Peluang Usaha Menjanjikan Budidaya Durian Untuk Pemula

Masyundar.com - Peluang Usaha Menjanjikan Budidaya Durian Untuk Pemula. Sopo sik ora seneng buah durian? mungkin ada yang tidak suka buah ini bagi sebagian orang terutama dari baunya yang khas dan menyengat. Tapi rata - rata masyarakat Indonesia lebih banyak yang ketagihan hobi makan buah durian karena memiliki rasa yang manis, nikmat, dan legit. Buah durian banyak tersebar di seluruh Indonesia dengan berbagai jenis atau varian yang berbeda mulai dari warna, bentuk dan rasa.

Peluang Usaha Menjanjikan Budidaya Durian Untuk Pemula

Buah durian yang cukup terkenal di Yogyakarta berada di desa Banjaroya, Kalibawang, Kulon Progo yang biasa di kenal dengan durian menoreh asli Kalibawang. Ciri khas dari buah durian menoreh dari Banjaroya, Kalibawang ini memiliki warna kuning cerah seperti mentega dengan rasa manis dan sedikit pahit. Ketika sobat memasuki jalan raya di kecamatan Kalibawang, dipinggir jalan sobat akan menemukan banyak warga sekitar yang menjual buah durian. Jika ingin mendapatkan harga yang murah, sobat bisa mengunjungi Festival Durian Banjaroya yang diadakan setiap awal tahun ketika sedang musim panen buah durian sekitar bulan Januari sampai Maret.


Selain buah durian menoreh Kalibawang, masih banyak lagi varietas buah durian yang ada di Yogyakarta seperti durian montong, durian petruk, durian bawor dan kencono rukmi khas dari Gunung Kidul. Buah durian meski harganya cukup mahal tapi sangat diminati oleh banyak kalangan masyarakat baik dari daerah maupun luar kota. Selain untuk dikonsumsi secara langsung, daging buah durian juga bisa dijadikan untuk olahan makanan seperti es kream, kue, dodol, dan menu - menu makanan enak dengan bahan dasar durian lainnya. Tentunya ini menjadi sebuah prospek peluang bisnis yang menjanjikan jika di jalankan secara serius dan matang.


Cara Budidaya Durian Agar Cepat Berbuah Lebat

Membangun peluang usaha perkebunan untuk budidaya buah durian tidaklah hal yang mudah. Untuk para pemula bisa belajar kemudian praktik tahapan budidaya durian supaya dapat menghasilkan buah durian unggulan. Proses membangun bisnis budidaya durian dilakukan mulai dari pembibitan, penanaman, perawatan dan hingga tiba masa panen.  Berikut cara budidaya durian agar cepat berbuah lebat :

1. Pemilihan Bibit Durian Terbaik
Langkah pertama untuk budidaya perkebunan duah durian yaitu dengan mencari bibit yang unggul. Bibit durian bisa sobat dapatkan dengan cara mencangkok, menanam biji atau bisa juga membeli bibit durian di toko pertanian bibit tanaman dan buah. Menanam biji durian untuk dijadikan bibit durian yang unggul tergolong tidak mudah karena perlu mneggunakan teknik dan pengalaman yang benar. Bagi pemula sebaiknya membeli bibit durian unggul di toko pertanian bibit tanaman dan buah untuk menghindari resiko kualitas bibit yang buruk. Berikut beberapa ciri - ciri bibit durian yang berkualitas unggul, bisa di cek :
- Warna daun yang hijau segar
- Memiliki daun yang lebat
- Batang yang kokoh dan bercabang 4 - 6 arah
- Tinggi batang bibit sekitar 70 - 100cm

2. Lahan Perkebunan Budidaya Durian
Faktor yang paling penting agar pohon durian bisa tumbuh subur dan menghasilkan buah yang berkualitas dibutuhkan lahan yang mendukung. Bersihkan lahan dari gulma, batu - batuan maupun rumput liar yang bisa mengganggu pertumbuhan bibit durian. Kemudian lahan di olah dengan cangkul agar tekstur tanah menjadi gembur untuk memudahkan akar berkembang. Jika perlu sobat  bisa menambahkan pupuk kandang secara merata di seluruh lahan.

3. Penanaman Bibit Durian
Waktu penanaman bibit durian sebaiknya dilakukan pada musim penghujan, ini akan membantu pertumbuhan bibit mendapatkan cukup air. Sebelum proses tanam, sobat bisa melubangi tanah kedalaman sekitar 40 - 60 cm dengan jarak antar lubang 8 - 10 meter agar bibit durian memiliki ruang berkembang dan mendapatkan sinar matahari yang cukup. Setelah selesai membuat lubang tanah, kemudian diamkan selama 2 minggu agar tingkat keasaman pada tanah berkurang. Setelah itu tanah yang berlubang tadi diberi pupuk kandang dan didiamkan selama 1 minggu.

