Cara Menggunakan Google Classroom di HP Untuk Siswa dan Guru dengan Mudah

Cara Menggunakan Google Classroom di HP Untuk Siswa dan Guru dengan Mudah

Masyundar.com - Cara Menggunakan Google Classroom di HP Untuk Siswa dan Guru dengan Mudah. Pandemi virus corona atau yang biasa kita kenal covid 19 telah banyak merubah tatanan kehidupan  dunia termasuk sektor di bidang pendidikan. Demi menekan peyebaran virus corona, pemerintah membuat kebijakan dengan merubah aktivitas belajar di rumah. Kegiatan belajar mengajar ini beralih ke sistem online (e-learning), salah satunya yang cukup terkenal yaitu  google classroom. Google classroom adalah platform gratis yang telah di sediakan oleh google untuk membantu para pengajar dan para siswa dalam kegiatan belajar secara online (daring).


Google Classroom memiliki banyak fitur yang lengkap sangat mendukung siswa dan guru melakukan kegiatan belajar sistem online. Google classroom merupakan bagian dari G suite yang terhubung dari aplikasi google yang lain seperti Gmail, Google Drive, Google Doc, Google Slide, dll. Fitur google classroom yang disediakan untuk guru diantaranya membagikan materi pelajaran, membagikan tugas, membuat pertanyaan, mengadakan ujian, membuat pengumuman, berbagi file, dll. Fitur google classroom untuk siswa diantaranya mengakses materi pelajaran, menerima tugas, mengerjakan ujian, mendownload file, tanya jawab interaktif, dll. 


Aplikasi Google Classroom juga memiliki banyak kelebihan di antaranya mudah untuk di pelajari baik untuk siswa maupun guru, selain itu melakukan akses ke google classrom juga terjamin aman. Aplikasi google classroom tersedia untuk perangkat smartphone IOS dan Android. Untuk bisa melakukan belajar online via google classroom, siswa dan guru harus memiliki akun google untuk login terlebih dahulu. Untuk lebih detailnya akan saya bahas lebih lengkap di bawah ini. 


Cara Mengunakan Google Classroom Untuk Siswa

1. Untuk pertama kali sobat yang menggunakan hp android download dulu aplikasi Google Classroom di Google Play Store, kalo di untuk ios bisa mendownload di Apple Appp Store. Kemudian di instal seperti biasa sampai selesai.

2. Setelah aplikasi terpasang, selanjutnya klik mulai. Sobat akan di suruh login menggunakan aku gmail yang sudah tersedia. Kemudian sobat akan masuk ke menu utama google classroom, pada halaman ini sobat memilih menu gabung ke kelas pada tombol plus (+) pada pojok kanan atas.

3. Setelah pilih gabung ke kelas, sobat akan diminta memasukan kode kelas yang sebelumnya di kasih oleh guru atau pengajar sobat. Kemudian sobat akan di antarkan ke halaman kelas dengan muncul keterangan nama kelas dan nama pengajar atau guru sobat.

Cara Menggunakan Google Classroom di HP Untuk Siswa dan Guru dengan Mudah

4. Pilih kelas yang ingin sobat kehendaki, dan sobat sudah siap untuk melakukan kegiatan belajar dengan sistem online (daring). Disini sobat bisa mendownload materi yang sudah disediakan oleh guru. Sobat juga bisa berinteraksi dengan guru sobat, seperti berkomentar tentang materi, mengirim hasil tugas, bahkan sampai ujian online.


Cara Menggunakan Google Classroom Untuk Guru

1. Sobat melalui hp android download dan instal dulu aplikasi google classroom di Google Play Store. 

2. Kemudian sobat login menggunakan akun gmail yang sudah ada. Pada tombol plus (+) di pojok kanan atas pilih menu membuat kelas, kemudian isi lengkap seperti Nama kelas, Bagian, Mata pelajaran, dan Ruang selanjutnya klik Buat. Maka nanti sobat akan di antarkan ke kelas yang sudah sobat buat untuk melakukan daring belajar mengajar.

Cara Menggunakan Google Classroom di HP Untuk Siswa dan Guru dengan Mudah

3. Selanjutnya sobat sebagai guru bisa mengundang para siswa yang ingin masuk ke kelas sobat dengan cara klik pada pengaturan kelas di pojok kanan atas berbentuk mirip rantai. Kemudian pada kode kelas, sobat copy kode tersebut dan di share ke grup kelas sobat misalnya di whatsapp maupun aplikasi media sosial yang lain.

4. Sobat juga bisa membuat materi dengan cara klik pada tugas kelas di bagian bawah, kemudian klik tombol plus (+) pada kanan bawah dan pilih menu materi. Kemudian isi judul, diskripsi, dan topiknya. Sobat juga bisa menambahkan lampiran seperti dokumen word maupun pdf agar bisa di download para murid nantinya.

5. Untuk membuat tugas, sama seperti membuat materi, sobat klik pada tombol plus (+) dan pilih menu tugas. Kemudian isi judul, poin dan batas waktu pengerjaan tugas.

6. Sobat juga bisa membuat pertanyaan baik essay maupun ganda. Caranya dengan mengklik tombol plus (+) pada kanan bawah, dan memilih menu pertanyaan. Fitur pertanyaan ini juga bisa di jadikan sobat untuk membuat ujian online dengan bentuk pilihan ganda.

7. Sebagai pengajar tentunya sobat juga harus bisa membuat nilai hasil dari tugas maupun pertanyaan yang sudah di jawab para siswa. Sobat bisa menambahkan nilai melalui menu anggota, kemudian pilih siswa yang di tuju dan lanjut ke menu nilai untuk menambah maupun mengedit nilai yang akan di berikan ke siswa.


Aplikasi Google Classroom ini tentunya sangat bermanfaat sekali di masa pandemi wabah virus covid 19 apalagi tanpa di kenai biaya alias gratis. Sampai sekarang pun kita tahu bahwa sekolah masih di liburkan, dan kegiatan belajar mengajar masih bertahan dengan sistem online. Semoga wabah virus ini segera berakhir, dan semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk sobat yang sedang kesulitan melakukan belajar dengan sistem online (e-learning).

Iklan Artikel Bawah Judul

Iklan Link Artikel Bawah Gambar

Iklan Artikel Bawah Backlink

Iklan Artikel Bawah Akhir Kata