Iklan Atas Header

Keyboard Laptop Asus Tidak Bisa Mengetik, Begini Solusinya

Masyundar.com - Keyboard Laptop Asus Tidak Bisa Mengetik, Begini Solusinya. Terkadang ketika sobat sedang mengerjakan tugas sekolah maupun tugas kuliah jika ada kendala saat menggunakan laptop jadi menambah pusing aja.Tapi sobat tidak perlu bingung untuk mengatasi hal ini. Sobat bisa mencari solusinya di internet, bagaimana cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak semua. Tentunya banyak sekali solusi akan sobat temukan di mbah google, tinggal cari mana yang mudah untuk di lakukan. Jika memang sobat tidak bisa memperbaikinya, solusi terakhir perlu dibawa ke tunkang servise laptop.

Keyboard Laptop Asus Tidak Bisa Mengetik, Begini Solusinya

Saya sering mendengar keluhan orang – orang yang menggunakan laptop asus. Rata – rata mereka bilang kalo keyboard laptop asus tidak bisa untuk mengetik. Secara fisik bentuk keyboardnya masih bagus dan bersih. Mungkin memang sudah umurnya kali sehingga perlu pergantian part keyboard yang baru. Ada sedikit solusi dibawah ini sebagai petunjuk bagi sobat yang sedang mencari jalan keluar memperbaiki keyboard tapi tidak harus ganti keyboard baru. Karena keyboard baru memang terbilang mahal sehingg cukup menguras tabungan sobat.


Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Semua


Penyebab keyboard laptop tidak berfungsi ini cukup beragam. Saya akan ulas mulai dari faktor penyebab sekaligus cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi semua. Bagi sobat yang kurang mengerti tentang laptop masih bisa menerapkan solusi di bawah ini, monggo dibaca seksama : 


1. Restart Laptop
Pertama restart laptop sobat. Caranya seperti biasa dengan Start Menu lalu Restart atau menekan tombol power selama 5 detik. Jika setelah restart keyboard laptop belum berfungsi, bisa saja kerusakan pada driver keyboard laptop sobat. 


2. Install Ulang Driver
Jika keyboard laptop tidak berfungsi semua, cobalah untuk menginstall ulang driver keyboard laptop sobat. Masuklah ke “Device Manager” dan klik kanan pada bagian driver keyboard. Uninstal terlebih dahulu jika sudah ada, kemudian refresh. Jika sudah, install driver keyboard sobat. Setelah proses diatas selesai, restart komputer sobat. Pastikan sudah mendownload driver lengkap di website asus dengan menyesuaikan spesifikasi laptop sobat. 


3. Cek Keyboard Online

Jika hanya beberapa tombol keyboard sobat yang tidak berfungsi, sobat dapat memastikan tombol mana saja di laptop sobat yang tidak berfungsi dengan aplikasi pengecekan keyboard secara online.

Sobat bisa mengunjungi berbagai alamat aplikasi keyboard online seperti http://en.key-test.ru/atau https://keyboardchecker.com/ . Disana sobat bisa melakukan pengecekan setiap tombol yang ada pada keyboard laptop sobat. Pastikan semua tombol yang ada pada keyboard sobat berfungsi dengan baik. Jika ada salah satu tombol keyboard yang tidak berfungsi, sobat bisa melakukan langkah selanjutnya.


 
4. Bersihkan Debu
Jika dari hasil pengecekan aplikasi keyboard online, ada beberapa tombol keyboard yang tidak berfungsi. Cobalah untuk membersihkan debu pada keyboard laptop sobat.

Keyboard Laptop Asus Tidak Bisa Mengetik, Begini Solusinya

Cara membersihkan keyboard laptop yaitu matikan terlebih dahulu laptop sobat. Lalu coba miringkan dan goyangkan laptop sobat. Pastikan tidak ada kotoran yang mengganjal pada keyboard laptop sobat. Bersihkan juga dengan kuas di sela – sela tombol keyboard agar lebih bersih.

Sobat juga bisa menggunakan vacum cleaner atau penyedot debu ukuran kecil untuk membersihkan keyboard laptop sobat. Selain itu, sobat juga bisa menggunakan selotip-selotip kecil untuk menarik debu-debu yang ada pada keyboard laptop sobat. Hidupkan kembali laptop sobat, dan cek kembali setiap tombol laptop sobat. 


5. Bawalah ke Service Center Asus

Jika sudah melakukan berbagai cara tapi belum ada kemajuan, sobat bisa membawa laptop sobat ke service center. Apalagi jika laptop sobat memiliki garansi. Tapi jika sudah tidak ada garansi, sobat juga bisa ke teknisi servis komputer terdekat atau yang kamu percayai. Teknisi komputer bisa memeriksa dan membersihkan keyboard sobat lebih detail. Pikirlah lebih matang jika dibutuhkan biaya mahal perbaikan atau membeli perangkat baru.

6. Keyboard Eksternal
Jika ada beberapa masalah yang terjadi dan belum sempat ke service center, sobat sementara dapat menggunakan keyboard usb eksternal untuk mengetik. Cara ini terbilang hemat karena harga keyboard usb eksternal ada yang bisa dibeli dengan harga terjangkau. 

7. Keyboard Virtual
Sobat juga bisa memanfaatkan fasilitas yang ada di Windows dengan menggunakan Keyboard Virtual. Cara memencetnya cukup mudah yaitu dengan touchpad atau mouse eksternal. Cara memunculkan keyboard virtual laptop sobat cukup mudah. Jika sobat menggunakan Windows 8 ke atas, sobat cukup mencari On-Screen Keyboard pada Start Menu Sobat.



Akhir Kata

Demikian pembahasan tentang keyboard laptop asus tidak bisa untuk mengetik. Semoga keyboard sobat bisa kembali normal dengan menerapkan solusi di atas. Terima kasih, dan selamat mencoba.

Iklan Link Artikel Bawah Judul

Iklan Link Artikel Bawah Gambar

Iklan Artikel Bawah Backlink

Iklan Artikel Bawah Subjudul