15 Lomba 17 Agustus Unik dan Lucu Terbaru Lengkap 2020

Masyundar.com - 15 Lomba 17 Agustus Unik dan Lucu Terbaru Lengkap 2020. Tanggal 17 Agustus merupakan tanggal yang sakral bagi rakyat Indonesia, karena merupakan hari ulang tahun Republik Indonesia. Momen ini biasanya disambut dengan meriah di berbagai daerah. Berbagai persiapan dalam penyambutan 17 Agustusan yang dilakukan masyarakat biasanya mengecat bangunan, memasang umbul-umbul bahkan lomba-lomba. Hal ini untuk memeriahkan hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia. Selain di isin dengan perlombaan, di penghujung malam 17 agustus biasanya diakan kegiatan tirakatan untuk mengenang jasa para pejuang tanah air tercinta ini.

15-lomba-17-agustus-unik-dan-lucu-terbaru-lengkap-2020

Dari jauh – jauh hari para pemuda Indonesia sudah mempersiapkan hari kemerdekaan Indonesia. Biasanya kalau di kampung saya ada pertemuan untuk membahas apa saja agenda untuk menyambut hari kemerdekaan RI. Mulai di awal bulan agustus rata – rata tiap dusun sudah mulai mengadakan berbagai lomba yang di meriahkan oleh anak –anak, pemuda dan orang tua. Ada juga pemuda yang bertugas menghias mulai dari gapura, jalan kampung, dan juga lapangan yang di persiapkan untuk kegiatan lomba. Dekorasi kampung dengan tema 17 agustus ini bisa menjadi bukti bahwa tiap pemuda memiliki rasa cinta tanah air dan jiwa patriotisme.


Mungkin sobat disini butuh inspirasi, apa saja lomba yang akan di persiapkan nanti. Sedikit akan saya ulas di bawah ini tentang berbagai lomba yang unik, lucu dan pastinya hemat biaya. Untuk pembagian hadiah biasanya akan dibagikan pada malam tirakatan acara 17 agustus. Pada malam tiratakan ini biasanya di isi dengan pentas seni dan nonton bareng film dokumenter perjuangan melawan bangsa penjajah di jaman itu. Sobat bisa meniru kegiatan lomba ini untuk di terapkan di kampung sobat agar momen 1 Agustus tidak terlewatkan begitu saja.

Macam - macam Lomba 17 Agustus yang Unik dan Lucu Lengkap 2020

Berikut beberapa ide tentang kegiatan lomba yang biasanya di adakan pada bulan 17 Agustus. Lomba pada masa pandemik virus Covid – 19, kita tetap harus mengikuti protocol kesehatan, agar bisa terhindar dari virus corona yang berbahaya ini. Monggo di simak bersama :

1. Lomba Memakan Kerupuk dengan Tali

Jadi lomba ini seperti makan kerupuk pada umumnya, tapi bedanya adalah ujung tali satunya dikaitkan dengan kaki. Biasanya peserta dalam posisi duduk, tangan ditali atau sekedar diletakkan dibelakang, nah ujung tali yang satu untuk menali kerupuk dan ujung lainnya dikaitkan dengan jari kaki. Jadi, jika kaki turun maka kerupuk akan naik. Lomba ini cocok untuk siapa saja, termasuk ibu-ibu, bapak-bapak, dan juga anak-anak.

2. Lomba Balap Karung Menggunakan Helm

Balap karung dengan berdiri sudah biasa, coba adakan balap karung dengan diikat dan kepala menggunakan helm. Fungsi helm tentu saja untuk keamanan kepala. Tapi serunya adalah ketika karung yang cukup kecil hanya muat untuk posisi jongkok saja. Jadi pasti seru melihat lomba balap karung menggunakan helm. Eits jangan lupa, untuk sediakan pendamping untuk masing-masing peserta. Lomba ini cocok untuk siapa saja mulai dari anak-anak bahkan orangtua sekalipun.

3. Lomba Menangkap Unggas dengan Mata Tertutup

15-lomba-17-agustus-unik-dan-lucu-terbaru-lengkap-2020

Lomba ini tak kalah seru dan sangat menghibur para penonton. Unggas yang digunakan seperti bebek, ayam maupun entok. Cara mainnya cukup sederhana. Sejumlah peserta diletakkan ditengah, lalu tepinya diberi pagar. Lalu mata peserta ditutup menggunakan slayer atau kain sejenisnya. Lalu unggas dilepaskan dikerumunan peserta. Siapa cepat dia dapat. Tapi bayangkan menangkap tanpa melihat, bisa bisa menangkap kaki orang lain.

