Waspadai 8 Penyakit di Musim Hujan dan Cara Mencegahnya

Masyundar.com - Waspadai 8 Penyakit di Musim Hujan dan Cara Mencegahnya. Akhirnya pada bulan desember tahun ini air hujan mulai mengguyur berbagai wilayah di Indonesia. Setelah beberapa bulan mengalami kekeringan yang cukup panjang dan musim yang tidak menentu sebagai akibat dari pemanasan global yang semakin parah. Hutan - hutan yang terbakar akibat dari panasnya musim kemarau setidaknya bisa diatasi dengan datangnya musim hujan saat ini. Di tempat kerja anda saat ini mungkin juga sudah mulai mendung dan sebentar lagi hujan, ini pertanda bahwa musim hujan sudah tiba.

Waspadai 8 Penyakit di Musim Hujan dan Cara Mencegahnya


Saat ini sedang terjadi musim peralihan dari musim kemarau ke musim hujan, dan istilah yang biasa kita kenal disebut masa pancaroba. Masa pancaroba ini ditandai dengan berbagai peristiwa alam seperti terjadinya badai, angin kencang, gelombang tinggi di perairan laut. Masa pancaroba ini bisa menjadi salah satu sumber munculnya berbagai macam penyakit yang berdampak pada orang yang sedang tidak fit. Apalagi jika sudah terjadi musim hujan, akan mengakibatkan banjir dan memunculkan banyak sekali sampah yang berserakan bahkan menumpuk dimana - mana. Sebaiknya mulai dari sekarang jaga kesehatan tubuh anda agar tidak mudah terserang berbagai penyakit.


Berikut Berbagai Jenis Penyakit yang Sering Menyerang di Musim Hujan

Hujan yang terjadi sampai beberapa hari akan menimbulkan lingkungan yang lembab dan basah. Ini akan sangat mempercepat pertumbuhan jamur, bakteri bahkan virus yang berbahaya. Mari kita simak bersama jenis jenis penyakit di bawah ini yang sering datang di musim hujan :

1. Penyakit Demam dan Flu
Penyakit ini sering di alami oleh banyak orang dari balita, anak - anak sampai orang dewasa terutama di musim hujan. Penyakit ringan ini memang tergolong mudah menular melalui bersin - bersin dan menyentuh benda yang sudah terkontaminasi virus Influenza. Saat tubuh anda mulai lemah dan kurang istirahat akan sangat rentan terinfeksi virus ini yang biasa ditandai dengan demam tinggi disertai bersin - bersin dan hidung tersumbat. Kondisi udara yang buruk dan lingkungan yang lembab membuat virus ini cepat berkembang dengan pesat.

2. Penyakit Diare
Musim hujan bisa mengakibatkan banjir besar yang tentunya membawa dampak buruk bagi daerah yang mengalaminya. Penyakit diare salah satunya, meskipun termasuk penyakit ringan tapi tidak bisa di anggap remeh karena jika tubuh sampai kekurangan cairan bisa berakibat fatal. Penyakit diare berasal dari bakteri E. colli, Crystoporidium, Shigella, dll yang ditandai seperti seringnya  buang air besar dengan tinja yang encer.

3. Penyakit Kulit
Pada lingkungan dengan suhu yang lembab akan memicu mikroba dan jamur tumbuh dengan cepat. Ketika kaki anda terkena genangan air hujan dijalan yang berpotensi terkena infeksi jamur yang di tandai dengan gatal - gatal dan iritasi.

4. Penyakit Demam Berdarah
Penyakit berbahaya seperti demam berdarah ini selalu mengancam kesehatan kita di kala musim hujan. Penyakit DBD di tandai dengan demam tinggi, munculnya ruam merah pada kulit, dan nyeri sendi dan jika sudah parah bisa menyebabkan kematian. Genangan air yang berada di barang - barang bekas seperti kaleng, ban dan rongsokan bisa menjadi tempat yang ideal perkembangbiakannya nyamuk Aedes Aegypti.

