan membeli sesuatu di tokopedia melalui browser google chrome dengan memakai laptop atau PC di rumah. Tentunya aktivitas berselancar di internet di jaman sekarang sudah menjadi kebutuhan pokok, terutama di masa pandemi wabah virus covid-19 saat ini.

cara-memperbaiki-google-chrome-yang-tidak-bisa-browsing-di-laptop-atau-pc-lengkap-2020-1

Memang tidak selamanya ketika kita browsing selalu berjalan lancar di laptop atau PC, ada saja masalah itu muncul seperti aplikasi google chrome  tidak bisa dibuka, google chrome tidak bisa browsing, google chrome not responding, dll. Bagi sobat yang sedang terburu - buru mencari data penting, tentunya masalah seperti ini sangat menyebalkan. Untuk itu saya disini akan berbagi cara memperbaiki google chrome yang tidak bisa membuka website di laptop atau PC pada window 7 dan 10 yang akan saya ulas detail dibawah ini.

Google chrome memiliki banyak fitur yang biasa kita gunakan, jika kita sudah login ke gmail maka browser google chrome akan melakukan sinkronisasi ke akun gmail. Seperti fitur bookmark, ekstension,dan settingan lainnya akan langsung muncul di browser google chrome jika kita login lewat gmail. Jadi bisa dibilang google chrome merupakan alat yang sangat penting bagi dunia teknologi untuk kebutuhan seperti pendidikan, bisnis, ilmu pengetahuan dll.

Penyebab Google Chrome Tidak Bisa yang tidak bisa browsing di Laptop atau PC 

Sebelum sobat mempelajari cara memperbaiki google chrome yang tidak bisa browsing di windows 10. Alangkah baiknya sobat pahami dulu kenapa google chrome tidak bisa dibuka di laptop maupun PC. Agar sahabat bisa mengantisipasi kedepan, untuk mencegah terjadinya masalah yang sama pada google chrome, monggo disimak :

1. Hardisk mengalami bad sector

Kesehatan hardisk harus selalu kita perhatikan, apalagi hardisk ini termasuk perangkat keras yang cukup vital. hardisk yang mengalami bad sector biasanya berimbas pada data dan aplikasi, banyak banyak aplikasi yang tidak stabil dan rentan terjadi crash. Jika sobat sedang membuka aplikasi chrome dan terasa lambat bahkan tidak terbuka, ada kemungkinan terjadi masalah pada hardisk.

2. Extension yang terlalu banyak

Jika sobat memasang terlalu ekstension di aplikasi google chrome, biasanya akan rawan terjadi crash. Contohnya aplikasi google chrome ketika di klik sama sekali tidak jalan, tapi jika di cek di task manager, aplikasi google chrome sudah berjalan. Ini disebabkan karena sobat menginstal plugin yang terlalu banyak, yang berakibat kinerja aplikasi ini menjadi berat.

3. Aplikasi google chrome mengalami rusak atau corrupt

Banyaknya virus yang bertebaran di laptop maupun internet kemudian menginfeksi aplikasi google chrome, dan aplikasi lainnya yang mengakibatkan beberapa aplikasi mengalami corrupt. Terutama file berformat .exe, rata rata rentan terkena virus yang menyebabkan aplikasi tidak bisa berjalan dengan baik.

4. Membuka tab browser yang terlalu banyak

Ketika sobat browsing menggunakan laptop atau PC kemudian membuat tab browser yang banyak tentu ini akan menguras tenaga memory RAM dan CPU. Pasti sobat pernah mengalami jika tab browser terlalu banyak akan berakibat browser chrome hang yang berujung pada not responding. 

5. Google chrome dalam proses update

Tidak heran jika kita akan membuka internet dengan google chrome, tapi ternyata tidak bisa. Setelah di cek lewat task manager, aplikasi google chrome ini ternyata sudah berjalan. Kemungkinan besar google chrome sedang melakukan update versi hingga berakibat crash jika koneksi internet dirumah sobat tidak stabil.

