Obyek Wisata Waduk Sermo Kokap Kulon Progo

Seputar informasi wisata, harga tiket dan rute Obyek Wisata Waduk Sermo Kokap Kulon Progo,Yogyakarta. Liburan ke Yogyakarta rasanya kurang lengkap kalo belum mampir ke beberapa wisata di Kulon Progo. Salah satunya Obyek Wisata Waduk Sermo yang berada di Dusun Sermo, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, D.I. Yogyakarta  yang memiliki pemandangan mempesona dari tiap sudutnya.

Obyek Wisata Waduk Sermo Kokap Kulon Progo

Waduk Sermo merupakan bendungan buatan untuk menampung air yang berfungsi sebagai irigasi terutama di bidang pertanian di sekitar wilayah Kulon Progo.  Waduk Sermo Kokap Kulon Progo dibangun sekitar tahun 1994 yang mampu menampung 25 juta meter kubik dan luas bendungan sekitar 250 meter yang di resmikan oleh Presiden Soeharto.

Selain di gunakan untuk sumber pengairan sawah ke beberapa penduduk lokal, waduk ini juga di gunakan penduduk sekitar sebagai tempat memelihara ikan jenis air tawar dengan sistem keramba apung. Manfaat dari adanya Waduk Sermo Kokap Kulon Progo bagi warga sekitar juga menjadi lahan bisnis baru sebagai lokasi wisata buatan yang banyak menarik wisatawan lokal maupun mancanegara. Bisnis tersebut banyak berkembang seperti spot foto,  warung makan, warung souvenir, penginapan, dan masih banyak lagi.

Obyek wisata Waduk Sermo Kokap Kulon Progo dikelilingi kawasan hutan lindung menjadikan panorama alam yang indah dan suasana yang menyejukan. Wisata ini meyediakan banyak wahana untuk pengunjung seperti kapal wisata dengan biaya sekitar Rp5.000,- untuk orang dewasa dan Rp 3000,- untuk anak – anak selama sekitar 30 menit yang siap untuk mengelilingi indahnya kawasan Waduk Sermo.  

Wahana yang lain seperti spot foto dengan latar belakang landscape pemandangan Waduk Sermo yang sudah di sediakan di sekitar bendungan untuk memanjakan pengunjung yang ingin berfoto selfi bersama pasangan maupun keluarga tercinta.Bagi sobat yang suka hobi memancing bisa berkunjung kesini untuk sekedar memancing ikan air tawar yang banyak jenisnya. Buat pengunjung yang suka bersepeda ria juga di rekomendasikan untuk mengililingi waduk ini tentu selain menyehatkan juga bisa menyegarkan pikiran penat saat libur bekerja.

Wisata lain yang masih di wilayah Waduk Sermo yang juga menarik banyak pengunjung seperti kawasan hutan marga satwa. Cagar alam hutan lindung Waduk Sermo ini berfungsi sebagai kawasan konservasi satwa langka yang didominasi oleh endemik burung juga pengenalan ekosistem flora dan fauna yang berasal dari Kulon Progo.

Obyek Wisata Waduk Sermo Kokap Kulon Progo juga sebagai jalur alternatif menuju Obyek Wisata Kalibiru yang sudah sangat terkenal baik tingkat domestik sampai mancanegara. Jalur untuk menuju Wisata Kalibiru juga masih cukup jauh dengan kondisi jalan sudah di cor blok dan menanjak curam. Buat sobat ataupun pengunjung yang ingi kesana selalu berhati – hati dan berdoa agar selamat sampai tujuan lokasi wisata.

Rute menuju Obyek Wisata Waduk Sermo Kokap Kulon Progo cukup mudah, sobat dari arah Tugu Jogjakarta ke barat. Sampai menemukan perempatan ring road barat demak ijo kemudian sobat ambil kekiri menuju Jalan Wates dengan arah ke Kota Wates Kulon Progo. Sampai di perempatan yang terdapat petunjuk Wisata Waduk Sermo, sobat ikuti saja arah petunjuk tersebut. Setelah melewati RSUD Wates sobat menuju arah Wisata Waduk Sermo dengan melewati jalan yang sudah beraspal  hingga menemukan pintu gerbang masuk Obyek Wisata Waduk Sermo Kokap Kulon Progo.

Buat sobat yang ingin berlibur ke Obyek Wisata Waduk Sermo Kokap Kulon Progo selalu utamakan keselamatan dalam berkendara dan di dahulukan dengan berdoa. Demikianlah artikel sederhana tentang Wisata Waduk Sermo yang wajib sobat kunjungi. Terima kasih.

Nama Wisata :
Obyek Wisata Waduk Sermo Kokap Kulon Progo.

Alamat :
Dusun Sermo, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kulon Progo, D. I. Yogyakarta.

Jam Buka :
-    24 Jam

Harga Tiket :
-    Dewasa : Rp 3000,-
-    Anak – anak : Rp 2000,-

Fasilitas Umum :
-        Mushola
-        Toilet
-        Warung
-        Penginapan
-        Parkiran
-        Gardu Pandang
-        Outbond

Wahana :
-        Spot Foto Selfi
-        Perahu Wisata
-        Taman Bambu Air
-        Rumah Pohon

Biaya Parkir :
-        Mobil : Rp 5000,-
-        Motor : Rp 2000,-

Update Terakhir :
20 Februari 2019

Peta Lokasi :





Belum ada Komentar untuk "Obyek Wisata Waduk Sermo Kokap Kulon Progo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel