Iklan Atas Header

Cara Mengatasi Anak Kecanduan Game Online Gadget

Masyundar.com - Cara Mengatasi Anak Kecanduan Game Online Gadget. Bicara tentang perkembangan teknologi jaman sekarang memang bisa di bilang tidak ada habisnya. Terutama kemudahan kita ketika mengakses internet melalui hp dan komputer dengan berlangganan kartu paket data maupun layanan internet yang sangat murah dan praktis. Akses internet yang mudah ini harus selalu kita kendalikan dengan bijak dengan mengambil manfaat yang positif sebaik mungkin. 

Cara Mengatasi Anak Kecanduan Game Online Gadget

Kemajuan teknologi lainnya seperti gadget juga menjadi salah satu kebutuhan pokok yang wajib dimiliki oleh dari anak – anak, remaja, dan orang tua. Jaman sekarang fungsi gadget terutama bagi anak – anak muda dan dewasa sudah mulai bergeser. Mereka rata –rata  menggunakan gadget untuk hiburan di kala gabut seperti bermain game online, akses sosial media, browsing, dll. Secara tidak langsung bermain game online dengan gadget ini bisa memiliki resiko kecanduan game online yang membahayakan.



Gejala Anak – anak kecanduan Game Online Gadget

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO) kecanduan game online termasuk pada penyakit gangguan mental yang penanganannya perlu dengan terapi khusus. Ketika anak –anak bermain game online akan memunculkan rasa senang yang menjadi pemicu bagi para pecandu game online untuk mengulanginya kembali secara terus  menerus. Anak – anak atau remaja yang sudah kecanduan game online, biasanya memiliki gejala sebagai berikut :

1. Menyibukan diri bermain game online hingga lupa waktu makan dan tidur
2. Penurunan kinerja saat bekerja dan prestasi di sekolah
3. Depresi ( Bingung, Cemas, Takut, dll)
4. Berkurangnya hubungan sosial
5. Kesulitan mengatur waktu dengan baik



Penyebab Anak – anak Kecanduan Game Online Gadget

1. Kesibukan Orang Tua
Kesibukan orang tua tidak dipungkiri memang menjadi salah satu faktor anak menjadi kecanduan gadget. Entah disengaja atau tidak disengaja, seringnya anak yang diberi gadget sejak kecil ketika ditinggal pergi atau kesibukan malah dapat menjadikan candu bagi anak-anak. Lama kelamaan, anak tersebut menjadikan gadget tersebut sebagai teman kesehariannya, bahkan bisa sampai lupa waktu. Akibatnya anak menjadi jarang bersosialisasi dengan teman sebayanya dan tentu saja kecanduan itu sendiri.

2. Lingkungan
Linkungan di desa atau di kota tentu saja berpengaruh terhadap perkembangan anak. Apalagi lingkungan anak yang memiliki gadget dan tidak memiliki gadget. Jika teman sebayanya terbiasa bermain gadget, maka lama-kelamaan anak anda pasti juga merengek untuk dibelikan gadget agar bisa bermain seperti teman-sebayanya.

3. Teknologi yang menarik
Perkembangan sistem informasi yang semakin pesat seiring dengan perkembangan aplikasi dan game pada gadget yang anda gunakan. Semakin hari terlihat semakin bagus saja. Ini juga dapat membuat anak anda menjadi nyaman karena fitur-fitur yang ada pada aplikasi sangat memudahkan pengguna.

Pengembang aplikasi dan game memang harus memahami cara kerja otak. Maka dari itu, aplikasi-aplikasi yang ada disekitar kita dapat dengan mudah kita pelajari. Demikian juga pada anak-anak, mereka dapat dengan mudah mempelajari aplikasi-aplikasi yang ada. Tak jarang, malah banyak anak-anak yang lebih bisa menggunakan gadget daripada orang tua-nya.

Dari beberapa hal diatas, ada yang lebih penting daripada itu semua. Yaitu kesehatan. Kesehatan yang dimaksud tentu saja kesehatan secara fisik maupun secara psikis. Secara fisik mata anak anda bisa mengalami gangguan. Tidak hanya mata minus, bahkan gangguan-gangguan lainnyapun bisa mengancam anak anda. Selain itu, gangguan secara kejiwaanpun bisa sangat mengancam.

Contohnya saja anak-anak akan merengek jika tidak dibelikan gadget. Merengek memang hal yang biasa. Namun jika setiap rengekan selalu dipenuhi keinginannya oleh orang tua, maka dapat dipastikan anak anda bisa menjadi anak yang manja dikemudian hari. Nah, jika sudah terbiasa dituruti apalagi masalah gadget, ada beberapa akibat yang bisa membuat anak anda lepas kontrol bahkan hingga mengamuk.



Cara Mengatasi Anak Kecanduan Game Online Gadget

Ada banyak sekali solusi yang dapat anda lakukan untuk menghadapi anak-anak yang kecanduan gadget. Ada beberapa tips yang perlu anda coba praktekan, mari disimak :

1. Kendali diri
Anda harus mengajari anak anda untuk mengendalikan dirinya. Anda harus memberi pengertian pada anak anda jika belum saatnya memiliki atau memegang gadget atau setidaknya anda dapat membatasi penggunaan gadget pada anak anda pada periode jam-jam tertentu saja.

2. Awasi penggunaan gadget
Sebaiknya anda tidak menyerahkan gadget anda dengan mudah. Jangan letakkan pada tempat yang mudah dijangkau oleh anak. Jika ingin menggunakan, latihlah anak anda untuk meminta izin terlebih dahulu dan batasi waktu penggunaan.

3. Dukungan Keluarga
Sebagai orang tua, seharusnya anda bisa lebih menenangkan anak daripada menggunakan gadget. Jangan jadikan alasan ‘asal anak diam’. Biasakan untuk mendampingi pertumbuhan anak yang mudah tertarik pada hal-hal baru agar anak anda tidak ketagihan pada penggunaan gadget.

4. Alihkan perhatian
Anda bisa mengalihkan perhatian anak dengan membelikan mainan yang khusus untuk anak seumurannya. Bisa juga dengan mengajak anak anda keliling diluar rumah. Peran keluarga sangat dibutuhkan untuk mencegah kecanduan gadget pada anak. Anda dapat membatasi bahkan melarang penggunaan gadget jika itu diperlukan. Apalagi jika anak anda belum berusia remaja, bahkan masih balita. Biarkan anak anda berkembang dan menikmati masa anak-anak sehingga ia bisa mendapatkan karakter yang baik di masa depan.



Bermain game online baik di gadget maupun di komputer memang sesuatu yang menyenangkan. Tapi aktivitas bermain game online ini juga harus dibatasi dan di awasi dengan baik. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua.

Iklan Link Artikel Bawah Judul

Iklan Link Artikel Bawah Gambar

Iklan Artikel Bawah Backlink

Iklan Artikel Bawah Subjudul