Cara memperbaiki google chrome  yang tidak bisa dibuka di Windows 7 dan 10

Jika selama ini soba mengalami gangguan masalah aplikasi browser google chrome di laptop atau PC, tentunya ini terjadi karena beberapa faktor. Berdasarkan pengalaman yang pernah saya lakukan selama browsing di dunia internet, maka akan saya berikan solusinya dibawah ini. Berikut cara mengatasi google chrome not responding di laptop atau PC pada windows 7 dan 10, mari pahami bersama :

cara-memperbaiki-google-chrome-yang-tidak-bisa-browsing-di-laptop-atau-pc-lengkap-2020-1

1. Scan performa hardisk

Hardisk yang mengalami bad sector biasanya ketika berjalan di sistem operasi windows akan terasa lambat. Proses membaca data didalam hardisk akan memakan waktu lama, bahkan ketika kita membuka aplikasi seperti google chrome bisa muncul bluescreen. Solusinya sobat bisa cek kesehatan hardisk menggunakan software hardisk sentinel. Jika sudah sobat cek, kemudian kesehatan hardisk kurang dari 100 persen, maka kemungkinan hardisk sobat terindikasi bad sector atau rusak.

2. Menghilangkan ekstension yang tidak penting

Extension merupakan salah satu fitur gratis yang disediakan oleh google chrome. Fungsi dari extension ini pun banyak, tergantung kebutuhan penggunanya. Tapi terkadang kita tidak sadar bahwa banyaknya extension yang terinstal di browser bisa mengakibatkan rawan crash. Terlebih jika extension yang kita instal tidak cocok dengan aplikasi google chrome bisa berakibat aplikasi tidak bisa dibuka. Solusinya instal extension seperlunya saja.

3. Melakukan scan anti virus pada laptop

Virus windows memang tidak pernah ada habisnya, ada saya orang yang iseng bikin virus yang tentunya bisa merugikan orang banyak. Jika sobat jarang sekali membersihkan virus di laptop, akibatnya virus akan cepat sekali menyebar ke sistem kemudian menginfeksi  aplikasi seperti google chrome. Solusinya segera instal antivirus lanjut di update database antivirus versi yang terbaru. Selanjutnya sobat scan semua drive yang ada di laptop, dan pastikan laptop sobat aman dari virus jahat.

4. Instal ulang kembali google chrome

Aplikasi google chrome yang mengalami crash atau tidak bisa dibuka sebaiknya kembali di instal ulang. Biasanya dengan di instal ulang kembali, google chrome akan kembali normal. Caranya sobat download software google chrome lewat situs resmi google chrome. Kemudian di instal seperti biasa, jangan lupa aplikasi yang lama diuninstal dulu ya.

5. Gunakan google chrome versi lama

Apabila sobat menggunakan aplikasi google chrome versi terbaru tapi mengalami sering not responding atau sama sekali tidak jalan. Solusinya bisa instal kembali software aplikasi google chrome versi lama yang lebih stabil daripada yang terbaru. Jika di coba berjalan lancar, lebih baik pakai yang versi lama tidak masalah. Aplikasi google chrome yang versi lama biasanya dari ukuran softwarenya lebih kecil dan sederhana, jadi sangat cocok untuk komputer dengan spesifikasi rendah.

Akhir kata

Meski aplikasi google chrome termasuk browser yang paling handal, tapi masih saja ada bug yang sering mengganggu banyak orang. Jika artikel tentang cara memperbaiki google chrome yang tidak bisa browsing di laptop atau PC lengkap 2020 diatas masih gagal sobat gunakan, mungkin sobat bisa mencari sumber lain yang lebih cocok untuk mengatasi masalah ini. Semoga bermanfaat dan berhasil yaa.

Iklan Artikel Bawah Judul

Iklan Artikel Bawah Akhir Kata