7 Cara Menghindari Geng Motor Maupun Begal Motor


Masyundar.com - 7 Cara Menghindari Geng Motor Maupun Begal Motor. Indonesia merupakan salah satu dari sekian banyak negara sebagai pengguna sepeda motor paling banyak. Hampir setiap warga masyarakatnya setidaknya memiliki kendaraan bermotor yang di gunakan sebagai alat transportasi darat terpopuler. Tapi masih saja ada warga masyarakat yang mengendarai sepeda motor dibawah umur yang disebabkan kurangnya kesadaran dalam kedisiplinan aturan lalu lintas. Akibatnya bisa menciptakan peluang munculnya geng motor yang mengarah pada kenakalan remaja maupun tindakan kriminalitas lainnya seperti melakukan penganiayaan pengendara motor lain tanpa sebab hingga tindakan pembegalan kendaraan bermotor yang mengakibatkan pelanggaran hukum.

7 Cara Menghindari Geng Motor Maupun Begal Motor

Kehadiran geng motor ini berawal dari faktor lingkungan yang kurang kondusif, pendidikan karakter yang gagal menjadikan pergaulan yang salah sebagai contoh banyaknya kelompok remaja yang suka hobi balapan liar di malam hari. Maraknya aksi geng motor ini menimbulkan keresahan di masyarakat karena sudah termasuk tindakan kejahatan. Pelaku baik geng motor maupun begal rata - rata membawa senjata tajam yang tidak segan - segan untuk melukai korbannya bahkan sampai meninggal dunia.


Bagi sobat yang beraktifitas di malam hari baik itu bekerja maupun sekedar nongkrong sebaiknya selalu waspada dan berhati - hati karena tindakan kriminal seperti ini paling sering terjadi di malam hari. Berikut beberapa tips yang bisa sobat terapkan, agar terhindar dari sasaran baik geng motor maupun pembegalan, monggo simak baik - baik di bawah ini :

1. Hindari berkendara seorang diri pada malam hari
Aksi tindakan kriminal baik geng motor maupun begal biasanya rawan terjadi sekitar jam 12.00 sampai 04.00 malam. Jika sobat punya kepentingan berpergian, sebaiknya atur aktivitas berpergiannya di siang hari atau bisa pergi lebih awal sebelum jam 08.00 malam. Ini cukup efektif mencegah menjadi sasaran korban kriminalitas pelaku geng motor dan begal. Kalau memang keadaan mendesak sampai pulang larut malam bisa gunakan alternatif lain dengan naik ojek online seperti gojek atau grab.

2. Cari rute jalan yang aman dan ramai
Sebelum berpergian setidaknya sobat sudah berpikir dengan mencari jalan yang aman dan aktivitas yang ramai serta sedikitnya tindakan kriminal di jalan tersebut. Rute sepanjang jalan juga sudah dilengkapi dengan penerangan yang baik. Perlu diketahui aksi begal ini rata - rata mencari jalan yang sepi dan minimnya penerangan jalan untuk melancarkan tindakan kriminalnya.

3. Jika pulang larut malam usahakan berkelompok
Sebisa mungkin mencari teman yang melewati jalan searah agar mencegah datangnya ancaman begal. Pergi dengan beberapa kendaraan yang berkelompok tentunya akan lebih aman dan selamat sampai pada tujuan.

4. Waspada dengan orang yang tidak di kenal
Pembegalan kendaraan biasanya di lakukan dengan tiba - tiba memepet, menghadang kemudian merampas motor korban. Modus lain yang juga sering terjadi seperti oknum begal menghampiri korban dengan berpura - pura menanyakan alamat, ketika korban berhenti seketika itu juga oknum begal beraksi dengan mengancam bahkan memukul korban sampai tidak berdaya kemudian merampas harta benda korban. Jika sobat saat berkendara merasa curiga seperti diawasi dan diikuti orang tak dikenal sebaiknya segera mencari lokasi terdekat yang ramai seperti warung makan, minimarket, dll.

5. Jangan menggunakan barang yang menarik bahkan mewah
Ketika kita membawa barang yang mencolok dan mewah entah itu hp mewah, perhiasan, motor baru, dan sebagainya, secara tidak sadar memancing pelaku kejahatan. Ketika kesempatan itu ada, siap - siap sobat bisa jadi target ancaman dari pelaku kejahatan.

6. Mempelajari teknik seni bela diri
Jika sobat berminat untuk mengikuti seni bela diri entah di sekolah maupun di kampus, ini bisa bermanfaat untuk melindungi diri dari ancaman pelaku kejahatan. Mencoba menghadapi serangan dari pelaku geng motor maupun begal tentunya hal yang berbahaya, tapi jika sobat percaya diri dengan teknik seni bela diri setidaknya bisa melawan serangan dari pelaku.

7. Berdoa sebelum berpergian
Hal yang paling penting dari segala aktivitas adalah dengan berdoa terlebih dahulu. Dengan berdoa perasaan kita jadi lebih tenang, percaya diri dan tentunya bisa melindungi datangnya musibah. Jadikan berdoa sebagai kebiasaan saat sobat ingin berpergian baik di siang hari juga malam hari.


Semoga artikel sederhana tentang cara menghindari bahaya geng motor maupun begal yang sedang marak terjadi ini bisa memberi manfaat untuk sobat sekalian. Tindakan kejahatan bisa datang kapan saja, selalu waspada dan berhati - hati saat beraktivitas ke luar rumah. Terima kasih.


Belum ada Komentar untuk "7 Cara Menghindari Geng Motor Maupun Begal Motor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel