Iklan Atas Header

Cara Mengatasi Bibir Kering, Pecah - pecah dan Mengelupas Secara Alami dan Cepat

Masyundar.com - Cara Mengatasi Bibir Kering, Pecah - pecah dan Mengelupas dengan Secara Alami dan Cepat. Pada musim kemarau saat ini, panas terik matahari menjadi salah satu penyebab bibir kering, pecah -pecah bahkan sampai mengelupas. Saya sendiri sering mengalami bibir kering dan pecah - pecah yang sangat menggangu terutama saat melahap makanan yang panas maupun pedas. Sobat juga pasti pernah merasakan ketika makan yang pedas rasanya perih yang ujungnya bisa mengganggu selera makan. Ketika kita mengalami sakit bibir kering selain rasanya tidak nyaman juga cukup mengganggu penampilan kita saat bekerja atau beraktifitas sehari - hari.

Cara Mengatasi Bibir Kering, Pecah - pecah dan Mengelupas Secara Alami dan Cepat


Penyakit bibir kering yang tergolong mudah di obati ini bisa menyerang siapa saja, dari anak - anak sampai orang dewasa. Tekstur bibir yang tidak memiliki kelenjar minyak seperti pada kulit bisa menjadikan kondisi bibir mudah kering dan pecah - pecah. Bagi para wanita yang mengalami bibir kering dan pecah - pecah jelas sangat tidak percaya diri, kemudian para wanita berusaha menutupinya dengan lipstik atau pelembab bibir. Pada artikel kali ini saya akan membahasa tentang penyebab bibir kering dan cara mengatasinya dengan resep - resep alami. Sebelum membahas cara mengatasinya, kita simak dulu penyebab bibir bisa kering dan pecah - pecah.



Penyebab Bibir Kering, Pecah - pecah dan Mengelupas

Banyak sekali faktor penyebab bibir kering dan pecah - pecah, disini saya ulas yang paling sering terjadi saja. Bagi sobat yang sudah penasaran, mari disimak :

1. Terkena Paparan Sinar Matahari yang Terlalu Lama
Terlalu lama terkena panasnya sinar matahari menjadi penyebab bibir menjadi kering dan pecah - pecah. Jangan lupa selalu bawa pelembab bibir ketika beraktifitas diluar ruangan.

2. Sering Menjilati Bibir
Bagi sobat yang suka menjilati bibir biar tidak kering, ternyata ini cara yang salah. Menjilati bibir dengan air liur hanya bersifat sementara, ini malah bisa merusak kelembapan alami dari bibir itu sendiri. Air liur yang ada di bibir akan cepat menguap menjadikan bibir kembali kering bahkan mengelupas. Sebaiknya gunakan pelembab bibir ketika akan berpergian untuk mengurangi kebiasaan yang buruk ini.

3. Dehidrasi
Kekurangan cairan mineral dan asupan buah - buahan dalam tubuh juga menjadi penyebab bibir kering dan pecah - pecah. Akibat dari dehidrasi ini juga bisa menurunkan produksi urin dan bahkan menyebabkan tekanan darah menjadi rendah. Saya sarankan untuk sobat agar selalu minum air putih setiap hari minimal 8 gelas per hari.

4. Sering Makan Makanan yang Asin dan Pedas
Sobat perlu memahami ini, kalo makan makanan yang asin dan pedas bisa mengakibatkan bibir terjadi iritasi dan cepat kering. Makanan yang banyak mengandung garam dapat mengiritasi bibir dan berujung pada peradangan.

5. Mengonsumsi Obat - obatan
Jenis obat - obatan tertentu juga bisa meningkatkan resiko bibir menjadi pecah - pecah dan kering. Seperti obat mengandung vitamin A dan obat - obatan kemoterapi.

6. Minum Minuman Mengandung Alkohol
Sering minum minuman yang mengandung alkohol yang berlebihan juga bisa menyebabkan bibir kering dan pecah - pecah. Minuman beralkohol ini selain menganggu tubuh dalam menyerap berbagai vitamin, juga bisa menyebabkan dehidrasi.



Cara Mengatasi Bibir Kering, Pecah - pecah dan Mengelupas Secara Alami dan Cepat

Jika sekarang sobat  sedang mengalami masalah kesehatan bibir kering dan mengelupas, tentunya tidak perlu khawatir karena masalah bibir kering tergolong ringan. Untuk mengatasi bibir kering dan mengelupas, sebaiknya sobat bisa menggunakan secara alami yang sudah terbukti efektif bisa menyembuhkan bibir kering berikut ini :

1. Lidah Buaya
Lidah buaya mengandung berbagai zat alami yang bisa membantu mencegah munculnya bibir kering dan mengelupas. Caranya sobat bisa menggunakan gel lidah buaya di oleskan pada bibir yang kering dan pecah - pecah pada malam hari sebelum tidur.

2. Madu
Madu murni yang sobat kenal ini selain rasanya yang manis dan enak untuk di konsumsi, ternyata memiliki kaya akan manfaat. Madu murni kaya akan kandungan nutrisi dan memiliki zat - zata anti bakteri yang sangat baik untuk mencegah infeksi dan menyembuhkan luka. Caranya sobat bisa lakukan dengan mengoleskan madu pada bibir yang sakit dan diamkan sekitar 10 menit. Sebaiknya lakukan terapi dengan madu ini pada malam hari agar lebih efektif dan cepat sembuh.

3. Mentimun
Sayuran jenis mentimun ini memiliki kandungan nutrisi dan vitamin c yang sangat bagus manfaatnya untuk penyembuhan sakit bibir pecah - pecah dan mengelupas. Caranya iris mentimun tipis - tipis kemudian oleskan pada bibir sobat dan didiamkan selama 15 menit.

4. Minyak Zaitun
Banyak orang menggunakan minyak zaitun sebagai salah satu bahan untuk perawatan kecantikan alami. Berdasarkan penelitian minyak zaitun dikenal dapat menyembuhkan permukaan kulit yang kering dan luka bakar ringan. Mengobati sakit bibir kering dan mengelupas dengan minyak zaitun akan menjadikan bibir sobat lebih lemut dan kenyal. Cara pemakaian minyak zaitun cukup oleskan pada bibir sobat yang sakit 2 kali sehari secara rutin dan diamkan sampai mengering.

5. Makanan Bergizi
Mengonsumsi makanan yang bergizi setiap hari sangat di anjurkan untu sobat yang ingin mencegah datangnya bibir kering, pecah - pecah maupun mengelupas. Terutama yang bersal dari buah dan sayuran yang memiliki vitamin c, ini sangat efektif selain berguna untuk menjada tubuh tetap sehat juga bisa menghindarkan dari segala masalah kesehatan ringan seperti flu, demam, dan bibir kering juga mengelupas.


Demikianlah artikel tentang Cara Mengatasi Bibir Kering, Pecah - pecah dan Mengelupas Secara Alami dan Cepat yang perlu sobat ketahui. Jika secara alami sakit bibir bisa disembuhkan maka tidak ada salahnya untuk sobat pelajari tips di atas. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Iklan Link Artikel Bawah Judul

Iklan Link Artikel Bawah Gambar

Iklan Artikel Bawah Backlink

Iklan Artikel Bawah Subjudul