4. Lomba Sepak Bola dengan Corong

Main bola tentu saja sudah biasa. Tapi bagaimana kalau kepala diikat dengan corong ? Pasti pandangan menjadi sempit karena hanya bisa melalui lubang ujung corong. Aksi konyol peserta bakal banyak sobat temukan disini, yang bisa membuat sobat tertawa bahagia. Agar bisa memenagkan lomba ini, dengan cara mencetak gol terbanyak.

5. Lomba Sepak Bola Terong

Main bola lagiii.. tapi kali ini menggunakan terong. Cukup menggunakan bola plastik lalu terong diikat dengan tali menjuntai hingga mata kaki. Jadi cara menggerakkan bola adalah dengan menganyunkan terong untuk mengenai bola dan mencetak gol. Pemain manapun hanya boleh menggunakan terong. Lomba ini sangat seru kalau dilakukan oleh orang dewasa.

6. Lomba Rias Suami Istri

Seorang istri mungkin sudah biasa merias diri. Tapi apa jadinya kalau istrinya dirias oleh suaminya sendiriBayangkan saja muka istri yang seharusnya makin cantik tapi harus dirias oleh suami sendiri. Make up aja jarang nyentuh kok harus makai macam-macam make up apalagi dirias ke muka istri.

7. Lomba Voli dengan Net Tertutup

Aturan mainnya sama seperti bola voli seperti biasanya. Hanya saja net ditutup ditutup full sampai bawah, biasanya menggunakan terpal. Jadi lawan tidak tau darimana bola berasal. Kalau lawan lebih pintar main voli, bisa-bisa kena kepala kita. Pengen lebih seru lagi, coba pemain diharuskan memakai sarung. Dijamin seru dan banyak menghibur penonton yang sudah hadir di acara lomba tersebut.

8. Lomba Memindahkan Tepung

Nah lomba ini yang bikin peserta bisa berubah warna. Biasanya peserta duduk baris dari depan ke belakang. Lalu masing masing membawa wadah. Lalu peserta dari depan memindahkan tepung lewat atas kepala. Nah, kalau pas di wadah sih bagus, gimana kalau sampai terlempar ke belakang ? Pasti bisa kena muka teman setimnya dong. Pengen lebih seru lagi? Gak usah pakai wadah deh. Coba hanya menggunakan cakupan tangan, pasti bocor itu tepungnya.

9. Lomba Menangkap Belut

Sobat sudah tau pasti reaksinya jika pegang belut, pasti susahkan. Tubuh belut yang licin ini bisa menjadi ide sobat untuk mengadakan lomba menangkap belut. Jika di daerah sobat ada kolam bekas ikan, bisa di coba nih lomba menangkap belut, tentunya yang paling banyak berhasil mengkap belut yang menang. Selain untuk lomba tentunya saja acara ini pasti sangat meriah lucu dan menyenangkan. Sobat bisa memilih peserta dari anak - anak, remaja, bahkan bapak atau ibu - ibu untuk memeriahkan lomba ini.

10. Lomba Futsal Pakai Daster

15-lomba-17-agustus-unik-dan-lucu-terbaru-lengkap-2020

Jaman sekarang siapa sih yang ga suka futsal, terutama anak - anak muda jaman milineal tentuna sangat suka olah raga ini. Lapangan futsal di kota - kota besar sudah disediakan untuk sobat yang hobi main futsal baik bersama teman kuliah maupun rekan kerja. Di momen Agustusan ini sobat bisa membuat lebih kreatif untuk lomba turnamen futsal misalnya. Sobat bisa membuat pesertanya bapak - bapak dengan tim futsal antar RT dengan menggunakan baju daster. Pastinya ini akan seru banget, bayangkan saja bermain futsal pakai daster, tentunya ini akan membuat penonton tertawa puas.

