Cara Mengatasi WC Jongkok Mampet Tersumbat

Masyundar.com - Cara Mengatasi WC Jongkok Mampet Tersumbat. WC memang sangat dibutuhkan sebagai saluran pembuangan kotoran di setiap rumah. Ketika terjadi masalah, tentu saja dapat membuat penghuni satu rumah kelimpungan. Apalagi jika hanya ada 1 WC dalam tiap rumah, jelas ini menjadi masalah krusial yang secepatnya harus di atasi. Solusi di kampung mungkin bisa menumpang di tetangga, namun tentu saja perasaan tidak enak menghampiri jika anggota keluarga dalam jumlah banyak.

Cara Mengatasi WC Jongkok Mampet Tersumbat

Jika WC mampet tiba-tiba dan anda tak mau menunggu mencari bahan-bahan kimia maupun menunggu tukang sedot WC. Bau yang muncul dari WC mampet  tersumbat juga bisa meyebabkan penyakit. Anda dapat menggunakan cara-cara sederhana yang sudah saya siapkan untuk di pelajari dan di praktekan di rumah.


Tetapi sebelum anda mempraktikan kegiatan berikut ini, pastikan anda melindungi diri anda dengan masker, kaos tangan karet dan alat pelindung lainnya untuk melindungi diri anda. Buka ventilasi agar sirkulasi udara lancar dan tidak mengganggu aktivitas anda.



Cara Mengatasi WC Jongkok Mampet Tersumbat

Masalah WC mampet dan tersumbat memang sudah umum dan sering terjadi. Jika anda ingin berencana untuk memperbaikinya sendiri, maka tidak ada salahnya untuk mencoba cara yang sudah saya share di bawah ini, silahkan di pahami :

1. Hentikan kebiasaan menyiram dengan air yang banyak
Kebiasaan yang salah waktu WC anda mampet adalah menyiram dengan banyak air. Kondisi ini justru akan membuat kotoran naik. Kurangi mulai sekarang menyiram dengan air yang banyak.

2. Gunakan cairan sabun cuci piring, shampo, atau sabun mandi cair
Cairan sabun cuci maupun sabun lainnya ternyata mampu memecah lemak pada kotoran-kotoran yang menyumbat toilet anda. Berikut langkah-langkah yang dapat anda lakukan.

3. Siapkan sabun cuci piring atau sabun lainnya yang biasa anda gunakan
Larutkan dengan air secukupnya kemudian tuangkan larutan sabun cuci piring, shampo, ataupun air hasil rendaman sabun batangan kedalam toilet anda. Tunggu beberapa menit agar bereaksi terlebih dahulu, lalu siramlah dengan air panas.

4. Gunakan soda kue dan larutan cuka
Jika dorongan air panas saja belum cukup, anda bisa menambahkan soda kue dan larutan cuka setelah menyiramkan air panas. Biarkan beberapa jam atau semalaman, lalu cek pada pagi harinya.

5. Tuangkan bubuk soda kue pada lubang toilet
Tuangkan cuka putih (hentikan jika sudah terdapat busa karena bisa terjadi ledakan). Lalu, siram toilet anda dengan air panas. Anda akan melihat gelembung-gelembung yang menandakan bahwa soda kue dan larutan cuka sedang bekerja untuk menghancurkan sumbatan pada toilet anda kemudian diamkan toilet semalaman terlebih dahulu sebelum digunakan.  

6. Gunakan kawat atau hanger bekas
Jika langkah diatas belum berhasil juga, mungkin masih ada benda keras di dalamnya yang tersangkut. Anda bisa menggunakan kawat atau hanger bekas. Kawat atau hanger dapat digunakan untuk memancing benda penghambat di kloset anda. Benda lainnya yang juga dapat digunakan seperti ranting pohon untuk membuat pergerakan kotoran di kloset bagian dalam dengan mendorong dan menarik secara perlahan.



Cara Mencegah WC Jongkok Mampet Tersumbat

Jika hal langkah-langkah diatas sudah berhasil anda dapat melakukan langkah pencegahan agar WC jongkok dirumah tidak mengalami tersumbat kembali. Cara tersebut antara lain :

1. Jangan membuang sampah-sampah seperti plastik, pembalut, maupun tisu ke dalam toilet atau WC. Agar hal itu tidak terjadi, anda dapat menyediakan tempat sampah di toilet. Ini memang menjadi salah satu alternatif yang wajib untuk mencegah WC anda menjadi tempat pembuangan sampah dan menghindari supaya tidak tersumbat.

2. Jika hanya terdapat 1 WC sedangkan banyak anggota keluarga yang menggunakan, anda dapat menambah jumlah WC anda. Selain itu anda juga dapat meningkatkan kualitas dengan memperbesar septic tank anda.

3. Hindari penggunaan air yang berlebihan karena dapat membuat septic tank cepat penuh. Apalagi jika daerah resapan anda buruk. Nanti yang ada hanya mampet lagi mampet lagi.



Demikian langkah-langkah yang dapat anda lakukan, untuk langkah sederhana mengatasi WC mampet. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi WC Jongkok Mampet Tersumbat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel