Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami dan Cepat

Masyundar.com - Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami dan Cepat. Sobat suka makanan yang berlemak dan proses cepat siap saji, sebaiknya atur pola makannya mulai dari sekarang. Jaman sekarang kebanyakan orang memilih membeli makanan yang cepat saji, mungkin ini lebih efisien waktu tapi tentu kurang baik untuk kesehatan. Ketika kita terlalu sibuk dengan pekerjaan hingga lupa mengatur cara makan hidup sehat bisa menyebabkan salah satunya kolesterol tinggi.

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami dan Cepat

Kolesterol sebenarnya merupakan zat mirip lemak yang berguna bagi tubuh. Namun, jika kadarnya terlalu tinggi atau diluar batas normal, dapat berbahaya bagi tubuh. Karena kolesterol dapat menumpuk di pembuluh darah kemudian dapat menghambat aliran darah. Kolesterol dalam jumlah banyak inilah yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Perlu sobat ketahui, kolesterol tinggi di pembuluh darah jantung, dapat menyebabkan penyakit jantung koroner. Penyakit akibat kolesterol tinggi lainya yang sering terjadi seperti penyumbatan pembuluh darah otak dan berakibat stroke.



Ketahui Dulu Penyebab Kolesterol Tinggi

Penyebab dari tingginya kolesterol merupakan tidak terkontrolnya kadar kolesterol dalam tubuh. Ada beberapa faktor, diantaranya :

1. Usia
Semakin bertambahnya usia sobat, maka metabolisme tubuh sobat akan semakin menurun. Sehingga, kadar kolesterol jahat sobat akan cenderung meningkat.

2. Makanan Sehari - hari
Pola makan yang buruk lagi-lagi dapat menyebabkan kesehatan kita menurun. Fast food maupun junk food yang sering kita beli dikala waktu sempit karena ingin yang serba cepat, bisa jadi merupakan penyebab naiknya kolesterol sobat. Makan makanan yang tinggi kalori, gula, garam, dan lemak jenuh yang terus menerus bisa jadi merupakan penyebab naiknya kolesterol sobat.

3. Malas Bergerak
Teknologi bukan alasan untuk membuat sobat malas bergerak. Jangan habiskan waktu berjam-jam sobat hanya untuk duduk-duduk bersantai hanya sekedar nonton TV, bermain ponsel maupun bermain game. Apalagi jika ditambah dengan makan / ngemil yang berlebihan. Kebiasaan inilah yang membuat metabolisme sobat tidak berjalan lancar, karena tumpukan lemak akan terus mengendap di pembuluh darah dan tidak dibakar lewat olahraga tinggi maupun ringan.

4. Berat Badan Berlebih
Akibat dari malas gerak dan makan yang tidak seimbang adalah berat badan meningkat secara drastis. Nah ini bisa jadi tsobat bahwa sobat mempunyai kolesterol tinggi karena menurunnya metabolisme dalam tubuh. 

5. Merokok dan Minum Alkohol
Asap rokok dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat diluar batas wajar karena menurunnya kadar kolesterol baik dalam tubuh. Perkokok aktif maupun pasif sangat beresiko mengalami penyumbatan pembuluh darah arteri yang dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti hipertensi, diabetes, dan lain-lain. Selain merokok, minum-minuman beralkohol juga dapat menyebabkan rusaknya jaringan sel-sel dalam tubuh sehingga kolesterol jahat sobat naik tajam. Hindarilah rokok dan alkohol untuk mendapatkan hidup yang sehat.

6. Riwayat genetik
Jika pola makan dan gaya hidup sobat sudah baik dan benar, tetapi kolesterol sobat tetap tinggi. Bisa jadi ini disebabkan karena faktor keturunan keluarga yang mempunyai riwayat kolesterol tinggi, penyakit jantung maupun penyakit-penyakit lainnya yang disebabkan oleh kolesterol jahat yang tinggi. Sebaiknya sobat cek kesehatan secara rutin ke dokter agar dilakukan langkah-langkah yang tepat. Ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar resiko sobat dan menghindari permasalahan di masa yang akan datang.



Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami dan Cepat

Tips yang paling ampuh untuk menurunkan kolesterol tinggi salah satunya dengan mengonsumsi makanan alami yang berfungsi sebagai obat. Kemudian lakukan perubahan seperti merubah gaya hidup dan pola makan menjadi lebih baik dan teratur, lebih jelasnya saya ulas dibawah ini :

1. Minum Jus Seledri Secara Rutin
Bumbu dapur satu ini sudah dikenal banyak orang sangat efektif mampu menurunkan kolesterol tinggi. Daun seledri memiliki kandungan antioksidan yang siap membantu tubuh mengendalikan radikal bebas. Rasa jus daun seledri ini memang pahit dan beraroma tidak sedap. Untuk mengatasinya bisa dicampur dengan jeruk nipis dan jahe kemudian di blender dan disajikan dalam kondisi hangat.

2. Mengonsumsi Buah Alpukat
Buah ini sangat nikmat ketika kita hidangkan seperti di jus dan dicampur dengan  susu coklat. Selain rasa dan aromanya yang menggoda, kasiat dari buah alpukat ini juga banyak. Buah alpukat juga sangat ampuh untuk mengobati penyakit kolesterol jahat (LDL) yang tinggi di dalam tubuh. Cara mengonsumsinya sobat bisa dengan di makan seperti biasa atau bisa juga di buat minuman jus tanpa dicampuri apa pun.

3. Rajin Olahraga
Olahraga teratur dan rutin merupakan kunci hidup sehat. Bagi yang mempunyai aktivitas yang padat, sangat disaranakan untuk berolahraga ringan 30 menit perhari. Olahraga teratur dapat membantu tubuh sobat menjadi lebih bugar dan memperbaiki metabolisme tubuh, sehingga meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh sobat.

4. Pilih Makanan dengan Bijak
Konsumsilah makanan dengan gizi seimbang, mengandung serat yang tinggi, serta asupan gizi lainnya seperti karbohidrat, protein, dan lemak baik. Perbanyak makan sayur dan buah yang banyak mengandung serat. Pilih makanan rendah lemak dan hindari makanan cepat saji maupun junk food yang mengandung lemak jahat atau lemak jenuh.  
Selain itu hindari olahan makanan dengan cara digoreng.

5. Hindari Merokok
Tidak ada hal baik dalam rokok bagi kesehatan sobat. Perokok aktif maupun pasif sangat berbahaya karena salah satunya dapat menurunkan kadar kolesterol baik dalam tubuh sobat dan meningkatkan kadar kolesterol jahat. Rokok juga dapat merusak pembuluh darah sobat. Maka dari itu, hindari rokok jika sobat memang berniat untuk hidup sehat dan menurunkan kolesterol jahat pada tubuh sobat.

6. Cek kesehatan Secara Rutin
Sobat perlu melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin agar mengetahui kondisi kesehatan tubuh sobat. Cek kolesterol tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa, namun juga anak-anak yang keluarganya punya riwayat kolesterol tinggi. Dengan begini, sobat dapat mencegah komplikasi penyakit akibat kolesterol tinggi di masa yang akan datang.


Demikian artikel tentang Cara menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami dengan Cepat. Semoga bisa menjadi panduan sobat untuk mengobati kolesterol tinggi yang mungkin sedang sobat alami saat ini. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami dan Cepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel