Iklan Atas Header

Tips Menyelamatkan Diri dari Tanah Longsor dan Cara Mencegahnya

Masyundar.com - Tips Menyelamatkan Diri dari Tanah Longsor dan Cara Mencegahnya. Tanah sendiri merupakan bagian dari ekosistem alam yang memiliki peran sangat penting sebagai tempat untuk kehidupan seperti tumbuhan, hewan dan manusia. Selain itu tanah juga memiliki manfaat untuk lahan pertanian, bhan baku indrustri gerabah dan juga sebagai sumber engeri. Tanah berasal dari proses pelapukan batuan dengan bantuan organisme membentuk lapisan - lapisan yang kemudian menutupi permukaan bumi. Proses pembentukan tanah ini membutuhkan waktu yang lama bahkan jutaan tahun dengan penyebab diantaranya faktor iklim dan aktivitas makhluk hidup.

Tips Menyelamatkan Diri dari Tanah Longsor dan Cara Mencegahnya

Bencana tanah longsor bisa terjadi di wilayah berbentuk lereng atau tebing yang mengalami pergerakan longsoran berupa tanah, bebatuan atau material lainnya. Proses ini terjadi karena adanya gangguan keseimbangan pada struktur tanah yang disebabkan oleh air mengalir masuk ke dalam bagian lapisan tanah kedap air yang memiliki peran sebagai area pergeseran atau longsoran. Tanah longsor biasanya berisi material seperti tanah lumpur, batuan, air, dll dengan kecepatan bergerak yang beragam. Dampak dari bencana tanah longsor ini tentunya banyak merugikan seperti mengakibatkan korban jiwa, kehilangan harta dan tempat tinggal.


Tanda - Tanda Terjadinya Tanah Longsor

Setiap akan datang musim hujan, pemerintah selalu menghimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dan belajar mengenali tanda - tanda munculnya bencana tanah longsor. Berikut beberapa ciri akan terjadi longsoran tanah yang bisa sobat pelajari untuk mengenali tanda - tanda akan terjadi bencana tanah longsor, monggo disimak :

1. Terdapat retakan memanjang pada tanah yang jika di amati terlihat amblas

2. Tebing terlihat rapuh dan pepohonan disekitar lereng tampak berdiri dengan posisi miring

3. Terjadinya hujan lebat dengan intensitas yang tinggi berakibat longsor

4. Terdengar suara gemuruh yang berasal dari pergerakan tanah

5. Air sungai yang berubah warna menjadi keruh bisa terindikasi adanya longsoran tanah


Bagi sobat yang berada di wilayah rawan terjadi longsoran tanah bisa mempelajari tanda - tanda diatas, agar terhindar dari ancaman longsoran tanah secara tiba - tiba.


Penyebab Terjadinya Tanah Longsor

Ada banyak sekali faktor penyebab terjadinya tanah longsor yang perlu dipahami oleh sobat yang memang tinggal di daerah bertebing atau lereng seperti wilayah kaki pegunungan. Mari kita simak beberapa pemicu terjadinya tanah longsor di bawah ini :

1. Tebing yang curam dan terjal
Air yang mengalir terus menerus di sekitar lereng akan membentuk sebuah tebing melalui terjadinya pengikisan berulang kali hingga bisa mengakibatkan longsoran tanah.

2. Lereng hutan gundul
Hutan dan pepohonan sekitar lereng memiliki manfaat untuk menyimpan air dan menahan struktur tanah. Jika kita menebang secara sembarangan jelas akan menjadi gundul yang bisa menimbulkan tanah longsor.

3. Tingginya curah hujan
Tingginya aktivitas hujan yang tinggi ini juga bisa menjadi pemicu longsoran tanah. Berawal dari musim kemarau yang panjang di sekitar lereng yang mengalami kekeringan hingga muncul retakan tanah. Saat tiba musim hujan, air dengan cepat mengisi retakan tanah tersebut kemudian terjadilah bencana tanah longsor.

4. Adanya erosi tanah
Air yang berasal dari hujan atau sungai yang mengalir, bisa mengikis tanah disekitarnya yang memunculkan erosi atau pengikisan pada tanah. Akibatnya tanah longsor di area sekitar sungai atau lereng lama - lama akan terjadi.

5. Getaran dari kendaraan
Kendaraan yang melintas disekitar wilayah lereng pegunungan bisa memicu longsoran tanah. Perlahan - lahan tanah yang dilewati mengalami retakan dan amblas, jika dibiarkan akan berakibat bencana tanah longsor.


Cara Menyelamatkan Diri dari Tanah Longsor

Sampai sekarang bencana tanah longsor dan banjir masih menjadi ancaman berbahaya bagi kita yang tinggal di wilayah beriklim tropis di Indonesia. Hujan yang terus terjadi secara terus menerus akan menimbulkan bencana besar seperti tanah longsor. Untuk menekan bertambahnya jumlah korban, kita bisa ikut beberapa tips berikut ini :

1. Meringkuk jika tidak sempat menyingkir
JIka sobat tidak sempat menghindari datangnya tanah longsor bahkan terjebak saat bencana terjadi. Tetap diam ditempat kemudian lakukan posisi badan menggulung seperti trenggiling yang sangat berguna untuk melindungi kepala sobat dari benturan benda tajam atau keras.

2. Segera menyingkir dari lokasi tanah longsor
Ketika sobat berada di luar ruangan, dan punya kesempatan untuk menyingkir maka lakukanlah dengan cepat. Berusaha mencari lokasi yang aman dan terhindar dari jalur longsoran tanah.

3. Mengungsi ke tempat yang lebih aman
Beberapa wilayah rawan bencana longsoran tanah biasanya ada peringatan evakuasi jika terjadi bencana. Sebaiknya sobat jangan abaikan peringatan ini, segera pergi dari lokasi bencana dengan membawa barang penting dan darurat seperti obat - obatan.

4. Hindari lembah di sekitar sungai
Lembah yang rendah dan juga sungai bisa menjadi jalur longsoran tanah. Banyak material tanah longsor akan masuk ke wilayah ini, yang berujung pada bencana banjir.

5. Hubungi pihak terkait penanganan bencana
Jika sobat masih mampu, segera menghubungi petugas penanganan bencana seperti Badan Penanggulangan Bencana (BPDB) dan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) setempat bahwa terjadi bencana tanah longsor di daerah sobat.


Cara Mencegahnya Tanah Longsor

Ada banyak cara dan upaya untuk mencegah terjadinya bencana tanah longsor. Sobat bisa mempelajari beberapa cara di bawah ini :

Tips Menyelamatkan Diri dari Tanah Longsor dan Cara Mencegahnya

1. Gunakan metode terasiring
Metode terasiring sangat cocok untuk diterapkan di lereng - lereng bukit maupun pegunungan yang biasa di terapkan oleh masyarakat untuk lahan pertanian dan juga perkebunan. Metode terasiring atau bertingkat seperti ini akan berguna untuk mencegah terjadinya tanah longsor.

2. Jangan menebang pohon di sekitar lereng
Mungkin banyak orang - orang disekitar kita yang tidak tahu bahwa menebang pohon sekitar lereng pegunungan bisa mengakibatkan erosi bahkan tanah longsor. Padahal fungsi dari pohon ini sangat penting, akar - akar yang ada di alam tanah berguna menahan struktur tanah menjadi kuat dan tidak mudah longsor.

3. Jangan mendirikan bangunan di dekat tebing
Membangun tempat tinggal baik di bawah tebing maupun di atas tebing ini sama - sama memiliki potensi yang membahayakan. Walau bagaimanapun mendirikan bangunan disekitar tebing akan beresiko terkena longsoran tanah.

4. Jangan mendirikan bangunan di sekitar sungai
Membangun tempat tinggal di sekitar aliran sungai sama saja akan mengalami longsoran tanah. Air sungai yang deras akan dengan mudah mengikis tanah di sekitarnya.

5. Hindari memotong tebing menjadi tegak lurus
Menggali tanah yang dalam untuk keperluan pertambangan dengan cara memotong tegak lurus merupakan tindakan yang keliru dan membahayakan. Akibatnya tanah bagian bawah tidak mampu menopang tanah bagian atas yang bisa sewaktu - waktu menyebabkan terjadinya tanah longsor.



Inilah artikel sederhana yang bisa saya sampaikan untuk sobat. Semoga kita terhindar dari berbagai macam bencana di awal musim hujan ini. Terima kasih.

Iklan Link Artikel Bawah Judul

Iklan Link Artikel Bawah Gambar

Iklan Artikel Bawah Backlink

Iklan Artikel Bawah Subjudul