Jika lahan dengan lubang yang sudah diberi pupuk tadi sudah siap, bisa dilakukan poses penanaman. Masukan bibit durian dari polybag ke lubang yang sudah disiapkan, kemudian kubur kembali dengan merata di sekitar bibit durian. Jangan lupa untuk melepaskan polybag dari bibit durian sebelum ditanam ke lubang tanah, agar akar bisa bebas berkembang menjadi besar.

4. Perawatan Budidaya Durian
Setelah proses penanaman bibit durian selesai dengan baik, langkah selanjutnya melakukan perawatan. Selama 1 bulan pertama lakukan penyiraman pada pagi dan sore untuk memastikan bibit durian tumbuh dengan baik. Bersihkan rumput liar dan gulma yang menganggu disekitar bibit durian agar nutrisi yang ada didalam tanah bisa terserap dengan baik. Lakukan pemberian pupuk alami seperti pupuk kandang setiap 3 bulan sekali dengan cara menaburkan disekitar bibit durian bukan dibawah batang bibit durian langsung.

Jika pada bagian bibit durian terserang hama seperti ulat, segera lakukan tindakan penyemprotan dengan insektisida pada bagian yang terkena hama agar tidak meluas. Selain ulat, munculnya jamur juga bisa menginfeksi akar yang berakibat menjadi busuk, solusinya sobat bisa menggunakan pestisida khusus jamur tanaman dengan menyemprotkan pada pangkal batang bibit durian. Perawatan proses budidaya durian ini harus konsisten, agar pohon durian tidak mengalami kegagalan berkembang bahkan mati.

Peluang Usaha Menjanjikan Budidaya Durian Untuk Pemula 2

5. Masa Panen Budidaya Durian
Musim panen buah durian bisa ditentukan dari jenis bibit durian yang kita tanam. Untuk durian jenis lokal akan berbuah setelah umur 8 - 10 tahun sedangkan durian jenis montong membutuhkan waktu lebih cepat yakni sekitar umur 4 - 6 tahun. Tanda - tanda jika buah durian sudah matang, bisa dilihat dari beberapa poin dibawah ini :
- Bau aroma durian yang menyengat
- Warna kulit durian berubah kecoklatan
- Ruas tangkai durian mulai melemah

Sebaiknya sobat mengikat buah durian yang sudah terlihat akan segera matang dengan tali rafia, ini berguna untuk menghindari buah terjatuh ke tanah. Jika buah durian yang matang sampai terjatuh kemudian terbelah, jelas ini akan mengurangi nilai harga jualnya nanti. Buah durian yang matang di pohon akan memiliki harga jual yang tinggi daripada durian dari hasil penggunaan bahan karbit.


Keuntungan Peluang Bisnis Budidaya Durian

Saat ini yang memiliki potensi keuntungan menjanjikan, sobat bisa memilih durian varian montong yang sudah terkenal dengan ukuran buahnya lebih besar, daging tebal, biji kecil dan rasanya manis. Durian jenis lokal juga menarik tapi membutuhkan waktu panen yang lebih lama jika dibandingkan dengan duren montong. Saya lebih menyarankan untuk bisnis budidaya durian jenis montong karena sudah menjadi jenis durian yang paling dicari masyarakat sebagai rajanya durian.


Misalkan jika kita menjual buah durian montong dengan harga Rp 50.000 /kg. Rata - rata berat setiap buah durian sekitar 4kg, maka keuntungan yang kita terima Rp 200.000 ,-. Jika 1 pohon durian bisa berbuah hingga 40 biji maka uang yang kita dapatkan 40 x 200.000 = Rp 8.000.000,-. Ini hanya 1 pohon saja, kalo sobat menanam sekitar 50 pohon hasilnya 50 x 8.000.000 = Rp 400.000.000,- total profit yang kita dapatkan untuk sekali panen dalam setahun. Sudah terbukti budidaya durian jenis montong memiliki keuntungan yang luar biasa.



Semoga artikel sederhana ini bermanfaat untuk sobat yang berencana ingin memulai bisnis budidaya durian tapi masih tahapan pemula. Semoga lancar dan sukses.

Iklan Artikel Bawah Judul

Iklan Artikel Bawah Akhir Kata