Cara Membasmi Rumput Liar di Halaman Rumah dengan Roundup


 Masyundar.com - Cara Membasmi Rumput Liar di Halaman Rumah dengan Roundup. Rumput liar seperti teki, ilalang, semak belukar dan gulma sejenis lainnya sering tumbuh sembarangan di halaman rumah, pekarangan, ladang, kebun, dan lain - lain. Munculnya rumput ini tentunya sangat menganggu kita ketika menikmati taman halaman rumah misalnya. Selain itu kehadiran gulma yang tumbuh sembarangan bisa mengganggu bahkan merusak tanaman buah atau hias yang kita tanam.Gulma ini tumbuh dengan cepat dengan cara menyerap nutrisi dari  tanaman sobat yang bisa mengakibatkan tanaman mati.

cara membasmi rumput liar di halaman rumah dengan roundup

Rumput liar apapun itu jenisnya jika sudah tumbuh banyak akan sulit untuk di basmi. Ketika kita sudah berusaha untuk membersihkannya dengan cara memotongnya dan juga mencabutnya. Tapi kita tahu cara seperti ini kurang efektif karena masih saja ada akar yang tertinggal di dalam tanah. Maka dengan cepat akar - akar rumput liar tadi dalam hitungan minggu sudah mulai tumbuh kembali, apalagi jika waktunya di musim hujan.


Metode membasmi rumput liar yang cukup efektif dan efisien bisa dilakukan dengan menggunakan bahan kimia seperti herbisida. Penggunaan herbisida salah satunya dengan roundup memang sudah terbukti ampuh bisa mematikan jika sudah di semprotkan pada rumput liar setelah beberapa hari sampai 1 minggu dari daun yang menguning kemudian mati. Proses kerjanya ketika cairan herbisida di semprotkan pada daun gulma kemudian masuk ke jaringan sampai ke akar sehingga bisa mencegah rumput liar tumbuh kembali. Lebih lengkapnya akan saya ulas cara menggunakan roundup dibawah ini, agar sobat bisa lebih paham.


Roundup merupakan herbisida dengan komposisi bahan aktif glifosat yang di proses dengan teknologi biosorb yang sudah teruji. Cairan roundup berkerja sangat baik masuk kedalam gulma setelah disemprotkan sekitar 1 jam, selain itu juga lebih tahan terhadap air hujan. Berikut langkah - langkah cara membasmi rumput liar menggunakan cairan roundup, monggo di simak baik - baik :

1. Persiapan alat dan bahan
Harga obat roundup ukuran 200ml cukup murah, yakni sekitar Rp 20.000,- sedangkan tabung penyemprotnya ukuran 1 liter dengan harga Rp 8.000,- .Menurut saya ini adalah solusi hemat untuk sobat yang ingin mendapatkan hasil maksimal tapi dengan budget yang murah. Untuk keselamatan saat melakukan penyemprotan sebaiknya sobat menggunakan diantaranya masker agar terhindar dari terhirupnya bahan kimia roundup, sarung tangan agar melindungi dari kontak langsung cairan roundup, dan sepatu boot agar kaki kita tidak terkena obat roundup.

2. Membuat takaran penyemprotan
Cara pakai roundup yaitu siapkan terlebih dahulu roundup, air air secukupnya, dan botol semprotan air. Untuk takaran roundup caranya tuangkan cairan roundup secukupnya, kira - kira 2 takaran tutup botol roundup dengan 1 liter air ke dalam botol semprotan air. Sobat bisa menggunakan corong untuk menuangkan roundup dan air agar tidak terjadi tumpah. Kemudian lakukan pengocokan pada botol semprotan air yang sudah terisi cairan roundup tadi agar bisa tercampur dengan merata. Menurut saya campuran roundup agar rumput cepat mati bisa mengikuti cara ini ya.

cara membasmi rumput liar di halaman rumah dengan roundup

3. Lakukan penyemprotan
Setelah botol semprotan sudah siap, waktunya melakukan penyemprotan. Sobat bisa menyemprotkan cairan roundup ke rumput liar yang mengganggu terutama bagian daunnya secara merata. Jika perlu, ulangi kembali proses penyemprotan pada gulma hingga tidak ada yang terlewatkan. Untuk hasil yang optimal sebaiknya lakukan penyemprotan pada pagi hari sebelum munculnya sinar matahari, agar obat yang di semprotkan tidak langsung mengalami penguapan. Jika akan terjadi hujan sebaiknya di tunda dulu, karena air hujan yang turun bisa menyapu cairan roundup yang sudah disemprotkan ke rumput liar.

cara membasmi rumput liar di halaman rumah dengan roundup

4. Pantau hasil penyemprotan
Jika sobat sudah selesai melakukan penyemprotan rumput liar tadi, kini tinggal menunggu waktunya rumput liar tersebut kering dan mati. Menurut pengalaman saya, pada hari ke 3 setelah penyemprotan, daun pada gulma akan berwarna kuning dan setelah 1 minggu rumput liar berwarna coklat bahkan sudah mati. Kemudian di minggu ke 2 rumput liar ini akan mengering, sehingga sobat bisa membersihkannya dengan mudah. Berapa lama rumput mati setelah disemprot roundup? dari proses yang saya lakukan, rumput akan mati total dengan waktu sekitar 2 minggu. Untuk rumput yang tumbuh dekat tanaman, sebaiknya di hindari melakukan penyemprotan, karena jika mengenai daun tanaman yang kita tanam bisa berakibat mati juga.


Akhir Kata

Agar rumput - rumput liar tidak tumbuh kembali, sebaiknya sobat lakukan penyemprotan dengan cairan roundup selama 3 bulan sekali. Tentunya dengan menggunakan penyemprotan merk roundup ini bisa memberi manfaat salah satunya membasmi gulma dengan mudah dan biaya yang sangat murah. Semoga artikel ini bermanfaat ya, terima kasih.

Iklan Artikel Bawah Judul

Iklan Artikel Bawah Akhir Kata