Iklan Atas Header

12 Cara Mengatasi Layar Laptop Hitam Tapi Mesin Hidup dengan Mudah dan Ampuh


Masyundar.com - 12 Cara Mengatasi Layar Laptop Hitam Tapi Mesin Hidup dengan Mudah dan Ampuh. Saat kuliah dulu banyak sekali kendala yang kita di hadapi ketika mengerjakan laporan, entah itu laporan praktikum, laporan tugas, laporan pekerjaan. dll. Biasanya banyak mahasiswa yang mengalami problem dengan laptop, diantaranya laptop yang windowsnya terkena virus, data – data penting yang terformat, layar laptop hitam (blank screen) tapi mesin nyala, hardisk yang tidak terbaca, layar laptop tidak ada tampilan tapi lampu indikator nyala, dan masih banyak lagi kasus kasus seputar laptop lainnya. Biasanya kasus seperti layar laptop hitam tapi mesin hidup pada asus, acer, lenovo, hp dan merk lainya memang sudah umum terjadi.

12 Cara Mengatasi Layar Laptop Hitam Tapi Mesin Hidup dengan Mudah dan Ampuh

Kita tahu laptop merupakan alat eletronik yang rentan dengan kerusakan jika tidak merawatnya dengan baik. Hal yang sederhana saja, seperti debu yang menempel pada keyboard maupun lcd laptop, jika tidak di bersihkan akan membuat laptop terlihat kotor dan tentu saja bisa merusak keyboard sobat.Selain itu agar laptop tetap awet, gunakan laptop dalam batas wajar, jangan sampai terlalu sering untuk lembur karena mesinnya bisa berakibat over heat.


Upayakan untuk rutin membersihkan laptop dengan kuas, kemudian cek kesehatan hardisk, scan dengan anti virus yang sudah di update, dan lain. Selain itu agar laptop tetap awet, gunakan laptop dalam batas wajar, jangan sampai terlalu sering untuk lembur karena mesinnya bisa berakibat over heat. Laptop yang terawat akan banyak memberi keuntungan diantarnya mesin laptop tetap awet, nyaman digunakan ketika mengerjakan tugas atau kerjaan kantor, dan tentunya menghemat biaya pengeluaran perbaikan laptop.


Cara Mengatasi Layar Laptop Mati (No Display) tapi Mesin Nyala dengan Mudah dan Ampuh

Pada artikel kali ini saya akan membahas cara mengatasi layar laptop hitam tapi mesin hidup dengan cara yang mudah dan bisa di coba di rumah sobat. Berikut langkah – langkah dan penyebabnya, mari disimak bersama :


1. Pastikan Panel Display

Jika layar laptop blank tapi mesin masih nyala, bisa jadi panel displaynya rusak. Kita bisa memastikannya dengan cara menghubungkan laptop dengan memasang monitor eksternal.
Apabila layar monitor eksternal menampilkan gambar dan kabel fleksibel normal, bisa jadi memang sumber masalahnya adalah panel display yang rusak.


2. Pastikan Kabel Fleksibel Layar Laptop Tidak Rusak

Layar laptop nyala tapi tidak ada tampilan bisa juga disebabkan karena kabel fleksibel rusak. Sama dengan sebelumnya, anda juga bisa memastikannya dengan menghubungkan laptop dengan monitor eksternal.

Apabila layar monitor eksternal menampilkan gambar, bisa jadi kabel fleksibel laptop rusak. Nah, untuk memastikannya lebih lanjut, anda bisa membongkar laptop dengan hati-hati dan memerhatikan kabel fleksibel yang ada.


3. Pastikan Kondisi VGA

Penyebab lain yang memungkinkan kipas laptop nyala tapi layar mati adalah terjadi kerusakan pada VGA. Jika sampai kondisi VGA rusak, anda harus menghubungi yang benar-benar ahli di bidangnya. Karena dalam laptop, biasanya VGA nya tertanam di Motherboard. Jadi bisa saja solusinya adalah mengganti Motherboard dari laptop anda.


4. Cek Pengaturan BIOS

Kadang-kadang bios berhenti bekerja sehingga bios juga perlu direstart agar dapat berjalan kembali dengan baik. Anda bisa mematikan laptop, lalu mencabut adaptor dan mengeluarkan baterai laptop. Lalu tekan tombol power selama 20 detik untuk menguras baterai. Kemudian hidupkan kembali laptop anda. Jika belum berhasil, coba solusi berikutnya.


5. Cek Kondisi RAM

12 Cara Mengatasi Layar Laptop Hitam Tapi Mesin Hidup dengan Mudah dan Ampuh

Layar laptop mati tapi lampu indikator nyala juga bisa disebabkan karena RAM laptop anda rusak. Biasanya jika RAM tidak mau berjalan akan ada bunyi beep berulang pada laptop anda, namun bisa juga tidak.