11. Lomba Lari Sambil Gendong Isteri

Di kampung sobat udah pernah belum ini, lomba yang pesertanya suami isteri. Salah satu yang paling sering diadakan adalah lomba lari dengan menggendong isteri masing - masing. Tentunya ini bakalan rame ya sob, suami yang sudah susah payah menggendong isteri masih harus lari untuk sampai ke garis finish. Ada juga yang ga bisa endong isterinya karena terlalu berat dan bahkan terjatuh akibat terlalu berat membawa beban tubuh isterinya. Pastinya penonton akan terhibur dengan aksi lucu para suami dan istri saat mengikuti lomba ini.

12. Lomba Gigit Koin

15-lomba-17-agustus-unik-dan-lucu-terbaru-lengkap-2020

Buat anak - anak terutama yang masih SD tentunya masih polos dan bikin ketawa jika mengikuti lomba gigit koin di buah semangka yang di olesin pake oli. Lomba gigit koin ini sudah ada sejak saya masih kecil, tapi sampai sekarang masih jga banyak yang mengadakan lomba ini. Cara membuatnya sobat bisa menggunakan buah pepaya atau buah semangka kemudian dibagian luar di tancapi koin - koin 100 rupiah sampai 1000 rupiah sampai sekeliling buah sudah ada koin yang menancap. Selanjutnya buah ini di  gantung dengan tali dan di atur ketinggiannya sesuai mulut bocah SD. Saat lomba dimulai, bocah SD ini diikat tangannya kebelakang dan ditutup mata, selanjutnya menggigit koin yang sudah ditancapkan di buah tadi. Siapa yang mendapatkan koin paling banyak pastinya dia yang menang. Lihat saja pasti kita ketawa melihat tingkah bocah - bocah SD menggigit koin sampai belepotan oli.

13. Lomba Minum Pakai Dot Bayi

Lomba dengan peserta suami istri yang tak kalah serunya yaitu lomba minum susu pakai dot bayi. Dot bayi biasanya di gunakan untuk memberi minum asi ke bayi agar tidak tersedak. Coba kalo yang minum pakai dot ini suami dan dipangku istrinya, dengan malu - malu si suami menghabiskan susu didalam dot tersebut. Siapa yang paling cepat habis minum susunya tentu pasang suami isteri inilah yang akan menang. Penonton yang ada disekitarnya pasti akan banyak yang tertawa melihat lomba ini yang menjadi agenda tahunan acara lomba 17 agustus kemerdekan Indonesia.

14. Lomba Rias Mata Tertutup

Lomba yang cocok untuk ibu -  ibu biasanya lomba merias wajah dengan mata tertutup.  Lomba ini biasanya dalam bentuk tim yang terdiri 2 orang ibu - ibu. Bagi yang merias di tutup matanya, kemudian caranya di rias bagian wajah. Yang menarik disini jika tidak focus maka, hasilnya belepotan seperti di coreng – coreng wajahnya. Tentunya ini cukup menhibur para penonton lomba agustusan.

15. Lomba Estafet Air Pakai Baskom

Lomba ini terdiri dari beberapa tim misalnya antar RT. Biasanya pesertanya ibu – ibu atau bapak – bapak dengan anggota tim sekitar 5 orang. Cara melakukan lomba ini, 5 orang jongkok secara berurutan kedepan dan belakang, kemudian air yang ada di ember paling depan diambil dengan cara estafet diambil pakai baskom kemudian diangkat ke atas kepala dandituangkan ke belakangnya sampai air masuk ke ember paling belakang peserta. Jadi intinya memindahkan air dari depan ke belakang. Yang bikin rame rata – rata pesertanya pada basah kuyup kena air yang pada tumpah. Intinya ini butuh kerjasama tiap anggota tim agar bisa berhasil dan memenangkan lomba ini. Pastinya seru dan meriah jika sobat mengadakan lomba ini di kampung sobat biar suasan 17 agustus semakin menyenangkan.


Inilah beberapa ide yang bisa sobat gunakan untuk mengisi kegiatan acara menyambut hari raya kemerdekaan Indonesia yang ke 75. Mari ramaikan momen special kemerdekaan Indonesia dengan hal – hal yang positif dan bermanfaat untuk menjadikan Indonesia lebih maju. Terima kasih.

Iklan Artikel Bawah Judul

Iklan Link Artikel Bawah Gambar

Iklan Artikel Bawah Backlink

Iklan Artikel Bawah Akhir Kata