Iklan Atas Header

Cara Mengatasi Asam Lambung Secara Alami dan Cepat


Masyundar.com - Cara Mengatasi Asam Lambung Secara Alami dan Cepat. Tubuh menggunakan asam lambung untuk mencerna makanan. Namun terkadang asam lambung yang diproduksi tubuh melebih batas yang wajar sehingga menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan. Asam lambung yang naik ke kerongkongan dapat menyebabkan iritasi pada dinding kerongkongan dan mengakibatkan sensasi panas atau nyeri di dada (heartburn) dan kadang kala gejala ini menyebar hingga ke kerongkongan.

Cara Mengatasi Asam Lambung Secara Alami dan Cepat

GERD (gastroesophageal reflux disease) adalah kondisi dimana asam lambung naik ke kerongkongan dan lambung tidak berfungsi dengan baik. Sebenarnya asam lambung yang naik ke kerongkongan merupakan hal yang wajar dari pergerakan sistem pencernaan. Namun jika asam lambung sangat sering naik setidaknya dua kali per minggu, baru bisa dikatakan sebagai GERD. Hal ini terjadi bisa disebabkan karena makanan tertentu yang bisa memicu asam lambung naik.



Cara Mengatasi Asam Lambung dengan Cara Alami dan Cepat

Selain menggunakan obat - obatan, sakit asam lambung juga dapat diatasi dengan cara memberikan makanan pilihan yang cocok di konsumsi untuk penderita asam lambung, berikut antara lain :

1. Pisang
Pisang memiliki tingkat keasaman yang rendah sehingga dapat menetralisir asam di lambung dan meringankan gejala. Selain pisang, buah yang baik untuk penderita asam lambung adalah melon, apel, pepaya, pir.

2. Sayuran hijau
Sayuran seperti brokoli, kacang hijau, seledri, kol, dan bayam adalah pilihan makan yang cocok untuk penderita asam lambung. Sayuran-sayuran tersebut rendah asam dan sangat baik dikonsumsi untuk meringankan gejala refluks penderita asam lambung.

3. Putih telur
Putih telur yang direbus adalah pilihan makanan yang bagus untuk penderita asam lambung. Tetapi tidak untuk kuning telur karena mengandung lemak yang tinggi justru dapat memperparah asam lambung anda.

4. Jahe
Jahe memiliki sifat antiradang alami yang baik untuk perawatan sakit asam lambung. Jahe dapat juga dikonsumsi dengan menambahkan irisan-irisan jahe pada minuman atau masakan anda.

5. Daging tanpa lemak
Konsumsi makanan tanpa lemak seperti dada ayam tanpa kulit, daging merah tanpa lemak tetapi dimasak dengan cara dikukus, dipanggang, atau dibakar. Hindarilah mengolah makan dengan cara digoreng karena minyak dapat memperparah gejala refluks.



Pilihan Makanan yang di Hindari oleh Penderita Asam Lambung

Agar penyakit asam lambung tidak sering kambuh, bagi penderita asam lambung sebaiknya menghindari makanan yang memicu asam lambung menjadi tinggi. Berikut beberapa jenis makanan perlu di hindari :

1. Makanan yang digoreng
Makanan yang paling sering kita konsumsi dan ternyata harus dihindari oleh penderita asam lambung ada makanan yang digoreng. Makanan yang digoreng dapat membuat panas di lambung dan dapat memicu terjadinya refluks. Makanan yang digoreng juga sebagai salah satu pemicu kolesterol.

2. Susu dan daging berlemak tinggi
Pada dasarnya, makanan yang berlemak tinggi dapat memicu refluk. Karena lemak yang tinggi membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna untuk tubuh sehingga meningkatkan produksi asam yang berlebihan. Makanan lainnya yang tinggi lemak adalah mentega dan keju. Solusinya konsumsi susu rendah lemak, membuang lemak pada daging, dan konsumsi daging seminggu sekali.

3. Cokelat
Cokelat juga mengandung lemak yang tinggi dan harus dihindari oleh penderita asam lambung. Cokelat juga mengandung kafein dan stimulan yang dapat memicu asam lambung.

4. Kafein, soda dan alkohol
Kafein dapat memicu refluks. Kafein tidak hanya ditemukan pada kopi, namun juga teh. Anda bisa mengkonsumsi teh herbal seperti pegagan karena teh herbal biasanya tidak mengandung kafein.
Soda, minuman berkarbonasi, alkohol, bir, dan anggur dapat meningkatkan refluks karena dapat membuat perut anda mual, panas lambung, dan mulas. Soda juga mengandung kafein sehingga memperparah asam lambung anda.

5. Tomat, bawang bombay
Menurut penelitian, tomat mengandung sitrat dan asam malat yang dapat meningkatkan asam lambung. Bawang bombay juga dapat menurunkan pH lambung sehingga asam lambung semakin tinggi. Hal ini dapat menyebabkan sendawa dan mual.

6. Buah citrus
Buah-buahan seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, dan jeruk bali termasuk dalam marga citrus. Dengan membatasi makanan asam, dapat meredakan gejala refluks.


Mungkin ini saja artikel tentang Cara Mengatasi Asam Lambung Secara Alami dan Cepat. Jika masalah sakit asam lambung masih belum sembuh, segera anda konsultasikan ke dokter agar bisa ditangani dengan obat yang tepat. Terima kasih.

Iklan Link Artikel Bawah Judul

Iklan Link Artikel Bawah Gambar

Iklan Artikel Bawah Backlink

Iklan Artikel Bawah Subjudul