Coba bersihkan pin pada RAM terlebih dahulu lalu hidupkan kembali laptop anda. Jika tidak berhasil, coba ganti dengan RAM yang lain misal dari teman anda. Jika berhasil menyala menggunakan RAM yang lain, maka bisa dipastikan RAM laptop anda sudah rusak. RAM sudah rusak tidak bisa diperbaiki, tapi anda bisa menggantinya dengan yang baru. Pastikan juga nomor serinya sama agar tidak terjadi masalah. Pastikan juga untuk melepas RAM lama yang sudah rusak tersebut.


6. Laptop Terlalu Panas

Pernahkah anda merasakan laptop anda terlalu panas lalu tiba-tiba mati. Saat dinyalakan kembali malah laptop tidak mau menyala. Kondisi ini dinamakan overheating. Hal ini bisa disebabkan karena lubang ventilasi pada laptop tertutup kotoran, debu, atau bisa juga laptop anda pada bagian bawah tertutup kain atau alas.

Tunggulah beberapa saat sampai kondisi laptop terasa lebih dingin. Sebagai perawatan, anda bisa membersihkan debu atau kotoran yang ada pada kipas laptop anda. Anda juga bisa menambahkan kipas pada bagian bawah laptop anda.


7. Repair / Instal Ulang Windows

12 Cara Mengatasi Layar Laptop Hitam Tapi Mesin Hidup dengan Mudah dan Ampuh

Apabila sistem operasi mengalami kerusakan atau corrupt, biasanya kita mengalami layar yang ngeblank atau hitam saat akan memasuki sistem. Anda bisa melakukan repair sistem operasi (misalnya windows) jika terjadi kerusakan. Tetapi anda juga bisa melakukan install ulang sistem operasi tersebut. Tetapi jangan lupa untuk membackup data-data, dengan software khusus yaa.


8. Copot Tambahan Hardware

Apabila ada flashdisk yang masih tertancap saat laptop, lalu saat dinyalakan layar laptop mati padahal mesin hidup. Anda perlu mencabut flashdisk tersebut karena mungkin pengaturan booting masih mendeteksi adanya software dalam flashdisk tersebut. Hal ini juga bisa terjadi dengan hardware lainnya.


9. Update driver VGA

Jika anda pernah memasang software terbaru, tapi VGA laptop anda adalah keluaran lama, bisa dipastikan akan terjadi crash dan layar laptop anda menjadi gelap. Anda perlu mengupdate driver VGA anda agar menyesuaikan dengan keluaran terbaru. Jika belum berhasil, anda bisa melakukan solusi berikutnya.


10. Hapus aplikasi yang tidak kompatibel

Tambahan beberapa aplikasi yang tidak kompatibel dengan spesifikasi laptop anda, dapat menyebabkan layar laptop menjadi hitam atau blank. Anda bisa menghapus atau meng-uninstall aplikasi yang tidak kompatibel, lalu menggantinya dengan versi yang lebih rendah. Atau bisa juga mengganti dengan merk aplikasi dengan kemampuan yang sama.


11. Menggunakan Fitur System Restore

System Restore merupakan fitur bawaan dari windows yang berfungsi untuk mengembalikan ke windows sebelum masalah layar mati atau blank terjadi. Caranya dengan masuk melalui run kemudian ketik msconfig kemudian tekan enter. Kemudian sobat akan masuk ke jendela windows system configuration dan lanjut memelilih system restore. Pada jendela system restore pilih tanggal sebelum masalah blank screen terjadi. Kemudian laptop akan restart sendiri, dan tunggu pemulihan system windows sampai selesai. Selanjutnya sobat sudah bisa menggunakan laptop ini dengan lancer dan aman.


12. Masuk ke Safe Mode

Langkah untuk memunculkan ke fitur safe mode, sobat bisa menggunakan tombol F8 beberapa kali sampai monitor muncul menu boot options dilanjutkan dengan memilih fitur safe mode. Setelah masuk ke safe mode,sobat masuk ke menu dan pilih cekdisk pada windows boot options. Kemudian tunggu sampai selesai, proses scan system dan data windows sobat agar data kembali aman dan tidak hilang.


Banyak sekali penyebab layar laptop itu mati, bisa jadi memang layar monitor yang sudah rusak. Mungkin ini saja artikel yang bisa saya sampaikan tentang 12 cara mengatasi layar laptop mati tapi mesin hidup dengan mudah dan ampuh. Semoga bermanfaat sob.




Iklan Link Artikel Bawah Judul

Iklan Link Artikel Bawah Gambar

Iklan Artikel Bawah Backlink

Iklan Artikel Bawah Subjudul