5. Penyakit Malaria
Penyakit berbahaya lainnya masih berasal dari gigitan nyamuk Anopheles yang biasa disebut penyakit malaria. Penyakit ini juga cukup berbahaya yang ditandai dengan kedinginan, demam muntah dan diare dan jika tidak segera ditangani bisa menyebabkan kematian.

6. Penyakit Kencing Tikus
Penyakit kencing tikus atau Leptospirosis ini bersumber dari bakteri yang bernama Leptospira dengan disebarkan oleh hewan seperti tikus, anjing, babi, dan hewan lainnya. Proses penularannya rata - rata melalui kubangan air yang sudah terinfeksi bateri Leptospira kemudian bersentuhan dengan kulit. Gejala yang timbul akibat penyakit ini demam tinggi, nyeri otot, muntah, dll.

7. Penyakit Tipes
Penyakit menular ini disebabkan oleh bakteri Shalmonella Thyphi yang biasa terdapat pada makanan maupun minuman yang sudah terinfeksi. Penderita akan mengalami demam tinggi, susah makan, muntah dan jika sampai parah bisa menyebabkan gagal jantung hingga kematian.

8. Penyakit ISPA
Penyakit ISPA biasa dikenal sebagai Penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut juga selalu mencari korban saat musim hujan. Mudahnya bateri dan virus yang berkembang menjadikan penyakit ini cepat sekali menular ke orang lain yang kondisi tubuhnya kurang sehat.


Cara Mencegah Penyakit di Musim Hujan

Datangnya musim hujan ini perlu kita waspadai, karena akibat dari curah hujan yang tinggi dampak buruknya cukup banyak. Mulai dari kebanjiran, tanah longsor, pohon tumbang, sampah bertebaran, banyak penyakit dan lainnya. Mencegah datangnya penyakit tentu ini menjadi strategi kita supaya dari diri kita, keluarga, masyarakat tetap aman beraktifitas dan terhindar dari penyakit mematikan. Sedikit saya ulas cara mencegah datangnya penyakit di musim hujan, mari di simak antara lain :

1. Menjaga Stamina Tubuh Tetap Fit
Menjaga kondisi tubuh bisa dengan mengonsumsi makanan yang higienis dan bergizi. Sempatkan waktu untuk berolah raga agar tubuh tetap sehat dan bugar sehingga akan memperkecil peluang tertular penyakit di musim hujan. Istirahat yang cukup dan kurangi bergadang, karena kondisi badan yang lemah mudah sekali terkena penyakit atau virus membahayakan.

2. Menjaga Kebersihan Diri Sendiri dan Lingkungan
Mari lakukan kebiasaan sederhana yang baik dengan menjaga kebersihan seperti mencuci tangan dengan sabun, mencuci pakaian yang terkena banjir, dan menjaga kebersihan makanan dirumah. Selalu bersihkan sampah, rongsokan, dan tempat air disekitar rumah yang berpotensi menjadi lokasi perkembangbiakan bakteri, virus, dan nyamuk berbahaya.

3. Hindari Gigitan Nyamuk
Jika populasi nyamuk di rumah anda terlihat banyak, sebaiknya menginfokan ke dinas kesehatan terdekat. Agar ditindak lanjuti seperti dilakukan penyemprotan gas fogging yang memiliki tujuan untuk membunuh nyamuk Aedes Aegypti dewasa yang bisa menularkan penyakit DBD pada manusia. Gunakan obat anti nyamuk pada pagi hari dan malam hari agar terhindar dari gigitan nyamuk yang berbahaya.

4. Sediakan Obat Pertolongan Pertama
Buat kotak kecil untuk menyediakan obat antibiotik dirumah, ini cukup penting ketika anda mengalami kondisi genting dan membutuhkan pertolongan pertama. Jangan lupa juga untuk selalu mengecek waktu kadaluarsa dari obat - obatan tersebut.


Demikian artikel yang bisa saya ulas untuk anda, semoga bisa bermanfaat untuk anda dan keluarga. Selalu waspada dengan mempersiapkan diri untuk selalu menjaga kebersihan dalam menghadapi penyakit di musim hujan. Terima kasih.

1 Komentar untuk "Waspadai 8 Penyakit di Musim Hujan dan Cara Mencegahnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel