Iklan Atas Header

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Error Tidak Berfungsi Sebagian

Masyundar.com - Cara Mengatasi Keyboard Laptop Error Tidak Berfungsi Sebagian. Laptop merupakan perangkat elektronik yang penting di jaman modern seperti sekarang. Tak dipungkiri penggunaan laptop memang lebih praktis dalam mengerjakan tugas daripada menggunakan PC karena dapat dibawa kemana-mana. Dibalik banyaknya keuntungan, laptop juga memiliki banyak kekurangan seperti pada komponen keyboard yang rawan rusak, baterai drop, dan masih banyak lagi. Pada kesempatan kali ini mari kita ulas sedikit cara mengatasi keyboard yang mengalami rusak sebagian pada beberapa tombol.

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Error Tidak Berfungsi Sebagian

Saat kita bekerja sehari – hari terkadang kita menemukan masalah pada laptop yang sering kita gunakan. Masalah tersebut bisa karena laptop yang lemot, cepat panas, dan juga laptop yang tidak mendukung aplikasi tertentu. Namun ada juga yang membuat sedikit jengkel para pembelajar, yaitu keyboard laptop yang mati sebagian. Apalagi jika tombol yang mati adalah tombol-tombol penting seperti huruf A, S, R, dan/atau tombol lainnya yang sering kita gunakan. Permasalahan seperti ini sering terjadi dan ada banyak penyebabnya. Sebab tersebut diantaranya bisa karena debu atau kotoran yang masuk lewat sela-sela atau ventilasi kecil. Bisa juga disebabkan oleh konsleting tegangan yang mengalir ke keyboard laptop anda.


Jika anda masih memiliki kartu garansi, sebaiknya diperiksa di service center terdekat. Namun, jika sudah habis masa garansi atau tidak punya kartu garansi  jangan panik, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan. Berikut ini cara-cara yang dapat anda lakukan untuk memperbaiki keyboard laptop error atau tidak berfungsi sebagian.


Penyebab Keyboard Laptop Error, Rusak dan Hanya Berfungsi Sebagian

Banyak sekali kemungkinan yang menyebabkan keyboard laptop menjadi rusak. Bagi pengguna laptop terkadang ceroboh dan asal dalam menggunakan laptop saat bekerja. Biasanya yang sering terjadi keyboard rusak karena banyak debu kotor yang menempel pada keyboard, keyboard yang kemasukan air, konektor keyboard yang lepas, dan lain – lain. Perlu kita ketahui, laptop juga termasuk barang elektronik yang mudah rusak jika tidak dirawat dengan baik.



Cara Mengatasi Keyboard Laptop Error Tidak Berfungsi Sebagian

1. Restart laptop
Langkah paling mudah adalah dengan merestart laptop anda, karena kemungkinan ada yang error. Cara ini diyakini ampuh untuk mereset ulang error ringan yang terjadi. Setelah restart ulang, cobalah untuk mengetik lagi. Jika sudah tidak terjadi error, masalah sudah teratasi.

2. Periksa numlock
Kadang-kadang error dapat disebabkan hal yang sepele. Error tombol angka tidak muncul misalnya. Bisa dikarenakan tombol num lock anda sedang dalam keadaan mati atau menyala. Coba diganti-ganti, lalu lakukan pengetikan lagi.

3. Periksa driver
Coba ingat-ingat driver apa ada program terakhir kali yang membutuhkan untuk menginstal driver. Bisa jadi ini penyebabnya karena ketidakcocokan dengan laptop anda. Coba hapus terlebih dahulu driver yang terakhir kali anda instal, dan bersihkan sisa-sisa registry yang ada. Lalu periksa kembali apakah keyboard anda kembali normal.
4. Reinstall driver keyboard laptop
Masing-masing perangkat yang terhubung pada laptop pasti memiliki driver, tak terkecuali keyboard itu sendiri. Coba anda re instal driver laptop anda dengan mengupdate driver software.

5. Pastikan keyboard laptop tidak terkunci
Ada beberapa fitur di laptop yang dapat membuat keyboard laptop anda tidak berfungsi. Pastikan hal ini tidak terjadi di laptop anda atau bisa juga cari di tombol keyboard anda yang bergambar kunci dan anda tekan tombol itu. Jika tombol anda sudah berfungsi kembali, maka masalah terselesaikan.

6. Bersihkan debu dan kotoran
Tak dipungkiri kadang kita beraktivitas menggunakan laptop dimana saja, di dalam maupun luar ruangan. Kotoran atau debu bisa saja sewaktu-waktu menempel di perangkat laptop anda. Apalagi jika laptop anda jarang dibersihkan jelas akan memperparah kondisi keyboard laptop. Untuk solusinya anda dapat membersihkan keyboard anda secara manual dengan lap kain yang lembut dan vacumm cleaner untuk menyedot debu di sela – sela huruf keyboard.

7. Bersihkan tombol dari debu
Anda juga bisa mencopot beberapa tombol anda, lalu membersihkan kotoran dan debu di bawah tombol keyboard laptop anda. Jika anda ragu dalam melepas komponen, anda bisa meminta bantuan teman anda yang sudah ahli dalam membersihkan laptop atau bisa juga dibawa ke tukang servis laptop terdekat.

8. Bawa ke tukang servis
Jika dirasa anda sudah maksimal dalam berusaha, anda bisa melakukan langkah ini sebagai solusi terakhir dan paling simpel. Bawalah ke tukang servis terdekat atau yang bisa diandalkan. Karena jika anda tidak memiliki cukup ilmu dalam membongkar laptop, ini bisa berbahaya dan malah bisa memperparah kerusakan pada keyboard laptop anda.




Jika anda masih membutuhkan laptop dan belum ingin membawa ke tempat servis laptop, solusi sementara anda bisa menggunakan keyboard eksternal atau keyboard komputer pada umumnya dengan melalui koneksi usb. Harga lebih murah dan enak dibawa, sehingga meminimalkan resiko.Terimakasih, semoga bermanfaat.

Iklan Link Artikel Bawah Judul

Iklan Link Artikel Bawah Gambar

Iklan Artikel Bawah Backlink

Iklan Artikel Bawah Subjudul